Bagaimana Menopause Mempengaruhi Kolesterol, Berikut Cara Mengelolanya

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung, yang membunuh lebih banyak wanita di AS daripada penyebab lain.
  • Banyak faktor di sekitar usia paruh baya yang memicu kolesterol naik: gaya hidup diam, pola makan kurang sehat, dan penambahan berat badan.
  • Yang paling menonjol, kadar kolesterol naik pada saat wanita memasuki masa menopause.

SKOR.id - Kelly Officer, 49, menjalani pola makan vegan dan menghindari sebagian besar makanan olahan. Jadi, setelah tes darah rutin baru-baru ini terungkap bahwa dia memiliki kolesterol tinggi, "Saya terkejut dan kesal," katanya, "karena tidak pernah (tinggi) di masa lalu."

Officer, yang pengalaman pribadinya diceritakannya kepada Yahoo Life itu, tidak sendirian.

Saat wanita memasuki masa menopause, kadar kolesterol melonjak - rata-rata 10-15% atau sekitar 10 hingga 20 miligram per desiliter. Sementara, kisaran kolesterol wanita dewasa yang sehat adalah 125-200 miligram per desiliter, menurut National Library of Medicine.

Perubahan ini sering tidak disadari di tengah gejala fisik dan kesibukan umum pada tahun-tahun tersebut.

Tetapi, menurut Dr. Erin Michos, direktur kesehatan kardiovaskular wanita di Johns Hopkins Medicine, “kita membutuhkan wanita untuk diskrining dan mengetahui jumlah mereka.”

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung, yang membunuh lebih banyak wanita di Amerika Serikat (AS) dibanding penyebab lainnya, termasuk semua jenis kanker digabungkan.

Dan semakin lama seseorang hidup dengan kolesterol tinggi, semakin besar kemungkinan itu akan menumpuk di arteri mereka dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Banyak faktor di sekitar usia paruh baya berkoalisi untuk mendorong kadar kolesterol naik, seperti gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pola makan yang kurang sehat, dan penambahan berat badan.

Tetapi, satu yang menonjol sebagai pendorong yang paling jelas dari perubahan ini adalah penurunan kadar estrogen yang tiba-tiba dan tidak dapat dihindari saat menopause.

Tidak seperti masalah lain yang dimulai pada perimenopause —perubahan suasana hati, hot flashes, kelelahan—, kenaikan kolesterol cenderung terjadi cukup tiba-tiba, biasanya pada tahun sebelum sampai tahun setelah menopause.

Para peneliti belajar lebih banyak soal bagaimana dan mengapa perubahan ini terjadi, bagaimana cara yang lebih baik untuk menyaringnya, dan perawatan terbaik untuk wanita.

Tetapi langkah pertama adalah mengakuinya. “Ini transisi normal,” kata Michos. Dan menopause menandai waktu yang penting bagi wanita untuk memeriksa kesehatan mereka.

Perubahan kolesterol besar
Sebelum wanita mengalami menopause, yang biasanya terjadi sekitar usia 51 tahun di AS, mereka cenderung memiliki profil kolesterol yang lebih sehat dan tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada rekan pria mereka.

Tetapi dengan timbulnya menopause, keuntungan itu menurun. Pada saat orang mencapai usia 60-an dan 70-an, tingkat penyakit kardiovaskular hampir merata di antara jenis kelamin, dengan wanita melebihi pria dalam risiko ini pada usia 80-an. Dan wanita yang mengalami menopause dini berada pada risiko yang lebih tinggi lebih cepat.

Efek perlindungan estrogen pada kolesterol terlihat bahkan sebelum menopause, itu karena kadar kolesterol naik dan turun sedikit dengan fluktuasi kadar estrogen sepanjang setiap siklus menstruasi.

Para peneliti masih mencari tahu detail bagaimana estrogen memengaruhi kolesterol, tetapi sebagian besar dapat ditelusuri kembali ke hati, di mana reseptor estrogen membantu menentukan profil lipid seseorang.

Pola yang dihasilkan jelas: begitu tubuh berhenti memproduksi estrogen sebanyak mungkin, profil lipid secara keseluruhan menjadi lebih berbahaya.

