The Jakmania Series: Semua karena Persija

18 September 2020, 18:00 WIB
Penulis: Hedi Novianto
Editor: Hedi Novianto
Pemain Persija menjalani latihan setelah lebih dari empat bulan latihan mandiri, di Lapangan PSAU TNI AU, Halim Perdanakusum, Jakarta Timur pada 19 Agustus 2020.
Pemain Persija menjalani latihan setelah lebih dari empat bulan latihan mandiri, di Lapangan PSAU TNI AU, Halim Perdanakusum, Jakarta Timur pada 19 Agustus 2020. /Media Persija

  • Belakangan perempuan suporter mulai jamak terlihat di stadion di Indonesia.
  • The Jakmania juga memiliki anggota perempuan, bahkan sejak Persija masih berkandang di Stadion Lebak Bulus.
  • Pengalaman menjadi perempuan suporter memberi pelajaran bahwa pendukung sepak bola di Indonesia tidak mengenal gender atau latar belakang lainnya.

SKOR.id - Perempuan suporter bukan lagi hal langka dalam sepak bola Indonesia. Tidak heran The Jakmania juga punya anggota perempuan suporter Persija.

Ini adalah kisah perempuan suporter The Jakmania. Namun, perempuan ini menolak untuk mengungkap nama atau identitas lainnya.

Sebagai putri mantan pemain sepak bola klub Indonesia Muda, menjadi wajar jika saya mengenal dunia sepak bola.

Saya dan ayah tak pernah melewatkan pertandingan Persija Jakarta yang ditayangkan langsung di televisi. Setelah pertandingan, ayah melarang saya pergi ke stadion usai melihat aksi anarkistis suporter melalui televisi.

Keesokan hari di sekolah, teman-teman saya membahas pertandingan Persija, termasuk soal kericuhan. Namun, satu di antara kami mengatakan bahwa keributan termaksud tidak seburuk kelihatannya.

"Lu bakal guw ajak nonton langsung di sana (stadion), biar lu tahu bagaimana rasanya berada di sana langsung," ujar sang kawan kepada saya.

Setelah mendengar ucapannya, saya punya rasa penasaran untuk menyaksikan langsung pertandingan di stadion. Kesempatan itu pun hadir saat sedang liburan semester.

Kawan bertanya apakah saya mau menyaksikan Persija vs PSS Sleman di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada 2007. Stadion itu kini telah tiada dan di lokasinya berdiri apartemen, pusat perbelanjaan, dan depo MRT.

Saya menerima ajakan itu. Kami berkumpul dan berangkat bareng dengan menumpang mobil pikap. Saya adalah perempuan satu-satunya dalam kelompok ini.

Namun sayang, tiket pertandingan sudah habis saat kami mengantre di loket stadion. Kami akhirnya hanya duduk di sekitar stadion.

Relatif banyak suporter yang tidak kebagian tiket. Namun, yang mengagumkan, mereka tetap bergembira. Mereka menyanyi sambil mengibarkan bendera Persija.

Melihat itu semua, saya mengamini ucapan kawan yang menyatakan bahwa berita kericuhan suporter di televisi tidak sepenuhnya benar.

Kericuhan ketika itu terjadi karena gesekan dan saling ejek antarsuporter. Fakta ini menenangkan saya, apalagi Persija mengalahkan PSS Sleman 2-0 yang disambut suka cita The Jakmania.

Pengalaman datang langsung ke stadion membuat saya ketagihan. Saya pun membeli atribut Persija dengan warna khas oranye.

Ajakan kedua menonton langsung Persija datang lagi. Meski begitu saya sempat ragu karena trauma tidak kebagian tiket.

Persija Jakarta dengan pendukung setianya The Jakmania tiga musim Liga 1 2017-2019  berada di peringkat teratas  tingkat kehadiran penonton.
Persija Jakarta dengan pendukung setianya The Jakmania tiga musim Liga 1 2017-2019  berada di peringkat teratas  tingkat kehadiran penonton. Noval Luthfianto/Skor.id

Namun kawan meyakinkan untuk tetap berangkat karena Persija akan menjamu Persib Bandung. Dia juga menyarankan kami pergi lebih dini agar tidak kehabisan tiket.

Kali ini kami berangkat dengan naik kendaraan umum. Saya pun menyempatkan diri membeli jersey replika Persija.

Akhirnya, kami mendapat tiket dan saya untuk pertama kalinya masuk stadion menyaksikan langsung Persija. Warna oranye mendominasi pemandangan di dalam Stadion Lebak Bulus.

