5 Laga Tak Terlupakan Barcelona vs Real Madrid: Rivalitas Tiada Akhir Dua Klub Terhebat di Spanyol

Dini Wulandari

Editor:

  • Rivalitas Real Madrid kontra Barcelona sudah berlangsung lebih dari satu abad.
  • Kedua tim sama-sama mengemas 96 kemenangan dari 244 laga El Clasico di ajang resmi.
  • Barcelona pernah menelan kekalahan 1-11 dari Madrid saat rezim Francisco Franco.

SKOR.id – Pertandingan antara Real Madrid versus Real Madrid merupakan duel paling banyak digelar hingga saat ini. Laga bertajuk El Clasico tersebut jadi yang paling dinanti, bukan hanya di Spanyol tapi juga di seluruh penjuru dunia.

Dengan rata-rata pemirsa lebih dari 500 juta orang, El Clasico menjadi laga domestik paling banyak ditonton. Dalam beberapa tahun terakhir, satu-satunya event olahraga yang diklaim menandingi angka ini adalah final Piala Dunia.

Maka tidak mengejutkan jika majalah FourFourTwo memasukkkan El Clasico sebagai nomor dua dalam daftar “ "World Soccer’s 50 Greatest Derbies".

Uniknya, istilah El Clasico baru mulai digunakan secara umum di awal abad 21, ketika mulai jelas terlihat bahwa pertandingan dua tim terbesar dan tersukses di dunia ini melampaui rivalitas olahraga semata.

Alasan mengapa persaingan antara Barcelona dan Madrid begitu kuat bukan hanya melulu soal sepak bola. Kedua tim telah dipandang sebagai perwakilan dua wilayah terbesar di Spanyol, Castile dan Catalonia.

Namun, kemudian nuansa politik ikut merembet dalam rivalitas tersebut. Madrid dianggap sebagai simbol nasionalisme Spanyol sementara Barcelona digambarkan sebagai separatis.

Berita Real Madrid lainnya: 11 Pemain yang Dijual Pep Guardiola, Salah Satu Berkibar di Real Madrid

Adalah diktator Francisco Franco yang memicu permusuhan abadi Madrid dan Barcelona. Sang jendral yang memenangi Perang Sipil Spanyol pada 1936-1939 memanfaatkan sepak bola sebagai alat propaganda untuk memperkuat rezimnya.

Dia menginginkan sentralisasi kekuasaan yang ditentang bangsa Katalan. Franco juga yang dianggap aktor di belakang terbunuhnya presiden Barcelona, Josep Sunyol kala itu.

Pada 1939, Franco memaksa FC Barcelona mengubah namanya menjadi Barcelona CF agar lebih beraroma Spanyol. Dia juga menentang simbol-simbol yang terkait dengan Katalan, salah satunya penggunaan senyera –bendera Catalunya– di logo klub.

Empat tahun berselang, Franco mengancam para pemain Barcelona sebelum laga leg dua semifinal Copa del Generalisimo atau sekarang dikenal Piala Raja, sehingga Barca kala 1-11. Itu jadi skor kekalahan terbesar di El Clasico hingga saat ini.

 

Meski sang jenderal telah lama mangkat, permusuhan Madrid dan Barcelona terus hidup hingga saat ini. Latar perbedaan ideologi memang masih mendominasi laga, tapi rivalitas kian meruncing lantaran berebut pemain, transfer kontroversial, dan juga ambisi menjadi klub terhebat di dunia.

Laga El Clasico pertama sendiri digelar pada 1902 di ajang tidak resmi untuk menghormati raja Spanyol saat itu, Alfonso XIII. Artinya, rivalitas antara Madrid kontra Barcelona telah berlangsung lebih dari 118 tahun.

Total ada 244 pertandingan El Clasico resmi yang sudah dimainkan, di mana Madrid dan Barcelona sama-sama mengumpulkan 96 kemenangan, dan 52 laga sisa berakhir imbang.