Tingkat kolesterol "jahat" (low-density lipoproteins, atau LDL) dan trigliserida meningkat, dan kolesterol "baik" (high-density lipoproteins, atau HDL) terputus-putus.

Bahkan HDL yang tersisa mungkin jadi kurang protektif, kata Samar El Khoudary, seorang profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

Penelitiannya menunjukkan bahwa meskipun HDL adalah penanda penurunan risiko penyakit jantung sebelum menopause, hal sebaliknya mungkin terjadi setelah menopause.

Jadi bukan hanya kuantitas dan keseimbangan partikel-partikel ini, tetapi juga "kualitas partikel-partikel ini berubah seiring transisi wanita melalui menopause," katanya.

Menguji dan menilai
Satu-satunya cara untuk menentukan kadar kolesterol di sekitar menopause adalah dengan mengujinya. Tapi memprediksi waktunya sulit. Menopause biasanya baru terlihat setelah selesai dan seseorang telah melewati satu tahun tanpa menstruasi.

Rekomendasi saat ini menyarankan kebanyakan orang yang berisiko rendah untuk penyakit kardiovaskular memeriksakan kolesterol mereka setiap lima tahun, mulai usia 20 tahun, telah terjadi perubahan kesehatan yang substansial, seperti penambahan berat badan area perut, periode stres tinggi, atau menopause.

Tes rutin penting karena risiko penyakit jantung meningkat semakin lama kolesterol tinggi tidak diobati. Dan kolesterol bisa menjadi pembunuh yang tenang.

“Jika Anda tidak memeriksanya, Anda tidak akan tahu,” kata Dr. Samia Mora, spesialis kardiovaskular dan direktur Pusat Metabolomik Lipid di Brigham and Women's Hospital dan profesor di Sekolah Medis Harvard.

Tentu saja, tidak semua wanita yang mengalami menopause mengalami kolesterol tinggi.

Jika kolesterol dasar seseorang sehat, dan jika faktor risiko penyakit jantung lainnya rendah, kenaikan rata-rata kadar kolesterol biasanya tidak segera mengkhawatirkan.

Tetapi pengujian tambahan mungkin diperlukan jika kadar kolesterol atau faktor risiko penyakit kardiovaskular lainnya (seperti riwayat keluarga, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan merokok) tinggi.

Tes lain yang mungkin direkomendasikan dokter termasuk pemindaian kalsium koroner yang mengukur jumlah penumpukan plak di arteri di sekitar jantung ataupun pemeriksaan lipoprotein, yang merupakan bentuk LDL yang dapat mengungkapkan lebih banyak tentang risiko kardiovaskular.

El Khoudary dan lain-lain mengatakan bahwa dokter juga harus mulai melihat di luar panel lipid standar untuk rincian lebih lanjut tentang kolesterol seseorang, termasuk ukuran partikel, bentuk, dan komposisi.

Penelitian telah menemukan bahwa, misalnya, partikel LDL yang lebih kecil lebih berbahaya daripada yang lebih besar.

Tes semacam itu ada—El Khoudary dan yang lainnya menggunakannya dalam penelitian—tetapi tes tersebut lebih sulit dilakukan melalui kunjungan dokter standar.

Dia mengatakan memasukkan rincian ini dalam perawatan bisa lebih bermanfaat bagi wanita saat mereka bertransisi melalui menopause dan membentuk kesehatan mereka untuk dekade kehidupan berikutnya.

Perawatan berhasil
Untuk wanita yang kolesterolnya naik ke tingkat yang tidak sehat selama masa menopause, penyesuaian gaya hidup biasanya merupakan rekomendasi pertama.

"Kita tidak bisa menghindari penuaan, kita tidak bisa menghindari genetika kita, tetapi kita bisa mengubah gaya hidup kita untuk melawan efek ini," kata Mora.

Diet saja dapat mempengaruhi kolesterol sebesar 20 hingga 30 miligram per desiliter.

Bahkan ketika diet saja tidak bisa membuat seseorang menjadi sehat, Michos suka mengingatkan pasien bahwa kolesterol mereka mungkin akan lebih berbahaya tanpa usaha ekstra.

Dan dia melihat banyak wanita mengalami menopause yang, bahkan dengan pola makan vegan, pada akhirnya membutuhkan obat penurun kolesterol.

