Deretan Venue yang Dirancang oleh Konsultan Stadion Buro Happold

Kunta Bayu Waskita

Editor: Kunta Bayu Waskita

Stadion Tottenham Hotspur, salah satu bangunan yang ikut dirancang oleh perusahaan konsultan stadion Buro Happold (Dede Mauladi/Skor.id).
Stadion Tottenham Hotspur, salah satu bangunan yang ikut dirancang oleh perusahaan konsultan stadion Buro Happold (Dede Mauladi/Skor.id).

SKOR.id – Perusahaan konsultan stadion dunia Buro Happold belakangan ini menjadi pusat perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. 

Perusahaan asal Inggris ini jadi terkenal di Indonesia karena disebut-sebut terlibat dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Namun beberapa waktu lalu Buro Happold sudah mengklarifikasi berita tersebut dan membantah pihaknya terlibat dalam pembangunan JIS.

Lepas dari pembangunan JIS dan berbagai konfliknya, ada baiknya kita mengetahui stadion dan venue olahraga apa saja yang melibatkan Buro Happold dalam pembangunannya.

Dan memang, jika dilihat hasilnya Buro Happold tidak main-main dalam merancang stadion maupun venue lainnya. 

Berikut ini beberapa venue dan stadion karya mereka yang dipasang dalam website www.burohappold.com.

1. SAP Garden Arena, Munich

SAP Garden Arena akan menjadi arena kandang baru tim hoki es Munich Red Bulls dan arena kandang tambahan untuk tim bola basket Bayern Munich. 

Klub-klub ini akan meninggalkan kandang yang lebih sederhana dan terpisah sebelumnya (masing-masing Olympia Eishalle dan Audi Dome) untuk berbagi tempat yang lebih unggul ini.

SAP Garden Arena juga dapat dikonfigurasi untuk mengakomodasi berbagai acara olahraga lainnya seperti tinju, sepeda motor ekstrem, dan video game kompetitif.

Terletak di situs terlindung yang pernah ditempati oleh velodrome Radstadion di Taman Olimpiade Munich, venue multifungsi ini memiliki total luas lantai 62.500 m2. 

Kapasitas penonton berjumlah 11.500 orang dengan 11 tempat VIP. Fitur tambahan yang ada di stadion ini termasuk toko kipas, fasilitas kantor dan konferensi, serta garasi parkir.

2. The Coca-Cola Arena, Dubai

The Coca-Cola Arena yang juga disebut sebagai Dubai Arena merupakan tempat dalam ruangan berkapasitas 17.000 orang.

Tempat ini dapat menampung sejumlah acara termasuk konser, upacara, pameran, konferensi, hingga acara olahraga. 

Ini adalah tambahan terbaru untuk kompleks ritel dan hiburan luar ruangan City Walk.

Coca-Cola Arena Dubai (Facebook Coca-Cola Arena).
Coca-Cola Arena Dubai (Facebook Coca-Cola Arena).

Perusahaan developer Dubai, Meraas, melibatkan teknisi Buro Happold dalam peran peninjauan untuk rekayasa struktural dan fasad. 

Pihak Buro Happold ditugaskan untuk menghasilkan efisiensi biaya dan meningkatkan fungsionalitas untuk operator, AEG Ogden.

Arena berkapasitas 17.000 orang ini adalah yang terbesar di wilayah geografis yang membentang dari Istanbul ke Singapura, dan akan memberikan pengalaman konser kelas dunia. 

Pihak Buro Happold membuat model 3D yang sama sekali baru untuk desain yang dikonfigurasi ulang yang akan lebih murah dan lebih fungsional daripada desain konsep aslinya. 

Pekerjaan baja dalam proposal berbobot 4.700 ton. Desain dari Buro Happold menguranginya menjadi 3.430 ton, yang kemudian dikurangi lagi menjadi 3.332 ton. 

Hasil akhirnya adalah penghematan sebanyak 1.400 ton dan senilai 4 juta dolar AS (setara Rp60 miliar). 

