Skor 6: Pabrikan Kampiun World Superbike-MotoGP pada Musim Sama

14 November 2022, 02:50 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Alvaro Bautista (foto kiri) dan Francesco Bagnaia berhasil menyatukan gelar juara dunia WSBK dan MotoGP untuk Ducati pada musim 2022.
Alvaro Bautista (foto kiri) dan Francesco Bagnaia berhasil menyatukan gelar juara dunia WSBK dan MotoGP untuk Ducati pada musim 2022. /WorldSBK, Pecco Bagnaia

  • Sejak World Superbike (WSBK) kali pertama digelar dengan status kejuaraan dunia, sudah enam kali satu pabrikan mampu menyandingkan gelar pembalap dengan kampiun MotoGP.
  • Alvaro Bautista dan Francesco Bagnaia membantu Ducati mengawinkan gelar pada musim 2022 ini, perdana mereka melakukannya.
  • Honda masih menjadi pabrikan yang mampu mengawinkan gelar WSBK-MotoGP.

SKOR.id - Musim balap 2022 benar-benar menjadi milik Ducati. Setelah sepekan lalu Francesco “Pecco” Bagnaia memastikan gelar juara dunia MotoGP, pada Minggu (13/11/2022) giliran Alvaro Bautista melakukan hal yang sama di WSBK di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Tidak banyak yang tahu bila sejak Superbike berstatus kejuaraan dunia mulai 1988, sudah lima kali terjadi gelar di WSBK berhasil disandingkan sebuah pabrikan dengan kelas premier di Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Fred Merkel-Eddie Lawson: Pesta Honda pada 1989

Fred Merkel (foto kiri) dan Eddie Lawson membawa Honda mengawinkan gelar WSBK dan kelas premier Kejuaraan Dunia Balap Motor untuk kali pertama pada 1989.
Fred Merkel (foto kiri) dan Eddie Lawson membawa Honda mengawinkan gelar WSBK dan kelas premier Kejuaraan Dunia Balap Motor untuk kali pertama pada 1989. Twitter (@WorldSBK, @MegaBitesBlog)

Finis 1-2 klasemen akhir WSBK dicetak kali pertama oleh Honda pada 1989 setelah Fred Merkel merebut gelar keduanya beruntun di atas Honda RC30 milik Tim Rumi. Saat itu, pembalap asal Amerika Serikat itu unggul 7 poin atas rider Belgia Stephane Mertens.

Di Kejuaraan Dunia Balap Motor, kompatriot Merkel, Eddie Lawson, berhasil memenangi gelar kelas 500cc (nama kelas tertinggi sebelum berganti MotoGP sejak 2002) di atas Honda NSR500 milik Team Kanemoto.

Gelar keempat di kelas 500cc (setelah 1984, 1986, 1988) itu direbut Lawson usai mengalahkan Wayne Rainey (Team Lucky Strike Roberts Yamaha).

Menariknya, saat itu Lawson hanya mampu memenangi empat balapan. Pemenang race terbanyak saat itu, enam, ditorehkan Kevin Schwantz (Team Pepsi Suzuki) yang menempati P4 klasemen akhir.

Honda Mengulanginya pada 1997 Lewat John Kocinski-Mick Doohan

Twitter (@WorldSBK)

Honda kembali menyandingkan gelar juara dunia balap motor pada 1997 saat rider AS John Kocinski memenangi trofi WSBK dengan Honda RC45 Castrol, mengalahkan jagoan Ducati, Carl Fogarty.

Di Grand Prix balap motor pembalap Australia Mick Doohan mendominasi Kejuaraan Dunia kelas 500cc dengan merebut 12 kemenangan (dari total 15 race) musim 1997.

Honda Masih di Atas pada 2002 Berkat Colin Edwards-Valentino Rossi

Colin Edwards dan Valentino Rossi menyatukan gelar juara dunia Superbike dan MotoGP untuk Honda pada 2002.
Colin Edwards dan Valentino Rossi menyatukan gelar juara dunia Superbike dan MotoGP untuk Honda pada 2002. Twitter (@WorldSBK, @bgmotogp)

Pabrikan asal Tokyo, Jepang, tersebut untuk kali ketiga mengawinkan gelar WSBK-MotoGP setelah Colin Edwards dan Valentino Rossi berjaya pada 2002.

Edwards, rider asal AS, menggila di atas Honda VTR1000 dengan memenangi 9 race beruntun menjelang akhir musim untuk menutup awal yang buruk menyusul keperkasaan Troy Bayliss dengan Ducati. Bayliss memenangi balapan lebih banyak, 14, tetapi kalah 11 poin dari Edwards pada akhir musim.

