Tim MotoGP Memiliki 11 Pilihan Rotor Rem yang Berbeda

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Tes MotoGP Qatar 2024
Kejuaraan dunia balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, musim ini mulai bergulir 8-10 Maret 2024 di Qatar. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

SKOR.id – Tahukah Anda bahwa Brembo menawarkan pilihan kepada 11 tim MotoGP hanya untuk rotor rem?

Jika Anda pernah mengikuti balapan Formula 1, Anda mungkin pernah melihat infografis pilihan ban seri tersebut, yaitu susunan ban yang mungkin digunakan untuk balapan tertentu. 

Susunan termasuk compoundSoft (Lembut), Medium (Sedang), Hard (Keras), dan Rain (Hujan), berbaris di sepanjang garis tak kasat mata serta dilemparkan ke salah satu jumbotron. 

Silakan membayangkannya, namun alih-alih menggunakan ban, Anda memiliki rotor rem, dan bukannya empat pilihan, Anda memiliki 11.

Sepeda motor tidak banyak berubah dari satu balapan ke balapan lainnya, jadi mengapa sistem pengereman harus berubah? 

Dalam wawancara dengan Mattia Tombolan dari Brembo di lintasan, ia menjelaskan alasan tim dan teknisi mereka tidak mencari keuntungan di mana pun.

“Jadi pada dasarnya, bahan karbon memiliki kisaran suhu tertentu yang memiliki koefisien gesekan yang tepat,” kata Tombolan.

Ia menambahkan, “Jika Anda bermain terlalu panas atau terlalu dingin, Anda tidak akan mendapatkan koefisien gesekan yang benar. ” 

Dan untuk menemukan koefisien gesekan yang tepat untuk tiap trek balap, bobot sepeda motor, tenaga sepeda motor, dan pengendara, ada 11 opsi rotor rem berbeda yang ditawarkan dalam tiap balapan.

Ini bahkan lebih banyak kombinasi karena tim dapat memilih di antara keduanya. 

Rotornya sendiri terbuat dari dua bahan berbeda, karbon dan baja. Dan keduanya hadir dalam lima ukuran berbeda yang dipisahkan berdasarkan bahan tersebut, dengan rotor karbon khusus untuk roda depan.

Termasuk dua rotor berukuran 320 mm, tiga rotor berukuran 340 mm, dan satu rotor berukuran 355 mm, yang semuanya memiliki sifat berbeda dan digunakan untuk alasan tertentu.

Meski terdapat tumpang tindih pada rotor karbon, menurut Tombolan, rotor 320 mm hingga 340 mm dirancang lebih untuk jalur pengereman dengan permintaan rendah.

Sedangkan rotor 355 mm hingga 340 mm untuk jalur pengereman dengan permintaan tinggi.

“Contohnya, cakram jenis ini (memiliki cakram karbon bersirip 355 mm), di mana Anda dapat melihat banyak sirip,” kata Tombolan.

“Anda dapat menyimpulkan bahwa cakram tersebut dirancang untuk sirkuit pengereman tinggi, karena dengan cara ini, izinkan saya mengatakan, Anda dapat menghilangkannya.”

“Sangat cepat panasnya dan tetap berada di bagian yang sejuk,” kata Tombolan.

“Jika tidak, jika Anda memiliki truk dengan tuntutan yang tidak terlalu tinggi, seperti Assen atau Phillip Island, ketika Anda tidak cukup mengerem, Anda harus menjaga suhunya , pertahankan panasnya agar bisa berfungsi.”

Namun seperti yang diutarakan, masing-masing rotor juga dirancang dengan mempertimbangkan aplikasi spesifik tersebut.

Dengan tiga desain opsional yang ditawarkan untuk setiap diameter, termasuk Finned (Bersirip), High-Mass (Massa Tinggi), dan Standard (Standar). Dan begitulah cara Anda mendapatkan 11 opsi berbeda.

Menurut perusahaan, sebagian besar tim bertukar antara pengaturan High-Mass dan Standard sepanjang tahun.

Tetapi opsi Finned sangat bagus untuk trek yang panas dan memiliki zona pengereman kecepatan tinggi yang berurutan. 

Opsi disc untuk tim-tim MotoGP 2024 (Dok. Brembo Racing).
Opsi disc sepeda motor untuk tim-tim MotoGP 2024 (Dok. Brembo Racing).

Membayangkan Sirkuit Motegi di Jepang, Tombolan menuturkan, “Kalian mempunyai tikungan sulit yang berdekatan.”

“Jadi pada bagian ini (melihat peta jalur Motegi) suhu meningkat, dan inilah belokannya, di situlah kita sedang berjuang.”

Semua rotor memiliki lebar 8 mm, karena lebarnya tidak berubah dari satu rotor ke rotor lainnya. Namun, beratnya bertambah atau berkurang tergantung pada pengaturannya.

“Itu karena beratnya bervariasi antara 1 kg (2,2 lbs) dan 1,4 kg (3,08 lbs), tergantung pada diameter dan spesifikasi yang digunakan,” ujar Tombolan.

Namun makin banyak pilihan yang muncul seiring tim memiliki opsi lebih lanjut untuk menyesuaikan paket rem mereka.

Hal itu karena Brembo juga menawarkan bahan dan ukuran bantalan yang berbeda, serta kaliper, tekanan kaliper, dan piston yang berbeda. 

Beberapa tim bahkan menjalankan pengaturan kaliper ganda untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pengendara.