3. Stadion Olimpiade Fisht, Sochi

Stadion Olimpiade Fisht di Sochi, Rusia, adalah bangunan pameran yang menyelenggarakan upacara pembukaan, penutupan, dan penyerahan medali Olimpiade Musim Dingin 2014 dan Paralimpiade.

Diatapi oleh dua struktur setengah cangkang yang spektakuler yang ditutupi ubin polikarbonat tembus pandang, menggemakan lingkungan pesisir dan pegunungannya. 

Bangunan ini sudah menjalani tiga fungsi: sebagai stadion olimpiade berkapasitas 40.000 penonton, tempat putaran final Piala Dunia FIFA 2018, dan kandang tim nasional sepak bola Rusia pada musim dingin saat rumput di Moskow membeku.

Tantangannya, Buro Happold perlu bekerja sama dengan tim desain lainnya untuk menghadirkan stadion berperforma tinggi ini. 

Buro Happold harus merancang stadion yang menawarkan pengalaman penonton sebaik mungkin.

Menyempurnakan perjalanan dari pintu masuk ke pintu keluar untuk memastikan keselamatan dan keamanan dengan kesinambungan dan kemampuan beradaptasi masa depan yang tinggi.

Teknisi Buro Happold bekerja untuk mengembangkan fleksibilitas sehingga memastikan stadion ini akan cocok untuk acara internasional maupun skala kecil. 

Tantangan lebih lanjut termasuk efek aktivitas seismik di Rusia pada struktur bangunan. Untuk itu, perlu merancang bangunan yang tahan terhadap kondisi lingkungan ekstrem.

4. Tottenham Hotspur Stadium, Tottenham

Proyek ini dibuat setelah pihak klub Liga Inggris Tottenham Hotspur ingin menggantikan stadion kandang lamanya, White Hart Lane, dengan arena kelas dunia yang sesuai standar UEFA/FIFA. 

Buro Happold menyediakan layanan multidisiplin dari konsep hingga penyelesaian.

Stadion baru ini meningkatkan kapasitas penonton dari 36.240 menjadi 62.062 dan memberikan Tottenham Hotspur fasilitas canggih.

Fasilitas ini dirancang untuk mendukung pertandingan sepak bola, pertandingan NFL dan konser musik, serta acara pribadi seperti konferensi dan jamuan makan.

Vanguardia, yang sekarang bergabung dengan Buro Happold, juga terlibat dalam proyek tersebut.

Proyek ini memenangkan nominasi AV Awards yang bergengsi untuk pekerjaan stadion baru.

Memberikan pengalaman penggemar yang luar biasa, Stadion Tottenham Hotspur yang baru merupakan realisasi dari visi besar klub.

Menurut pihak Bruno Happold, Spurs sebenarnya ingin bertahan di Stadion White Hart Lane, tapi juga tertarik untuk menarik investasi baru dan membawa olahraga NFL ke London Utara. 

Untuk mewujudkan aspirasi ini, dan menghadirkan arena olahraga dan hiburan yang fleksibel, Buro Happold merancang lapangan inovatif yang retractable.

Sehingga, menimbulkan sejumlah tantangan yang kompleks dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Andrew Downes, Manajer Proyek Tottenham Hotspur Football & Athletic Co Ltd, memuji kontribusi Buro Happold dalam membangun stadion ini.

“Buro Happold telah ada sejak awal dan selalu bersedia bekerja ekstra untuk memastikan kami menghadirkan stadion kelas dunia yang mutakhir,” kata Downes.

“Mereka sangat membantu dalam menangani kelompok pemangku kepentingan yang kompleks,” ia menambahkan.

Tim multi-disiplin Buro Happold selalu berkomunikasi dengan klub dan tim desain yang lebih luas untuk melakukan pekerjaan bertahap di stadion.

Sehingga, bisa meminimalisasi dampak pada para penggemar sebanyak mungkin selama proses konstruksi. 

Hal ini memungkinkan klub untuk bermain selama mungkin di tempat lama mereka sebelum konstruksi selesai. 

