6 Khasiat Bawang Putih Hitam untuk Kesehatan

Nurul Ika Hidayati

Editor:

  • Bawang putih hitam adalah bawang putih biasa yang dibiarkan menua di bawah kontrol suhu dan kelembaban yang ketat.
  • Setelah didiamkan beberapa minggu, bawang putih berubah jadi hitam dan lengket karena mengalami reaksi Maillard.
  • Manfaatnya banyak: antioksidan, untuk kesehatan jantung, hati, dan otak, serta membantuk resistensi insulin.

SKOR.id - Bawang putih memiliki reputasi sebagai sayuran sehat yang sangat berharga dalam hidup Anda: kaya nutrisi, anti-inflamasi, dan bahkan dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Tapi, ternyata, manfaat bawang putih hitam juga tidak bisa diabaikan.

Jika Anda tidak terbiasa, bawang putih hitam adalah "bawang putih biasa yang dibiarkan menua di bawah kontrol suhu dan kelembaban yang ketat," kata Gina Keatley, seorang CDN yang berlatih di New York City.

Setelah bawang putih didiamkan selama beberapa minggu, bawang putih "berubah menjadi hitam dan lengket" karena sesuatu yang disebut reaksi Maillard, yang merupakan reaksi kimia antara asam amino bawang putih dan gula yang ada secara alami, kata Keri Gans, MS, RDN, penulis dari The Small Change Diet.

Bawang putih hitam juga berbeda dari bawang putih mentah dan segar dalam hal tampilan dan rasanya. “Teksturnya sangat berbeda dari bawang putih biasa,” kata Jessica Cording, MS, RD, ahli diet dan penulis The Little Book of Game-Changers.

Tetapi bawang putih hitam bukan hanya makanan yang tampak keren untuk ditambahkan ke peralatan kuliner Anda — itu baik untuk Anda juga, dan bahkan mungkin memberi bawang putih mentah segar untuk daftar manfaatnya.

Berikut adalah rincian dari beberapa manfaat bawang putih hitam yang sangat penting, ditambah cara memasukkan bahan tersebut ke dalam makanan Anda.

Meskipun bawang putih hitam juga sama bentuknya seperti bawang putih biasa, keduanya tidak persis sama.

"Baik bawang putih biasa dan bawang putih hitam sangat baik untuk Anda dan harus menjadi bagian dari diet sehat," kata Keatley. “Tetapi proses penuaan (dari bawang putih) sedikit mengubah komposisi nutrisi.”

Itu juga dapat memengaruhi manfaat yang Anda peroleh dari bawang putih hitam. Di bawah ini, enam manfaat bawang putih hitam terkuat yang perlu diingat.

1. Kaya akan antioksidan
Keatley mengatakan perbedaan "paling menonjol" antara bawang putih hitam dan bawang putih biasa adalah bahwa bawang putih hitam mengandung lebih banyak fenol, alias antioksidan. “Peningkatannya hampir tiga kali lipat,” katanya.

Penelitian telah menemukan bahwa bawang putih hitam mencapai kandungan antioksidan puncaknya setelah 21 hari fermentasi. Antioksidan membantu melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan kanker," kata Cording.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Satu penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa tikus yang diberi makan bawang putih hitam memiliki lebih sedikit indikator penyakit jantung, termasuk menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah mereka, dibandingkan yang tidak diberi bawang putih hitam.

Studi lain pada tikus menemukan bahwa bawang putih hitam (dan bawang putih mentah) membantu meningkatkan sirkulasi dan melindungi dari kerusakan jantung. Tentu saja penelitian ini terbatas dan tidak dilakukan pada manusia, sehingga diperlukan lebih banyak lagi.

Juga penting untuk menunjukkan tentang manfaat bawang putih hitam dan kesehatan jantung adalah bahwa bawang putih hitam, khususnya, telah terbukti membantu mengurangi konsentrasi nitrogen urea darah (BUN), kata Keatley.

Ketika BUN tinggi, itu memberi sinyal ke tubuh Anda untuk memproduksi hormon vasopresin, yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

"Ini bisa sangat berbahaya bagi individu yang memiliki sejarah jantung lemah dan dapat menyebabkan gagal jantung," kata Keatley.