Dari semua pertandingan tersebut, Skor.id mencoba mengerucutkan menjadi lima laga yang dianggap paling sulit dilupakan. Berikut daftarnya:

Berita Barcelona lainnya: 4 Pertimbangan Barcelona soal Beli Neymar atau Jadon Sancho

1. (29 November 2010), La Manita

Di Spanyol, istilah La Manita digunakan saat tim mengalahkan lawannya dengan selisih lima gol. Skor kemenangan seperti ini sangat berharga bagi tim-tim Spanyol, dan Barcelona mampu melakukannya tiga kali atas seteru abadi, Madrid.

Pesta lima gol ini teranyar terjadi pada 28 Oktober 2018 di pekan ke-10 LaLiga. Skor 5-1 berujung pemecatan pelatih Julen Lopetegui. Namun La Manita paling tak terlupakan saat menggasak Los Blancos terjadi pada 29 November 2010, juga di Camp Nou, mengulang prestasi yang sama pada 1994.

Di Camp Nou, Jose Mourinho dan pasukannya dibuat hancur lebur saat memainkan laga pekan ke-13 La Liga 2010-2011. Kurang dari sejam, gawang Iker Casillas kebobolan empat gol dan tambahan satu gol di injury time.

Meski tidak mencetak gol, Lionel Messi tampil sentral dengan membukukan dua assist untuk David Villa. Sementara tiga gol lainnya dicetak Xavi Hernandez, Jeffren Suarez, dan Pedro Rodriguez.

2. (7 Mei 2008), Penghinaan untuk Barcelona

El Clasico edisi 2008 akan selalu menjadi bekas luka yang sulit dilupakan fan Barcelona. Mereka menelan kekalahan memalukan di Santiago Bernabeu, skor 4-1.

Di duel jornada 36 tersebut, Los Blancos asuhan Bernd Schuster sudah memastikan gelar La Liga, sehingga tampil penuh percaya diri kala menjamu Barca.

Sebelum laga dimulai, Raul Gonzalez dan kawan-kawan bahkan mendapat guard of honour dari pemain Blaugrana sebagai bagian tradisi sepak bola Spanyol untuk tim juara.

Pertandingan baru berjalan 12 menit, Raul sudah membuka keunggulan lewat tembakan keras dari jarak 16 meter. Delapan menit berselang giliran tandukan Arjen Robben yang tak mampu dihalau kiper Victor Valdes.

Di babak kedua, Gonzalo Higuain yang tampil sebagai pemain pengganti menambah satu gol untuk menambah penderitaan Frank Rijkaard dan anak buahnya.

Belum puas unggul tiga gol, tuan rumah mendapat hadiah penalti setelah Carles Puyol memblok bola dengan tangannya. Ruud Van Nistelrooy tampil sebagai eksekutor.

Thierry Henry memperkecil ketinggalan Barca jelang akhir laga, tapi Blaugrana sudah terlanjur dibuat malu hari itu.

Berita Real Madrid lainnya: Skuad Real Madrid Bakal Latihan Kembali pada 11 Mei

3. (23 Maret 2014), Messi Hattrick

Pertandingan di tahun 2014 ini salah satu yang paling mendebarkan. Hattrick, tiga penalti, tujuh kartu kuning, plus satu kartu merah mewarnai duel di Bernabeu yang berakhir 3-4 untuk kemenangan tim tamu.

Madrid racikan Carlo Ancelotti dan Barca besutan Tito Martino sama-sama berhasil memperlihatkan penampilan terbaiknya dan memberikan hiburan bagi penonton.

Gol cepat Andres Iniesta membuka keunggulan Barca pada menit ketujuh. Namun, dua gol Karim Benzema lewat kerja samanya dengan Angel Di Maria membalikkan kedudukan.

Kendati demikian, Lionel Messi berhasil menyamakan kedudukan sebelum turun minum. Meski Cristiano Ronaldo menambah gol Madrid melalui tendangan penalti, Messi lah yang menjadi bintang pertandingan dengan mencetak dua gol dari titik putih.