Konsep yang dikembangkan untuk sliding pitch membantu hal ini, karena struktur penghubung yang diperlukan dan penopang berbentuk “pohon” ikonik yang menopang dudukan utama berkapasitas 17.500 kursi.

Itu merupakan yang terbesar dari jenisnya di Inggris, sehingga memungkinkannya dibangun dengan cepat untuk meminimalkan waktu.

5. Kubah Up at the O2, London

Up at the O2 dibangun untuk menawarkan pengunjung yang biasa berkunjung ke tempat hiburan ikonik kesempatan untuk menghadapi tantangan ekstrem. 

Terinspirasi oleh jalan setapak Sydney Harbour Bridge, daya tarik tempat ini dimulai dari tanjakan 30 derajat menuju puncak kubah. 

Setibanya di sana, sebuah anjungan pandang memungkinkan para petualang untuk mengatur napas saat mereka menikmati pemandangan London.

Termasuk memandang proyek Buro Happold lainnya seperti London Olympic Park 2012 yang luas dan Cutty Sark yang bersejarah.

Tantangannya, sebagai co-designer asli dari Millennium Dome, dan selanjutnya O2 Arena di dalamnya, Buro Happold ditunjuk sebagai konsultan utama untuk proyek ini. 

Insinyur Buro Happold bekerja dengan arsitek BBLUR untuk mengembangkan desain yang menjawab berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh konsep tersebut.

Paling tidak, mewujudkan daya tarik yang dapat diakses oleh semua pengguna untuk dinikmati dalam setiap kondisi cuaca. 

Selain itu, Buro Happold ingin menghadirkan tontonan visual yang melengkapi arsitektur kubah yang ada dan berdiri sebagai daya tarik tersendiri di atasnya.

Membran kain poliester berlapis PVC dengan tekstur timbul digunakan sebagai jalan setapak.

Sehingga, memberikan kekuatan dan daya cengkeram yang dibutuhkan untuk membuat tanjakan Up at the O2 sebagai daya tarik pengunjung sepanjang tahun. 

Jalan setapak ini digantung dan distabilkan oleh kabel baja yang dipasang pada tiang asli kubah, dan pada kedua sisinya diapit oleh sayap kain putih yang anggun. 

Dek yang ringan menawarkan kesempatan kepada pendaki untuk menikmati pemandangan panorama London saat mereka mencapai puncak kubah.

Nah, itulah tadi lima bangunan terbaik yang ikut dirancang oleh Bruno Happold. Tentunya masih banyak bangunan lainnya yang tidak lepas dari kontribusi perusahaan asal Inggris itu.

Source: burohappold.com

RELATED STORIES

Direktur Persija: Gubernur DKI Jakarta Tepati Janji soal Jakarta International Stadium

Direktur Persija: Gubernur DKI Jakarta Tepati Janji soal Jakarta International Stadium

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan dua lapangan latih di Jakarta International Stadium (JIS), hari ini.

Dua Agenda TC Timnas Indonesia Berpotensi Digelar di Jakarta International Stadium

Dua Agenda TC Timnas Indonesia Berpotensi Digelar di Jakarta International Stadium

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, tak menutup kemungkinan timnas Indonesia menggelar TC di Stadion Internasional Jakarta.

Intip Luar Dalam Jakarta International Stadium (JIS): Detail Lapangan, Ruang Ganti, dan Press Room

Intip Luar Dalam Jakarta International Stadium (JIS): Detail Lapangan, Ruang Ganti, dan Press Room

Mari kita melihat bersama fasilitas yang dimiliki Jakarta International Stadium (JIS).

Buro Happold Bersuara soal JIS, Termasuk Ketidaksesuaian dari Penilaian Mereka

Buro Happold Bersuara soal JIS, Termasuk Ketidaksesuaian dari Penilaian Mereka

Perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultansi Buro Happold buka suara soal polemik dari Jakarta International Stadium (JIS).

JIS dan Saudara Tuanya, Stadion-stadion Milik Pemprov DKI di Jakarta Utara

JIS atau Jakarta International Stadium adalah arena sepak bola yang dibangun di Jakarta Utara.