Statin adalah pengobatan farmasi standar untuk orang dengan kolesterol tinggi, termasuk mereka yang menopause.

Tetapi wanita cenderung tidak menggunakan statin, karena kombinasi penyedia layanan kesehatan cenderung tidak merekomendasikannya dan wanita cenderung tidak setuju untuk meminumnya.

Tren ini sangat disayangkan karena wanita bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dari statin daripada para pria, kata Dr. Patricia Best, ahli jantung di Mayo Clinic dan Women's Heart Clinic dan profesor di Mayo Clinic College of Medicine and Science.

Paling baik melihat orang berkecil hati ketika upaya gaya hidup mereka gagal menghasilkan kadar kolesterol yang sehat — dan banyak yang kemudian menghindari obat-obatan karena meminumnya membuat mereka merasa gagal.

“Sangat penting untuk memahami bahwa terkadang bahkan jika Anda melakukan segalanya dengan benar, Anda tetap akan membutuhkan obat,” kata Best. Itu bukan kegagalan, katanya.

Memulai pengobatan untuk mengelola kolesterol tinggi adalah sebuah keberhasilan: “Yang paling penting adalah menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang.”

Para ahli juga memperingatkan bahwa cara banyak dokter menghitung kebutuhan statin atau pengobatan kolesterol lainnya didasarkan pada risiko 10 tahun dari peristiwa besar seperti serangan jantung atau stroke.

Tetapi, terutama bagi wanita paruh baya, sistem penilaian risiko ini tidak menangkap risiko seumur hidup dan tahun-tahun akumulasi risiko yang mengarah ke titik itu.

“Anda tidak ingin menunggu sampai usia 65 tahun untuk mulai menerapkan semua (tindakan) pencegahan ini yang akan membantu kualitas hidup selama sisa tahun-tahunnya,” kata Mora.

Jika penurunan estrogen mendorong peningkatan kolesterol, bagaimana dengan menambahkan kembali estrogen ke dalam tubuh, seperti dengan terapi sulih hormon?

Biasanya diambil sebagai pil estrogen sintetis, terapi penggantian hormon sering diresepkan untuk hot flashes dan gejala menopause lainnya. Dan banyak wanita yang meminumnya melihat peningkatan kadar kolesterol. Tetapi, tidak dianjurkan hanya sebagai obat kolesterol, sebagian karena estrogen juga meningkatkan risiko pembekuan darah.

Seperti kebanyakan kesehatan, taruhan terbaik adalah pencegahan, yang mencakup memiliki gaya hidup sehat selama bertahun-tahun mungkin.

“Bukan hanya seberapa tinggi kolesterol Anda sekarang, tetapi berapa lama kolesterol Anda tinggi,” kata Mora. “Semua tahun terkena kolesterol tinggi bersifat kumulatif. Di sisi positifnya, intervensi gaya hidup juga bersifat kumulatif.”

Bagaimana —dan mengapa— memprioritaskan kolesterol
Menopause sering kali bertepatan dengan waktu yang berpotensi membuat stres dan sibuk dalam kehidupan wanita, ketika karier mereka masih berjalan lancar, dan mereka mungkin memberikan perawatan untuk anak-anak mereka serta orang tua mereka.

Di tengah tekanan ini, wanita sering mengesampingkan kesehatan sendiri, mengabaikan olahraga dan makanan sehat —dan melewatkan perawatan kesehatan rutin, termasuk pemeriksaan kolesterol.

Tetapi kebiasaan sehat selama periode ini sangat penting, kata Best. “Sedikit lebih banyak berolahraga, sedikit lebih banyak perhatian (tentang) diet benar-benar dapat membuat perbedaan besar— karena selama dekade berikutnya wanita berada pada peningkatan risiko penyakit jantung yang nyata.”

Kebenaran yang sulit adalah bahwa dengan perubahan metabolisme yang tak terelakkan selama usia paruh baya, apa yang dulu bekerja untuk tetap sehat mungkin tidak memotongnya lagi, kata Best. “Tubuh Anda berubah, jadi Anda harus beradaptasi.”