4. (20 April 2011), Trofi Perdana Mourinho

Jose Mourinho akhirnya meraih trofi pertamanya sebagai pelatih Los Blancos dengan merebut gelar Copa del Rey 2011. Prestasi itu juga sekaligus memutus kemarau gelar Madrid di ajang Piala Raja selama 18 tahun.

Tampil di Stadion Mestalla, kandangnya Valencia, kedua tim tampil habis-habisan namun gagal mencetak gol di waktu normal.

Cristiano Ronaldo akhirnya memecah kebuntuan di menit 103. Crossing Angel Di Maria dimaksimalkan megabintang Portugal melalui tandukan keras yang menghujam gawang Jose Pinto.

Berita Real Madrid lainnya: Real Madrid dan Barcelona Ramaikan Perburuan Jadon Sancho

5. (16 April 2014), Bale bak Usain Bolt

Duel El Clasico di final Piala Raja 2013/14 jadi salah satu panggung Gareth Bale. Kala itu, winger asal Wales itu mencetak gol kedua yang penentu kemenangan timnya atas Barcelona.

Bale berlari bak sprinter dunia asal Jamaika, Usain Bolt. Ia memperlihatkan kecepatannya saat beradu lari dengan bek Barcelona, Marc Bartra.

Melalui sisi kanan pertahanan lawan, Bale melewati Bartra dan melesakkan bola lewat tendangan kaki kirinya.

Angel Di Maria lebih dulu membuat Madrid memimpin sebelum Bartra berhasil menyamakan kedudukan.

Namun, gol Bale cukup bagi Los Blancos membawa pulang Copa del Rey ke-14 ke Santiago Bernabeu. Gol itu juga menjadi salah satu gol terbaik sepanjang sejarah El Clasico.

 

RELATED STORIES

Sejumlah Klub Siap Bersaing untuk Datangkan Busquets

Sejumlah Klub Siap Bersaing untuk Datangkan Busquets

Sejumlah klub dari Liga Jerman dan Liga Spanyol menginginkan gelandang muda Barcelona, Oriol Busquets untuk diboyong pada musim panas ini.

Lucas Vazquez: Sepak Bola Bisa Bikin Orang Melupakan Corona

Lucas Vazquez: Sepak Bola Bisa Bikin Orang Melupakan Corona

Pemain Real Madrid, Lucas Vazquez, mengatakan jika kompetisi sepak bola di Eropa harus dilanjutkan.

9 Pemain Barcelona  Berpeluang Hijrah ke Liga Primer

9 Pemain Barcelona Berpeluang Hijrah ke Liga Primer

Klub asal Spanyol, Barcelona, serius menerapkan skenario pertukaran pemain untuk busa transfer musim panas nanti.

5 Striker Penyuplai Assist Terbanyak di Liga Inggris, Ada Legenda Man United

5 Striker Penyuplai Assist Terbanyak di Liga Inggris, Ada Legenda Man United

Penyerang kelas dunia di Liga Inggris tak hanya piawai dalam mencetak gol, tapi juga jago memberikan assist untuk rekan setim.

Isu Barter Miralem Pjanic-Arthur Melo Dibenarkan Petinggi Juventus

Isu Barter Miralem Pjanic-Arthur Melo Dibenarkan Petinggi Juventus

Barcelona dan Juventus sedang bernegosiasi melakukan barter pemain untuk musim panas mendatang.

Teruntuk Erling Haaland dan Camavinga: Tak Ada Pemain Muda yang Sukses di Real Madrid

Teruntuk Erling Haaland dan Camavinga: Tak Ada Pemain Muda yang Sukses di Real Madrid

Erling Haaland dan Eduardo Camavinga menjadi pemain muda yang kerap dikait-kaitkan dengan Real Madrid belakangan ini.