Skor co creators network
RIGHT_ARROW
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
PLAY_ICON
RIGHT_ARROW

THE LATEST

Nike Sabrina 2 "Cave Purple", sepatu signature dari bintang WNBA, Sabrina Ionescu (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Sneakers

Nike Sabrina 2 dengan Warna Baru Cave Purple Akan Rilis Juni 2024

Nike Sabrina 2 “Cave Purple” menandakan kelanjutan dari desain dan performa yang inovatif.

Kunta Bayu Waskita | 18 May, 03:14

Rapper Master P pernah berkarier sebagai pemain dan pelatih basket di Amerika Serikat (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Music

Rapper Master P Yakin New Orleans Pelicans Bisa Juara NBA jika Ia Jadi Staf Pelatih

Master P pernah bermain dalam ekshibisi NBA bersama Charlotte Hornets dan Toronto Raptors pada 1990-an.

Kunta Bayu Waskita | 18 May, 02:35

Instalasi seni Euro 2024 tampilkan lukisan momen-momen penting dalam sejarah Piala Eropa karya seniman Belanda, Barry Pirovano (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Art

Instalasi Seni Gambarkan Momen-momen Heroik dalam Sejarah Piala Eropa

Tampilkan Piala Henri Delaunay disertai interpretasi peristiwa 64 tahun terakhir di Piala Eropa.

Kunta Bayu Waskita | 18 May, 01:11

Koleksi "United by Umbro" merepresentasi ulang jersey tim nasional yang tampil dalam ajang Euro 2024 (Dede Sopatal Mauladi/Skor.id).

Fashion

Koleksi Jersey United By Umbro Hadir Ramaikan Euro 2024

Umbro juga merayakan ulang tahun ke-100 merek yang bermarkas di Manchester itu.

Kunta Bayu Waskita | 18 May, 00:28

Turnamen Dota 2, DreamLeague Season 23. (Hendy Andika/Skor.id)

Esports

DreamLeague Season 23: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Turnamen Dota 2, DreamLeague Season 23, sedang dihelat secara online. Berikut ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkapnya.

Thoriq Az Zuhri | 18 May, 00:21

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. (Yusuf/Skor.id).

Liga Italia

Juventus Pecat Massimiliano Allegri, Angkat Paolo Montero sebagai Pelatih Sementara

Juventus memecat Massimiliano Allegri karena sikap sang pelatih dalam final Piala Italia yang tidak sejalan dengan nilai-nilai klub.

Irfan Sudrajat | 18 May, 00:15

MDL Indonesia (Jovi Arnanda/Skor.id)

Esports

MDL Indonesia Season 9: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MDL Indonesia Season 9 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen kasta kedua Mobile Legends Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 23:52

Turnamen Mobile Legends, MPL Indonesia Season 13. (Yusuf/Skor.id)

Esports

MPL Indonesia Season 13: Hasil, Jadwal, Klasemen Lengkap

Gelaran MPL Indonesia Season 13 sedang dihelat. Ini adalah hasil, jadwal, dan klasemen lengkap turnamen tertinggi Mobile Legends: Bang Bang Indonesia.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 23:50

PMSL SEA 2024 (Rahmat Ari Hidayat/Skor.id).

Esports

PMSL SEA Summer 2024: Hasil, Jadwal, dan Klasemen Lengkap

Berikut ini adalah hasil, jadwal lengkap, format, dan klasemen lengkap turnamen PUBG Mobile, PMSL SEA Summer 2024.

Thoriq Az Zuhri | 17 May, 23:49

Laga Manchester City vs West Ham United di pekan terakhir Liga Inggris 2023-2024. (Yusuf/Skor.id).

Liga Inggris

Prediksi dan Link Live Streaming Man City vs West Ham di Liga Inggris 2023-2024

Berikut ini prediksi dan link live streaming Manchester City vs West Ham United di Liga Inggris (Premier League) musim 2023-2024.

Pradipta Indra Kumara | 17 May, 23:05

Load More Articles