3. Membantu resistensi insulin
Resistensi insulin mengacu pada saat sel-sel di otot, lemak, dan hati Anda tidak merespon dengan baik terhadap insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas Anda yang membantu glukosa (yaitu gula) dalam darah Anda memasuki sel-sel Anda, di mana ia digunakan untuk energi, menurut ke Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK).

Ketika Anda memiliki resistensi insulin, yang merupakan faktor pradiabetes dan diabetes, sel-sel Anda tidak dapat dengan mudah mengambil glukosa dari darah Anda.

 

Meskipun beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat membantu dengan resistensi insulin, penderita diabetes tidak boleh mengabaikan perawatan yang ditentukan demi bawang putih hitam, kata Gans. “Bawang putih hitam mungkin bisa menjadi terapi pelengkap tetapi tidak boleh menggantikan…rekomendasi dari dokter,” katanya.

4. Memiliki sifat pencegah kanker
Ada banyak faktor berbeda yang masuk ke dalam pengembangan dan pencegahan berbagai jenis kanker, dan diet hanyalah salah satu elemennya. Yang mengatakan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih hitam memiliki beberapa sifat anti-kanker yang bisa menjadi bagian kecil dari gaya hidup sehat holistik.

Satu studi yang sangat terbatas dari 21 orang menganalisis dampak ekstrak bawang putih hitam pada sel-sel kanker paru-paru, payudara, perut, dan hati, dan menemukan bahwa larutan itu beracun bagi sel-sel kanker tersebut dalam beberapa hari.

Bawang putih hitam juga mengungguli larutan ekstrak bawang putih biasa dalam penelitian itu. Tinjauan sistemik yang lebih besar dari 25 studi juga menemukan bahwa bawang putih hitam memiliki efek menguntungkan terhadap kanker pada manusia, hewan, dan studi laboratorium di serangkaian penelitian.

Yang mengatakan, "menurunkan risiko kanker melibatkan banyak hal lain selain makan bawang putih, seperti mengurangi stres, tidur nyenyak, berolahraga secara teratur, dan termasuk banyak buah dan sayuran dalam diet Anda setiap hari," kata Gans.

 

5. Dapat meningkatkan kesehatan otak
Sebuah studi tikus yang diterbitkan dalam jurnal Drug and Chemical Toxicology menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat mengurangi stres oksidatif di otak. Stres oksidatif, jika Anda tidak terbiasa dengannya, "akan menyebabkan kerusakan sel," jelas Cording.

“Salah satu hal utama yang kita dengar tentang stres oksidatif adalah penuaan, dan ini memainkan peran di banyak area tubuh, termasuk kesehatan otak,” kata Cording. Pada dasarnya, semakin sedikit stres oksidatif yang Anda miliki di otak Anda, semakin baik sel-sel otak Anda akan berfungsi, katanya.

Sekali lagi, bawang putih hitam saja tidak akan membalikkan stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan otak, terutama mengingat temuan ini terbatas pada otak tikus, bukan otak manusia. Untuk alasan ini diperlukan lebih banyak penelitian dan faktor gaya hidup lainnya akan berperan dalam gagasan peningkatan kesehatan otak.

6. Dapat membantu fungsi hati
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat membantu melindungi hati, dan bahkan mencegahnya dari cedera.

Tapi, analisis yang lebih kuat pada manusia diperlukan. Yang mengatakan, masih perlu dicatat bahwa “hati adalah bagian dari sistem detoksifikasi bawaan tubuh kita — ia bekerja untuk menyaring berbagai hal, dan merupakan organ yang sangat penting yang terlibat dengan proses tubuh yang tak terhitung jumlahnya,” kata Cording. “Ketika kesehatan hati Anda terganggu, itu memengaruhi segalanya.”

Secara keseluruhan, para ahli menekankan bahwa penelitian tentang bawang putih hitam saat ini terus berlangsung. Jika Anda ingin mencobanya, lakukanlah.

Yang jelas, Cording menegaskan bawang putih hitam itu tidak boleh menggantikan saran atau perawatan medis apa pun yang diberikan dokter kepada Anda.

