Maria Sharapova Tidak Akan Tinggalkan Tenis

27 Februari 2020, 20:00 WIB
Maria Sharapova (Rusia) saat tampil dalam Australia Open 2020 di Melbourne Park, 21 Januari 2020. /John Donegan/AFP
Penulis: Any Hidayati
Editor: Lily Indriyani

 

  • Maria Sharapova menegaskan bahwa dirinya tak akan benar-benar meninggalkan tenis.
  • Petenis 32 tahun itu tidak akan tampil dalam sebuah turnamen sebagai penanda perpisahan. 
  • Setelah berjuang dengan cedera bahu hampir 10 tahun, ia gantung raket pada Rabu (26/2/2020).

SKOR.id - Maria Sharapova memang telah mengumumkan pensiun, Rabu (26/2/2020). Namun, wanita asal Rusia itu menegaskan tak benar-benar meninggalkan tenis.

Kolektor lima gelar grand slam itu menuturkan, hidupnya tidak akan bisa jauh dari olahraga yang telah membesarkan namanya tersebut.    

Berbeda dengan pemain kebanyakan, Maria Sharapova tak akan tampil lagi dalam sebuah turnamen yang biasanya jadi perpisahan momen perpisahan. 

"Saya tak merasa perlu mengikuti pertandingan hingga semua orang dan penggemar dari seluruh dunia tahu bahwa itu adalah kali terakhir saya di lapangan," ujarnya.

"Bahkan, sejak saya masih kecil, saya (bertekad) tidak akan pernah melakukan hal itu sampai akhir," Maria Sharapova menambahkan. 

Baca Juga: Sebelum Pensiun, Maria Sharapova Tempati Posisi 7 Daftar Atlet Putri Terkaya

Menariknya, perempuan dengan tinggi badan 188 sentimeter ini mengaku tak bisa melihat foto saat bertanding di lapangan. Ya, Sharapova begitu emosional. 

"Saya melihat foto ketika akan memukul bola kemudian melayang di udara atau hanya sekadar memukul. Saya tak bisa lagi melihatnya karena rasanya ngeri."

Sejak kembali dari hukuman doping, 2019, kariernya memang menurun drastis. Pasalnya, di saat yang sama, cedera bahu Sharapova kerap muncul. 

"Saya sudah mengalami masalah bahu sejak usai 21 tahun dan itu terus kambuh. Lengan saya bengkak hingga tak bisa mengangkat tangan," katanya. 

Baca Juga: Pensiun, Maria Sharapova Berpisah dengan Dunia Tenis Tercinta

"Awalnya memang hanya satu tangan. Tapi kemudian (sakitnya) menjalar ke yang lain," ujar mantan kekasih petenis Bulgaria, Grigor Dimitrov tersebut. 

Setelah berjuang dengan cedera bahu selama hampir 10 tahun, Sharapova akhirnya benar-benar menyerah dan memutuskan gantung raket. 

Saat pensiun, dirinya menempati peringkat ke-373 dunia. Setelah tidak lagi aktif, Sharapova mengaku telah merencanakan jalan hidupnya dengan baik.

"Ketika ada satu hal yang membuka matamu untuk hal yang sangat penting, berarti itulah momen di mana saya memiliki harapan bagus tentang masa depan saya."

Tag

Berita Terkait

Latest