Di Kejuaraan Dunia Balap Motor, Valentino Rossi menguasai kelas tertinggi baru pengganti 500cc, MotoGP. Turun dengan Honda RC211V milik tim pabrikan Repsol Honda, pembalap Italia itu mengalahkan rekan senegaranya Max Biaggi (Marlboro Yamaha): 355 poin melawan 215.

Yamaha Berjaya pada 2009 Lewat Ben Spies-Valentino Rossi

Ben Spies dan Valentino Rossi menyandingkan gelar WSBK dan MotoGP bagi Yamaha untuk kali pertama pada 2009.
Ben Spies dan Valentino Rossi menyandingkan gelar WSBK dan MotoGP bagi Yamaha untuk kali pertama pada 2009. Facebook, Wikipedia

Pada 2009 untuk kali pertama Yamaha menyatukan gelar Superbike usai Ben Spies juara dan Valentino Rossi di MotoGP.

Mengandalkan Yamaha R1, pembalap asal AS itu berduel sengit sepanjang musim melawan rider asal Jepang Noriyuki Haga yang menggeber Ducati.

Di MotoGP, Rossi berhasil merebut gelar juara dunia kesembilan dari seluruh kelas setelah memenangi pertarungan sengit melawan rekan setimnya di skuad pabrikan Yamaha, Jorge Lorenzo.

Yamaha Rayakan Gelar Pertama Toprak Razgatlioglu-Fabio Quartararo pada 2021

Toprak Razgatlıoğlu dan Fabio Quartararo sama-sama untuk kali pertama memenangi gelar WSBK dan MotoGP untuk Yamaha pada musim 2021 lalu.
Toprak Razgatlıoğlu dan Fabio Quartararo sama-sama untuk kali pertama memenangi gelar WSBK dan MotoGP untuk Yamaha pada musim 2021 lalu. Twitter (@toprak_tr54, @FabioQ20)

Tahun lalu, Yamaha kembali merebut gelar ganda masing-masing lewat para pembalap skuad pabrikan mereka: Toprak Razgatlioglu di WSBK dan Fabio Quartararo di MotoGP. Menariknya, itu menjadi gelar pertama bagi kedua pembalap.

Razgatlioglu, rider asal Turki, mampu meruntuhkan dominasi Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) yang enam musim sebelumnya selalu menjadi juara. Razgatlioglu mengalahkan Rea dengan gap 15 poin di klasemen akhir.

Di MotoGP, Quartararo membuyarkan ambisi Francesco Bagnaia dan Ducati dengan merebut trofi dengan selisih 26 poin. Tetapi, kekalahan itu justru membuat Bagnaia menggila pada musim berikutnya.

Kebanggaan Ducati pada 2022: Alvaro Bautista-Francesco Bagnaia

Alvaro Bautista dan Francesco "Pecco" Bagnaia masing-masing berhasil mengakhiri penantian panjang Ducati untuk gelar juara dunia pembalap di WSBK dan MotoGP.
Alvaro Bautista dan Francesco "Pecco" Bagnaia masing-masing berhasil mengakhiri penantian panjang Ducati untuk gelar juara dunia pembalap di WSBK dan MotoGP. Twitter (@19Bautista, @PeccoBagnaia)

Musim ini, Ducati patut bangga karena untuk kali pertama mampu mengawinkan gelar di WSBK dan MotoGP lewat para pembalap tim pabrikan mereka.

Pembalap asal Spanyol Alvaro Bautista berhasil memberikan gelar WSBK pertama untuk Ducati dalam 11 tahun setelah sebelumnya dibuat kompatriotnya Carlos Checa pada 2011.

Di MotoGP, penantian 15 tahun Ducati untuk gelar pembalap berhasil dituntaskan Francesco Bagnaia. Ini menjadi gelar pembalap kedua Ducati di MotoGP setelah Casey Stoner pada 2007.

Bagnaia juga menjadi pembalap pertama Italia yang memenangi gelar MotoGP sejak Valentino Rossi melakukannya pada 2009. Bagnaia pun menjadi rider Italia yang juara kelas premier dengan motor Italia kedua, setelah Giacomo Agostini-MV Agusta melakukannya pada 1972.