Cara menggunakan bawang putih hitam
Anda dapat membeli bawang putih hitam di banyak toko kelontong:
- Oleskan secara merata di atas crostini atau sayuran
- Campurkan ke dalam saus dan marinade
- Oleskan pada ayam atau ikan sebelum dimasak
- Tambahkan ke saus dressing Anda

“Secara keseluruhan, ia (bawang putih hitam) memiliki tekstur jauh lebih halus, lebih lembut daripada bawang putih mentah,” kata Cording. “Juga memiliki rasa tajam yang enak yang membuatnya lezat.”***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Minyak Bawang Putih untuk Perawatan Rambut dan Kulit, Mudah Membuatnya

Tips Hilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Punya Rasa Lebih Lezat, Ini 5 Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan

Source: wellandgood.com

RELATED STORIES

Trik agar Anak-anak Makan Sayur Dua Kali Lebih Banyak

Trik agar Anak-anak Makan Sayur Dua Kali Lebih Banyak

Orangtua yang berjuang untuk mendorong anak-anak mereka makan sayuran dapat memainkan peran yang lebih berpengaruh pada waktu makan.

Anggur dan Kolesterol: Antara Cinta dan Benci

Anggur dan Kolesterol: Antara Cinta dan Benci

Secara umum, kontribusi anggur dalam asupan karbohidrat lebih tinggi daripada buah-buahan lain, karena menyediakan banyak energi.

Mix and Match Vaksin Covid-19, Indikasi dan Hasil Studi Awal serta Remomendasi dari WHO

Mix and Match Vaksin Covid-19, Indikasi dan Hasil Studi Awal serta Remomendasi dari WHO

WHO mengatakan mix and match harus juga memikirkan proyeksi pasokan, aksesibilitas, manfaat dan risiko vaksin COVID-19 yang dipakai.

4 Kebiasaan Sehat untuk Rutinitas Makan Siang yang Lebih Baik

Makan siang waktu yang tepat untuk latihan sederhana yang dapat diaktifkan siapa pun untuk mendapatkan manfaat tubuh secara keseluruhan,

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Uber Cup/Piala Uber

Badminton

Daftar Juara Uber Cup, Tim Putri Cina Kelewat Dominan

Tim putri Cina jadi yang paling sukses dalam sejarah Uber Cup dengan koleksi 15 gelar dari 28 edisi penyelenggaraan.

Doddy Wiratama | 05 May, 08:57

Timnas putri U-17 Indonesia. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Timnas Indonesia

23 Pemain Timnas Putri U-17 Indonesia untuk Piala Asia Wanita U-17 2024

Piala Asia Wanita U-17 2024 akan digelar di Bali pada 6-19 Mei 2024.

Rais Adnan | 05 May, 08:20

Laga Liverpool vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Liverpool vs Tottenham di Liga Inggris 2023-2024

Prediksi dan link live streaming Liverpool vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris 2023-2024 yang akan digelar pada Minggu (5/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Irfan Sudrajat | 05 May, 07:21

Borneo FC Samarinda. (Deni Sulaeman/Skor.id)

Liga 1

Antitesis Borneo FC Jelang Championship Series Liga 1 2023-2024

Permasalahan seolah terjadi pada Borneo FC di periode akhir Regular Series Liga 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 05 May, 07:00

Liga TopSkor

Liga TopSkor U-15: Taklukkan MC Utama, Tajimalela Targetkan Lolos 8 Besar

Tajimalela menundukkan MC Utama dengan skor 2-0 di Lapangan Garam, Gunung Sindur, Sabtu (4/5/2024).

Sumargo Pangestu | 05 May, 04:52

marko simic.jpg

Liga 1

Skor Stats: Marko Simic Jadi Momok bagi PSIS dan Terus Berjaya di Persija

Uraian fakta menarik dari hasil laga Persija vs PSIS di pekan ke-34 atau akhir Regular Series Ligaa 1 2023-2024.

Taufani Rahmanda | 05 May, 04:47

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 05 May, 04:01

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 05 May, 03:55

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 05 May, 03:52

Piala Asia Wanita U-17 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

Timnas Indonesia

Piala Asia Wanita U-17 2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia Wanita U-17 2024, yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen.

Taufani Rahmanda | 05 May, 03:46

Load More Articles