Ketika perubahan hormon digabungkan dengan penambahan berat badan, "itulah pukulan satu-dua Anda" yang dapat menyebabkan pembacaan kolesterol tinggi — sering kali untuk pertama kali dalam kehidupan seorang wanita, kata Best. Pola ini menjadi lebih akrab dalam beberapa tahun terakhir.

Misalnya, meskipun Officer biasa berolahraga secara teratur, sejak pandemi mengganggu rutinitas sebelumnya, dia mengatakan bahwa kebiasaan sehatnya berkurang, dan dia sekarang menambah berat badan.

Untuk membantu memerangi pergeseran kolesterol terkait menopause, wanita tidak perlu mulai berlari maraton atau bahkan menjadi vegan sepenuhnya, kata Mora.

Dia merekomendasikan diet jantung sehat, seperti diet Mediterania, dengan banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dan jumlah rendah makanan olahan dan karbohidrat olahan.

Penyesuaian gaya hidup lainnya yang sering diabaikan, katanya, termasuk cukup tidur dan mengelola stres —yang dapat membantu tidak hanya kolesterol tetapi kesehatan kardiovaskular dan metabolisme secara keseluruhan.

Mora, yang juga berada di sekitar usia menopause, mencoba meniru kebiasaan gaya hidup cerdas sekitar 80-90% dari waktunya. Ini berarti dia makan banyak buah-buahan dan kacang-kacangan dan naik tangga alih-alih lift—tetapi sesekali masih makan cokelat hitam.

“Kami kewalahan dengan mencoba mengubah semuanya sekaligus,” kata Mora. "Yang perlu dilakukan adalah melembagakan perilaku gaya hidup sehat dalam jumlah sedang, yang bisa Anda lakukan secara konsisten hampir sepanjang waktu."

Best setuju mencoba membuat keputusan yang sehat sepanjang waktu dapat menjadi hal yang menakutkan. Dia berusia 53 tahun, ibu dari dua anak, dan sudah menikah, dan dia memegang berbagai posisi di Mayo Clinic serta dengan kelompok profesional lainnya.

“Jadi saya sepenuhnya memahami pasien saya ketika mereka seperti, 'Apakah Anda bercanda? Bagaimana saya akan menyesuaikannya?’”

Best telah memasukkan kegiatan sehat ke dalam kehidupan sehari-harinya seperti memasak bersama keluarga atau berjalan-jalan dengan suaminya. Yang tidak hanya baik untuk kesehatannya sendiri, katanya, "tetapi juga baik untuk semua orang dalam keluarganya."

Terlepas dari upaya ini — dan keahlian klinisnya sendiri — bahkan kolesterol Best naik selama menopause. "Itu akan selalu mengecewakan," katanya. Dia tidak kehilangan tekadnya. “Menambah berat badan dan memiliki kolesterol yang lebih buruk masih mungkin terjadi, tetapi Anda juga dapat melawan semua hal itu.”***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Naomi Watts Ingin Ubah Stigma tentang Menopause: Menjadi Tua adalah Hak Istimewa

Menopause pada Pria: Mitos atau kenyataan?

Source: yahoo.com

RELATED STORIES

Silakan Coba, Ini Olahraga Terbaik untuk Berhenti Merokok

Silakan Coba, Ini Olahraga Terbaik untuk Berhenti Merokok

Menurut sebuah penelitian, jika Anda dapat mempertahankan kebiasaan olahraga yang baik setelah berhenti merokok, dalam dua tahun Anda dapat memulihkan paru-paru Anda sepenuhnya.

Bundesliga Alami Empat Kasus Tumor Testis dalam Enam Bulan, Ini Penjelasan Pakar Urologi

Bundesliga Alami Empat Kasus Tumor Testis dalam Enam Bulan, Ini Penjelasan Pakar Urologi

Pemain Hertha Berlin, Jean-Paul Boetius menjadi pemain Bundesliga keempat yang didiagnosis tumor testis dalam kurung enam bulan. Apa latar belakang munculnya kasus-kasu itu?