Menariknya, bagi Bautista dan Bagnaia, trofi tahun ini menjadi gelar juara dunia kedua. Sebelumnya, Alvaro Bautista sudah menggenggam gelar juara dunia kelas 125cc (kini Moto3) pada 2006 sedangkan Francesco Bagnaia menjadi kampiun Moto2 pada 2018.

Berita World Superbike-MotoGP Lainnya:

Hasil Race 2 WSBK Indonesia 2022: Toprak Razgatlioglu Finis Pertama, Alvaro Bautista Juara Dunia 

Faktor yang Bikin Bautista Bisa Jadi Juara Dunia WSBK 2022

Bos Ducati: Kami Tak Butuh Marc Marquez dan Fabio Quartararo

Tag

Video

Berita Terkait

MotoGP

Jumat, 11 November 2022

Francesco Bagnaia Ingatkan Enea Bastianini untuk Tak Bermain Api

Musim depan, kursi pembalap tim pabrikan Ducati akan diisi oleh Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini.

Motor

Minggu, 13 November 2022

Alvaro Bautista Juara WSBK 2022, Penantian 18 Tahun dan Dibumbui Drama Mandalika

Sirkuit Mandalika kembali menjadi saksi gelar juara World Superbike Championship (WSBK) 2022 yag didapat Alvaro Bautista.

Motor

Minggu, 13 November 2022

Klasemen WSBK 2022: Alvaro Bautista Kunci Juara Dunia usai Race 2 Seri Indonesia

Alvaro Bautista mengoleksi total 553 poin setelah naik podium kedua di Race 2 WSBK Indonesia 2022 hari Minggu (13/11/2022).

Terbaru

Motor

Selasa, 31 Januari 2023

Luncurkan Motor Baru, Duo Pata Yamaha Optimistis Tatap WSBK 2023

Dua pembalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK, Toprak Razgatliogu dan Andrea Locatelli, tak sabar mengarungi WSBK 2023 dengan senjata anyar.

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Kembali ke Indonesia, ARRC Harapkan Kemitraan Jangka Panjang

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Sirkuit Mandalika, 11-13 Agustus 2023.

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Tiket WSBK 2023 Indonesia Sudah Mulai Dijual, Ada Promo Diskon hingga 75 Persen

MGPA menawarkan promo diskon mencapai 75% untuk penjualan tiket pre-sale WSBK 2023 mulai 12-30 Januari.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Bos Yamaha: WSBK adalah Alternatif Menarik bagi Sponsor

Bos tim Yamaha Paul Denning menjelaskan apa saja yang membuat WSBK bisa menjadi opsi menarik dari MotoGP untuk para sponsor.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Kevin Benavides Persiapkan Mental di Reli Dakar 2023, Julian Alvarez Menjadi Penambah Semangat

Kakak beradik Kevin dan Luciano Benavides harus berjuang ekstra-keras untuk bisa berpartisipasi dalam balapan Reli Dakar edisi ke-45 yang dimulai awal Januari lalu. Dalam wawancara dengan Infobae, kedua pembalap motor asal Argentina itu mengisahkan perjuangan mereka tahun ini, termasuk ketika mereka tidak sengaja berjumpa bintang sepak bola Argentina yang baru…

Motor

Minggu, 1 Januari 2023

Jonathan Rea Tak Mau Terlibat Polemik Batas Bobot Pembalap

Jonathan Rea tidak mau lagi lebih dalam bicara soal berat badan pembalap di World Superbike (WSBK) meskipun mengakui kondisi itu sangat menguntungkan.

Motor

Minggu, 25 Desember 2022

Pindahan dari MotoGP, Peluang Darryn Binder Juara Dunia Moto2 2023 Setara Rookie

Menurut Jurgen Lingg pekerjaan rumah utama Darryn Binder adalah beradaptasi dengan motor Moto2 2023.

Motor

Rabu, 21 Desember 2022

Jonathan Rea Ungkap Keinginan Gantung Helm dalam Waktu Dekat

Dengan usia yang tak lagi muda, pembalap WSBK Jonathan Rea mengungkap keinginannya pensiun dalam waktu dekat.

Motor

Jumat, 16 Desember 2022

Somkiat Chantra Sebut Kemenangan di GP Indonesia Membuatnya Berlinang Air Mata

Pembalap Thailand, Somkiat Chantra, melakoni musim yang cukup bagus di Moto2 2022.

Motor

Kamis, 15 Desember 2022

Tampil Lebih Konsisten Jadi Target Mario Suryo Aji Musim Depan

Mario Suryo Aji masih akan mengisi line up pembalap Honda Team Asia pada Moto3 2023.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X