Denis Suarez Merasa Beruntung Pernah Main Bareng Iniesta di Barcelona

Denis Suarez Merasa Beruntung Pernah Main Bareng Iniesta di Barcelona

Denis Suarez merasa beruntung pernah merasakan bermain bersama Andres Iniesta.

Real Madrid Dapat Peringatan dari Presiden Rennes Soal Camavinga

Real Madrid Dapat Peringatan dari Presiden Rennes Soal Camavinga

Presiden Rennes, Nicolas Holveck, meminta Real Madrid sudahi ketertarikannya kepada Eduardo Camavinga.

Real Madrid Mulai Bergerak untuk Boyong Eduardo Camavinga

Real Madrid Mulai Bergerak untuk Boyong Eduardo Camavinga

Real Madrid memulai proses untuk memboyong gelandang muda Rennes, Eduardo Camavinga.

Kiper Real Madrid Buka Suara soal Kelanjutan Liga Spanyol

Kiper Real Madrid Buka Suara soal Kelanjutan Liga Spanyol

Thibaut Courtis menilai akan sangat tidak adil bagi Real Madrid jika Barcelona menjadi juara Liga Spanyol tanpa menyelesaikan musim ini.

5 Pemain yang Diperebutkan Barcelona vs Real Madrid di Bursa Transfer Musim Panas

5 Pemain yang Diperebutkan Barcelona vs Real Madrid di Bursa Transfer Musim Panas

Barcelona dan Real Madrid turut berebut pemain baru di bursa transfer musim panas 2020 dan melibatkan beberapa nama pemain incaran yang sama.

Barcelona vs Real Madrid: Menilik Perjalanan Zidane dan Koeman Semasa Jadi Pemain

Barcelona vs Real Madrid: Menilik Perjalanan Zidane dan Koeman Semasa Jadi Pemain

Mengenang perjalanan Zinedine Zidane ketika menjadi pemain Real Madrid dan Ronald Koeman sebagai andalan Barcelona.

Sergio Ramos: Real Madrid Bakal Lebih Sukses jika Tidak Ada Messi di Barcelona

Sergio Ramos: Real Madrid Bakal Lebih Sukses jika Tidak Ada Messi di Barcelona

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, meyakini timnya bakal lebih berjaya jika tidak ada Lionel Messi di Barcelona.

Deretan Pemain yang Jadi Sorotan Jelang Laga Real Madrid vs Barcelona

Deretan Pemain yang Jadi Sorotan Jelang Laga Real Madrid vs Barcelona

Berikut ini merupakan deretan pemain yang bakal menjadi sorotan dalam laga Real Madrid vs Barcelona.

Real Madrid vs Barcelona: Kisah Menarik Marco Asensio dan Pedri

Real Madrid vs Barcelona: Kisah Menarik Marco Asensio dan Pedri

Kisah menarik Marco Asensio dan Pedri menjelang derbi El Clasico pada Minggu (11/4/2021) dini hari WIB.

Barcelona Kalah, Lionel Messi Punya Catatan Buruk di El Clasico

Barcelona Kalah, Lionel Messi Punya Catatan Buruk di El Clasico

Kapten Barcelona, Lionel Messi, memiliki catatan buruk kala timnya menghadapi Real Madrid di laga El Clasico.

Antar Real Madrid Menang, Karim Benzema Punya Catatan Apik di Liga Spanyol

Antar Real Madrid Menang, Karim Benzema Punya Catatan Apik di Liga Spanyol

Karim Benzema sukses memiliki catatan apik dengan mencetak tujuh gol beruntun di Liga Spanyol usai Real Madrid kalahkan Barcelona.

Real Madrid vs Barcelona: Zinedine Zidane Sebut Kondisi Fisik Los Blancos Terbatas

Real Madrid vs Barcelona: Zinedine Zidane Sebut Kondisi Fisik Los Blancos Terbatas

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengeluhkan kondisi fisik timnya usai menghadapi Barcelona di Liga Spanyol.