Snack Ringan dan Jenis Makanan yang Harus Dihindari di Malam Hari

Snack Ringan dan Jenis Makanan yang Harus Dihindari di Malam Hari

Saat memikirkan apa yang harus dimakan untuk makan malam, yang terbaik adalah bertaruh pada produk berkualitas baik dengan kepadatan nutrisi tinggi dan yang memungkinkan pencernaan yang mudah

Singkirkan 4 Makanan Ini untuk Kurangi Keriput di Wajah Anda

Singkirkan 4 Makanan Ini untuk Kurangi Keriput di Wajah Anda

Kerutan dan garis halus adalah bagian dari proses penuaan yang kita semua benci. Namun, diet dan gaya hidup Anda memainkan peran penting dalam mengembangkan keriput. Lihatlah daftar makanan yang dapat meningkatkan kerutan di wajah Anda

Berbagai Tanaman Herbal yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut ini berbagai tanaman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Liga Inggris 2023-2024 dimulai sejak 11 Agustus 2023 lalu. (Zulhar Kurniawan/Skor.id).

Liga Inggris

Liga Inggris 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Berikut ini klasemen Liga Inggris 2023-2024, jadwal dan hasil per pekan serta profil klub lengkap.

Irfan Sudrajat | 14 May, 00:52

Pertandingan pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024 antara Aston Villa vs Liverpool di Stadion Villa Park, Selasa (14/5/2024) dini hari WIB. (Hendy Andika/Skor.id).

Liga Inggris

Aston Villa vs Liverpool: Jurgen Klopp Puji Karakter Pemain The Reds

Aston Villa dan Liverpool bermain imbang 3-3 pada laga pekan ke-37 Liga Inggris 2023-2024, Jurgen Klopp tetap mengambil sisi positif dari pertandingan ini.

Pradipta Indra Kumara | 14 May, 00:48

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1. (Hendy Andika/Skor.id).

Esports

3 Pemain Valorant Indonesia Juara VCT 2024: Pacific Stage 1

Turnamen Valorant, VCT 2024: Pacific Stage 1, berakhir dengan ada tiga pemain asal Indonesia yang berhasil jadi juara bersama tim Paper Rex.

Thoriq Az Zuhri | 14 May, 00:05

Pertandingan Barcelona vs Real Sociedad di La Liga 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

La Liga

Barcelona vs Real Sociedad: Blaugrana Kembali ke Peringkat 2 Klasemen La Liga

Barcelona berhasil mengalahkan Real Sociedad pada jornada ke-35 La Liga (Liga Spanyol) 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 13 May, 23:55

Rex Regum Qeon atau RRQ. (Deni Sulaeman/Skor.id).

Esports

Melihat Kembali Sejarah Posisi Klasemen RRQ di MPL Indonesia

Dalam sejarah gelaran turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia, berikut ini adalah sejarah posisi RRQ di Musim Reguler.

Thoriq Az Zuhri | 13 May, 23:41

Turnamen Mobile Legends, MSC 2024, di Piala Dunia Esports alias Esports World Cup 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Esports

Esports World Cup 2024: Daftar Tim yang Sudah Lolos MSC 2024

Berikut ini adalah daftar tim yang sudah lolos turnamen Mobile Legends, MSC 2024, yang merupakan bagian dari Esports World Cup 2024.

Thoriq Az Zuhri | 13 May, 23:11

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 13 May, 21:22

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Piala Asia Wanita U-17 2024: Semua Wakil ASEAN Rontok di Fase Grup

Tak satu pun tim Asia Tenggara mampu melangkah ke semifinal Piala Asia Wanita U-17 2024.

Teguh Kurniawan | 13 May, 20:15

ryo fujii - preah khan reach svay rieng

World

Mantan Pemain PSIS Semarang Bawa Timnya Raih Gelar Dobel di Kamboja

Dibuang PSIS Semarang, Ryo Fujii bangkit di Kamboja dengan mengawinkan gelar juara liga dan piala liga.

Teguh Kurniawan | 13 May, 18:27

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti. (Hendy Andika/Skor.id).

La Liga

Carlo Ancelotti Sebut Lima Pemain Real Madrid yang Bisa Jadi Pelatih Bagus

Selain Toni Kroos dan Luka Modric, ada tiga nama pemain Real Madrid lain yang diyakini Carlo Ancelotti mampu menjadi pelatih yang baik.

Tri Cahyo Nugroho | 13 May, 18:21

Load More Articles