Tips: 4 Latihan Smes ala Hariyanto Arbi, Si Pemilik Smash 100 Watt

2 Juni 2021, 22:12 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Aprelia Wulansari
Hariyanto Arbi, mantan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia.
Hariyanto Arbi, mantan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia. /pbdjarum.org

SKOR.id - Hariyanto Arbi adalah salah satu legenda bulu tangkis Indonesia.

Hariyanto Arbi merupakan mantan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang meraih gelar juara dunia 1995.

Baca Juga: Peringatan Keras Pelatih Melecut Praveen Jordan

Selain itu, prestasi Hariyanto Arbi juga sangat panjang. Dia meraih gelar juara All England 1993 dan 1994.

Hari, sapaan akrabnya, juga mempersembahkan empat gelar juara Thomas Cup bagi Indonesia, yakni pada 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Bukan hanya deretan gelar juara yang dipersembahkan oleh laki-laki berusia 48 tahun untuk Indonesia, melainkan juga kecepatan dan kekuatan smesnya yang melegenda hingga saat ini.

Ya, peraih dua emas Asian Games ini dijuluki Smash 100 Watt.

Kepada Skor.id, Si Smash 100 Watt menuturkan bagaimana dia memiliki smes kencang nan melegenda itu.

"Sebenarnya, smes itu semuanya hampir sama. Yang terutama adalah latihan yang diulang-ulang sehingga mendapatkan timing yang pas," ujar Hari kepada Skor.id, Senin (23/3/2020).

"Bulu tangkis itu sama dengan kehidupan. Ibaratnya, ketika orang memasukkan benang ke dalam jarum, kali pertama pasti sulit. Tapi, akan mudah setelah dilakukan berulang-ulang," kata Hari.

Berikut empat cara latihan smes ala Smash 100 Watt.

1. Latihan yang benar

"Latihan harus benar dan diulang-ulang terus sehingga tahu beragam bola agar kita bisa mendapatkan timing yang pas," kata Hari.

Ya, latihan dengan memegang raket yang benar serta mengulang terus setiap hari untuk melakukan smes.

"Latihan dan turnamen yang banyak akan mengasah kemampuan," ujar mantan pemain asal PB Djarum ini.

2. Latihan fisik

"Selain latihan smes, latihan fisik juga sangat penting," ujarnya.

Fisik yang kuat diperlukan agar daya tahan fisik terjaga sepanjang pertandingan. Apalagi, smes memerlukan kecepatan dan kekuatan.

Latihan angkat beban, skipping, memperkuat pergelangan tangan, dan latihan melompat adalah latihan-latihan fisik yang dilakukan oleh Hari.

Latihan melompat adalah salah satu yang dilakukan Hari karena dia kerap melakukan jump smash.

3. Tentukan porsi latihan

"Biasanya pelatih sudah tahu berapa banyak yang diperlukan setiap atlet untuk mengembangkan kemampuan," kata Hari.

Latihan yang banyak akan memudahkan untuk mendapatkan feel dalam melakukan smes.

Jika berlatih sendiri, latihan terus hingga mendapatkan feel dalam melakukan smes. Jika masih kurang, terus berlatih.

Hari juga mengakui ketika dia masih aktif bermain, dia kerap berlatih sendiri dan memberi porsi tambahan untuk dirinya di luar jam latihan yang telah diberikan oleh pelatih.

"Saya tahu bahwa orang lain juga berusaha keras. Jadi, saya juga harus berusaha agar menjadi lebih baik," katanya.

Baca Juga: NBA Vakum, Nick Nurse Rindu Pemain Toronto Raptors

4. Pendinginan

"Pendinginan sangat penting karena otot juga perlu dikembalikan setelah berlatih keras," kata pemilik apparel olahraga Flypower ini.

 

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Bugar

Sabtu, 4 April 2020

Skortips: 4 Gerakan Latihan HIIT 15 Menit ala Tannya Roumimper

Empat gerakan latihan HIIT 15 menit yang mudah dan bisa dilakukan ketika di rumah saja.

Terbaru

Badminton

Minggu, 13 Juni 2021

5 Pebulu Tangkis Tertua di Olimpiade Tokyo: Hendra Setiawan Tak Sendiri

Hendra Setiawan atlet tertua di jajaran kontingen bulu tangkis Indonesia menuju Olimpiade Tokyo.

Badminton

Minggu, 13 Juni 2021

Mengintip Kekuatan Bulu Tangkis Taiwan di Olimpiade Tokyo 2020

Tai Tzu Ying dan Lee Yang/Wang Chi-Lin adalah kekuatan utama Taiwan di Olimpiade Tokyo.

Badminton

Minggu, 13 Juni 2021

Target Richard Mainaky untuk Praveen Jordan/Melati Daeva di Olimpiade Tokyo 2020

Richard Mainaky menargetkan medali untuk Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Olimpiade Tokyo.

Badminton

Sabtu, 12 Juni 2021

Mengintip Peta Kekuatan Ganda Bulu Tangkis Cina di Olimpiade Tokyo 2020

Meski lama vakum dari tur dunia, Cina tetap jadi salah satu poros kuat dalam peta persaingan bulu tangkis Olimpiade.

Badminton

Sabtu, 12 Juni 2021

Bocoran Peta Kekuatan Tunggal Cina di Olimpiade Tokyo 2020

Xia Xuanze melihat bahwa tunggal putri Cina lebih greget ketimbang tunggal putra.

Badminton

Jumat, 11 Juni 2021

Chen Long, Juara Bertahan Terakhir di Olimpiade Tokyo

Hanya Chen Long yang berpeluang mempertahankan medali emas Rio 2016 di Tokyo 2020.

Badminton

Kamis, 10 Juni 2021

Ranking Perolehan Medali Olimpiade dari Cabor Bulu Tangkis, Indonesia Nomor 2

Indonesia adalah negara tersukses kedua di cabang bulu tangkis Olimpiade

Badminton

Kamis, 10 Juni 2021

Bela Azerbaijan, Pebulu Tangkis Berdarah Indonesia Wujudkan Mimpi ke Olimpiade

Ade Resky Dwicahyo jadi satu-satunya pebulu tangkis Azerbaijan di Olimpiade Tokyo 2020.

Badminton

Kamis, 10 Juni 2021

Hampir 40 tahun, Pebulu Tangkis Vietnam Lolos Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Tien Minh Nguyen akan tampil di Olimpiade keempatnya saat Tokyo 2020.

Badminton

Rabu, 9 Juni 2021

PBSI akan Realisasikan TC Olimpiade Tokyo di Kumamoto

TC Kumamoto diperkirakan akan berlangsung sekitar tanggal 8 Juli 2021.
X