Ronald Koeman Salahkan Wasit atas Kekalahan Barcelona dari Real Madrid

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menyalahkan wasit atas kekalahan timnya dari Real Madrid di El Clasico.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Stefan Effenberg memberikan pendapatnya seputar pertemuan Bayern Munchen dan Real Madrid di semifinal Liga Champions. (Yusuf/Skor.id).

World

Wawancara Stefan Effenberg Jelang Bayern Munchen vs Real Madrid

Berikut ini wawancara Stefan Effenberg, menjelang pertandingan semifinal Liga Champions yang mempertemukan Bayern Munchen vs Real Madrid.

Pradipta Indra Kumara | 29 Apr, 15:34

Berbagai laga penentu dalam persaingan menghindari zona degradasi Liga 1 2023-2024 yang melibatkan Arema FC, PSS Sleman, Persita Tangerang, Rans Nusantara FC, 30 April 2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Laga Penentu Zona Degradasi Liga 1 2023-2024

Madura United vs Arema FC, PSS vs Persib, Persita vs Bali United, dan PSM vs Rans Nusantara FC pada Selasa (30/4/2024) sore.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 14:38

Jakarta Pertamina Enduro

Other Sports

Rekap Pekan 1 Proliga 2024: Pemain Asing Tokcer, Jakarta Pertamina Enduro Pimpin Klasemen

Tim voli putri Jakarta Pertamina Enduro menang dua kali di pekan pertama dan berada di puncak klasemen Proliga 2024.

Doddy Wiratama | 29 Apr, 14:25

Wuling BinguoEV (Hendy Andika/Skor.id).

Automotive

Wuling BinguoEV Tuntaskan Perjalanan 1.300 Kilometer Jakarta-Mandalika

Wuling BinguoEV berpartisipasi dalam gelaran EV Journey Experience yang diprakarsai PLN Icon Plus.

Kunta Bayu Waskita | 29 Apr, 13:57

Enzo Maresca berhasil membawa Leicester City promosi ke Premier League. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Enzo Maresca, Kunci Sukses Leicester City Promosi ke Premier League

Enzo Maresca menjadi kunci sukses Leicester City Promosi kembali ke Premier League.

Pradipta Indra Kumara | 29 Apr, 13:41

Koleksi Palace Skateboards Musim Panas 2024 (Yusuf/Skor.id).

Fashion

Tampilan Koleksi Palace Skateboards Terbaru Musim Panas 2024

Koleksi Palace Skateboards 2024 menampilkan motif bunga dan pakaian bertekstur.

Kunta Bayu Waskita | 29 Apr, 13:21

Logo Yu-Gi-Oh

Esports

Yu-Gi-Oh OCG Duel Monsters Luncurkan Creation Pack 04 English Edition

Produk ini berisi kartu populer, dan kartu yang berguna dalam Duel kartu sebenarnya.

Gangga Basudewa | 29 Apr, 12:30

pemain indonesia di eropa

National

Rapor Pemain Indonesia di Eropa: 4 Nama Main Penuh, Sandy Walsh dan Jay Idzes Menang

Lima pemain di Belanda, tiga pada Belgia, satu di Inggris, dan satu Italia, pada periode akhir April 2024.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 12:23

Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic Akan Debut Mei 2024 (Yusuf/Skor.id).

Sneakers

Sneaker Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic Akan Debut Mei

Kiko Kostadinov x Asics US5-S Gel-Quantum Kinetic menampilkan dua jalur warna dinamis.

Kunta Bayu Waskita | 29 Apr, 12:19

Bursa transfer futsal atau pergerakan keluar-masuk pemain di Liga Futsal Indonesia. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Update Bursa Transfer Paruh Musim Pro Futsal League 2023-2024

Aktivitas 12 tim peserta Pro Futsal League 2023-2024 pada bursa transfer paruh musim, yang terus diperbaharui.

Taufani Rahmanda | 29 Apr, 11:31

Load More Articles