Saya gembira, apalagi Persija menang 1-0 berkat gol Bambang Pamungkas. Lantaran sangat gembira, saya masih mengenakan jersey Persija hingga ke rumah. Padahal orang tua awalnya tak tahu saya pergi ke stadion.

"Kenapa kamu tidak jujur pada ayah. Besok-besok kalau kamu mau pergi nonton Persija, biar ayah sempatkan waktu untuk ke sana bersama-sama" kata ayah.

Mendengar itu, saya terharu dan mengucapkan terima kasih. Sejak itu, saya selalu diizinkan untuk menyaksikan langsung Persija di Stadion Lebak Bulus. Bahkan tidak jarang ayah memberi uang saku untuk membeli tiket.

Catatan Redaksi: Artikel ini adalah bagian dari kelas menulis Skor.id dengan The Jakmania. Cerita ini ditulis oleh Ahmad Hamzah Fansyuri, anggota The Jakmania Condet, berdasarkan kisah perempuan suporter yang menolak namanya disebutkan.

Ikuti juga Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Persija Lainnya:

Tiga Gelandang Serang Berbahaya Liga Indonesia Menurut Legenda Persija

Tak Puas Uji Coba Lawan Persija Jakarta, Gelandang Tira Persikabo Ingin Bertanding Lagi

Tag

Video

Berita Terkait

Bola Nasional

Kamis, 17 September 2020

The Jakmania Series: Pelajaran yang Tidak Ada di Sekolah

Sebagai suporter Persija Jakarta, The Jakmania, saya menjadi anggota koordinator wilayah (korwil) Condet Cililitan (Jakarta Timur) sejak Oktober 2008.

Bola Nasional

Kamis, 17 September 2020

The Jakmania Series: Persija bukan Segalanya, tapi Selamanya

Liga 1 musim 2018 boleh jadi paling menarik karena Persija Jakarta menjadi juara dan kompetisi diikuti tim-tim besar eks-perserikatan.

Terbaru

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Liga 2 2021: Jadwal, Hasil dan Klasemen

Berikut ini Skor.id menyajikan jadwal, hasil, dan klasemen Liga 2 2021.

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Hasil PSCS Cilacap vs PSIM Yogyakarta: Hiu Selatan Menang via Gol Anak Pelatihnya

PSCS Cilacap menang atas PSIM Yogyakarta pada laga pertama mereka di Liga 2 2021, Minggu (26/9/2021) malam.

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Liga 2 2021 Tetap Bergulir meski Sejumlah Klub Masih Menunggak Gaji Pemain

Dimulainya kompetisi Liga 2 2021 masih diiringi dengan sengketa penunggakan gaji pemain yang belum juga diselesaikan oleh sejumlah klub kontestan.

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Prediksi Liga 2 2021 Grup B: Persekat vs Badak Lampung FC dan PSKC vs Perserang

Pertarungan pekan pertama Grup B Liga 2 2021 akan dimulai pada Senin (27/9/2021) di Stadion Madya, Komplek Gelora Bung Karno

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Hasil Persis Solo vs PSG Pati: Menang, Awal Istimewa Laskar Sambernyawa

Ini sekaligus membuktikan bahwa Persis memiliki ambisi promosi ke Liga 1

Liga 1

Minggu, 26 September 2021

Prediksi PSM Makassar vs Barito Putera: Laskar Antasari Lihat Peluang Kalahkan Juku Eja

Berikut ini Skor.id menyuguhkan preview laga pekan kelima Liga 1 2021-2022 antara PSM Makassar melawan Barito Putera.

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Link Live Streaming Liga 2 Hari Ini: Adu Gengsi Persis Solo dan PSG Pati

Link live streaming dua laga perdana Liga 2 2021 dari Grup C antara Persis Solo vs AHHA PS Pati, lanjut PSCS Cilacap vs PSIM Yogyakarta

Liga 2

Minggu, 26 September 2021

Prediksi Laga Tersisa Pekan Pertama Liga 2 2021 Grup C: Persijap-Hizbul Wathan Cari Bekal

Pertandingan pekan pertama Grup C Liga 2 2021 akan mempertemukan Persijap Jepara melawan Hizbul Wathan FC, Senin (27/9/2021).

Liga 1

Minggu, 26 September 2021

Prediksi Tira Persikabo vs Persib: Maung Bandung Diiringi Masalah

Berikut ini prediksi pertandingan pekan keempat Liga 1 2021-2022 antara Tira Persikabo melawan Persib Bandung.

Liga 1

Minggu, 26 September 2021

Best XI Pekan Keempat Liga 1 2021-2022: Pemain Lokal dan Asing Berimbang

Berikut ini best XI pekan ketiga Liga 1 2021-2022 versi Skor.id.
X