Termasuk memiliki aktuator rem yang dipasang di stang (baik ibu jari atau tuas) yang mengontrol rem belakang sepeda motor.

Tim juga mengontrol tampilan selubung rem masing-masing untuk memaksimalkan aliran udara dan memerangkap serta mengurangi panas rem. 

“Juga cover-nya, Anda akan melihatnya sangat membantu, membantu tim untuk mengizinkan saya mengatur spesifikasi disc, karena Anda tidak ingin mengganti disc setiap saat,” kata Tombolan.

“Jadi, Anda tetap menyimpan disc yang sama dan mungkin Anda bermain-main sedikit dengan cover-nya.”

Cover-nya banyak sekali, sekitar tiga atau empat jenis. Awalnya cover ini dikembangkan untuk melindungi disc dari air pada kondisi basah, karena bahan karbon tidak terlalu bersahabat dengan air.” 

“Itu higroskopis, saya tidak tahu apakah itu istilah bahasa Inggris, jadi cenderung menyerap, sehingga kehilangan sifat-sifatnya.”

“Namun hal ini menambah variabilitas pada satu bagian saja yang pasti akan mempengaruhi performa keseluruhan sepeda motor. Itu sangat liar bagi saya.”

Secara keseluruhan, ada lebih dari 55 kemungkinan penyetelan berbeda hanya dalam hal rotor rem untuk motor MotoGP

Itu belum termasuk semua bagian lain dari sistem pengereman. Dan sejujurnya, itu luar biasa.

Source: Rideapart

RELATED STORIES

MotoGP 2024 Dimulai dari Qatar, Jadwal GP Indonesia Berubah

MotoGP 2024 Dimulai dari Qatar, Jadwal GP Indonesia Berubah

Carmelo Ezpeleta kecewa dengan GP Portugal 2023 dan akan mengembalikan GP Qatar yang sudah renovasi sebagai start MotoGP 2024.

Update MotoGP 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Update MotoGP 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Kompetisi MotoGP 2024 dijadwalkan menggelar 42 sesi balapan dalam 21 seri yang berlangsung selama delapan bulan.

King of the Baggers Ikut Menghentak COTA di MotoGP Amerika

King of the Baggers Ikut Menghentak COTA di MotoGP Amerika

Sepeda motor touring semacam Harley-Davidson dan Indian akan dibawa ke trek di MotoGP Amerika, akhir pekan ini.

Marc Marquez Bisa Jadi Masalah di MotoGP Amerika 2024

Rider Ducati Enea Bastianini khawatir dengan potensi ancaman yang bakal dihadirkan Marc Marquez di COTA akhir pekan nanti.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Profil Timnas Serbia di Grup C Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Serbia

Berikut ini profil tim Grup C Euro 2024 (Piala Eropa 2024), Serbia, yang akan sersaing dengan Slovenia, Inggris, dan Denmark.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 11:51

Persib Bandung vs Bali United pada leg kedua semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id)

Liga 1

Prediksi dan Link Live Streaming Persib vs Bali United di Championship Series Liga 1 2023-2024

Disertai 27 fakta menarik jelang pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023-2024 yang digelar Sabtu (18/5/2024) itu.

Nizar Galang | 17 May, 10:08

Trofi Piala Eropa atau Piala UEFA European Championship. (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

World

Kilas Balik Piala Eropa 1968: Ketika Italia ke Final dengan Cara Toss Koin

Tanpa pilihan tepat dari Giacinto Facchetti dalam toss koin lawan Uni Soviet, Italia tidak akan melangkah ke final dan tidak akan juara Piala Eropa 1968.

Rais Adnan | 17 May, 09:35

Cover Deltras - Hendy AS Skor.id

Liga 2

Deltras FC Jadi Satu-satunya Tim Liga 2 yang Lolos Lisensi Klub Profesional Musim 2023-2024

Deltras FC mengaku kesungguhan manajemen klub dalam pengelolaan standarisasi manajemen secara professional jadi kuncinya.

Taufani Rahmanda | 17 May, 09:35

Euro 2024 (Piala Eropa 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id)

World

Euro 2024: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Turnamen Ini

Berikut ini adalah semua hal tentang Euro 2024 (Piala Eropa 2024), dari daftar tim hingga stadion digelarnya turnamen ini.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 07:46

Timnas Slovenia akan tampil di Euro 2024. (Yusuf/Skor.id).

World

Profil Tim Grup C Euro 2024: Slovenia

Berikut ini profil Timnas Slovenia, kontestan Euro 2024 yang tampil lagi di turnamen ini setelah absen 24 tahun.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:45

Euro 2024 akan digelar di Jerman pada 14 Juni hingga 15 Juli 2024. (Jovi Arnanda/Skor.id).

World

Euro 2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Euro 2024 akan digelar mulai 14 Juni 2024 di Jerman, berikut ini jadwal pertandingannya, serta hasil, dan klasemen yang akan diperbarui saat turnamen ini bergulir.

Irfan Sudrajat | 17 May, 07:44

Liga 1 2023-2024. (M. Yusuf/Skor.id)

Liga 1

Liga 1 2023-2024: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Klub Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Liga 1 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi, plus profil tim peserta.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Pro Futsal League 2023-2024 terus diperbaharui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:10

Women Pro Futsal League 2023-2024. (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id)

National

Women Pro Futsal League 2023-2024: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2023-2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya kompetisi.

Taufani Rahmanda | 17 May, 07:09

Load More Articles