Tangguhkan Kompetisi, BWF Berencana Bekukan Peringkat Dunia

26 Maret 2020, 09:15 WIB
ilustrasi bulu tangkis. /Kirill Kudryavtsev/AFP
Penulis: Any Hidayati
Editor: Lily Indriyani

  • Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) berencana menghentikan penghitungan peringkat dunia menyusul penangguhan kompetisi. 
  • BWF hentikan seluruh turnamen internasional sejak 16 Maret-12 April 2020.
  • BWF berjanji segera umumkan keputusan itu dalam waktu dekat.

SKOR.id - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) berencana menghentikan penghitungan peringkat dunia seiring penangguhan Olimpiade Tokyo 2020.

Selasa (24/3/2020), Pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat menunda Olimpiade Tokyo 2020 yang semula berlangsung 24 Juli-9 Agustus.

Pandemi corona yang makin meluas membuat kedua pihak mengundurkan Olimpiade 2020 hingga 2021, semata-mata demi keselamatan masyarakat dunia. 

Baca Juga: Olimpiade 2020 Ditunda, Jam Hitung Mundur Dimatikan

Keputusan untuk menunda Olimpiade 2020 disambut positif oleh banyak pihak, termasuk organisasi olahraga dunia seperti BWF.  

Dalam laman resminya, BWF mengumumkan berencana menghentikan penghitungan poin peringkat dunia, menyusul penangguhan turnamen maupun Olimpiade.

"BWF, dalam waktu dekat, mencari kemungkinan untuk membekukan peringkat dunia sampai seluruh turnamen internasional kembali berjalan."

"Namun, kami masih berusaha mencari solusi teknis untuk memastikan apakah menghentikan penghitungan peringkat dunia, adil untuk semua pemain."

BWF yang kini dipimpin Poul Erik Hoyer Larsen, berjanji segera mengumumkan keputusan terkait rencana pembekuan peringkat dunia tersebut. 

Saat ini, fokus utama BWF adalah memastikan keselamatan dan kesehatan atlet dan staf, di tengah pandemi corona (Covid-19).

BWF sebelumnya memutuskan untuk menghentikan seluruh turnamen internasional terhitung sejak 16 Maret hingga 12 April 2020.

Namun, dalam perkembangannya, BWF menunda turnamen yang berlangsung April, termasuk Kejuaraan kontinental serta Thomas dan Uber Cup 2020, Mei nanti.

Baca Juga: Banyak Waktu Senggang, Rafael Nadal Pamer Kemampuan Memasak

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari BWF kapan turnamen bulu tangkis dunia kembali bergulir. Yang pasti, hampir 200 negara di dunia terjangkit virus corona.

"BWF akan terus memantau perkembangan Covid-19 di bawah arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), otoritas kesehatan, IOC, dan IPC." 

"Kami akan memberikan keputusan terbaik demi kepentingan para pemain dunia maupun organisasi bulu tangkis secara umum."

Tag

Berita Terkait

Latest