Skor 7: Pemain Terbaik Piala Indonesia Sejak 2005-2018, Ada Anomali pada 2007

7 Agustus 2022, 19:20 WIB
Penulis: Hanputro Widyono
Editor: Estu Santoso
Cover Sejarah Piala Indonesia
Cover Sejarah Piala Indonesia /Grafis: Hendy/Skor.id

  • Pesepak bola lokal mendominasi gelar Pemain Terbaik Piala Indonesia sejak 2005-2018.
  • Bambang Pamungkas jadi satu-satunya pesepak bola yang gagal mengantarkan timnya juara, tapi dianugerahi gelar Pemain Terbaik Piala Indonesia.
  • Zulham Zamrun menjadi satu-satunya pemain yang sukses meraih gelar juara, top skor, dan pemain terbaik di sepanjang gelaran Piala Indonesia.

SKOR.id - Sejak pertama kali dihelat, Piala Indonesia selalu memberikan penghargaan kepada pemain-pemain yang memiliki kontribusi maksimal bagi klub yang dibelanya.

Selain gelar top skor, Piala Indonesia juga memilih pemain terbaik di setiap musim penyelenggaraannya.

Jika gelar top skor memungkinan penerimanya lebih dari satu pemain, maka aturan tersebut tidak berlaku untuk pemain terbaik.

Hanya ada satu pemain terbaik dalam setiap penyelenggaraan Piala Indonesia. Artinya, sudah ada tujuh pemain yang menerima penghargaan tersebut.

Berikut Skor.id sajikan ulasan singkat terkait pemain-pemain penerima gelar pemain terbaik di Piala Indonesia sejak 2005-2018.

1. Firman Utina

Firman Utina saat membela tim nasional Indonesia di ajang Piala Asia 2007.
Firman Utina saat membela tim nasional Indonesia di ajang Piala Asia 2007. Ady Sesotya/Skor.id

Gelandang timnas Indonesia era 2001-2014 ini merupakan pemain pertama yang menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Indonesia 2005.

Waktu itu, ia memperkuat Arema. Firman Utina dapat dikatakan menjadi pahlawan bagi Arema Malang di final Piala Indonesia 2005.

Ia tampil sebagai starter dan mengenakan nomor punggung 15. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Arema tertinggal dua kali oleh Persija.

Namun Firman Utina dan kolega tak menyerah. Firman Utina tampil luar biasa karena sukses mencetak dua gol untuk membawa Arema FC berbalik unggul 3-2 atas Persija.

Pertandingan pun akhirnya harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu karena Arema kebobolan pada menit ke-89 oleh Kurniawan Dwi Yulianto.

Firman Utina benar-benar menjadi pembeda. Enam menit babak tambahan waktu berjalan, ia mengoyak gawang Persija untuk ketiga kalinya.

Skor 4-3 untuk kemenangan Arema FC bertahan hingga bubaran.

Mencetak tiga gol di final dan kontribusinya untuk Arema sepanjang turnamen membuat Firman Utina layak diganjar gelar individual pemain terbaik Piala Indonesia 2005.

2. Aris Budi Prasetyo

Arema Malang kembali meraih sukses di Piala Indonesia 2006 dengan keluar sebagai juara. Aris Budi Prasetyo merupakan salah satu pemain kunci di tim Singo Edan.

Pemain bernomor punggung 18 ini mengikuti jejak Firman Utina dengan mencatatkan namanya menjadi pemain terbaik Piala Indonesia 2006.

Di final Piala Indonesia 2006, Aris Budi Prasetyo bahu-membahu bersama Leo Soputan, Alex Pulalo, dan Andela Antangana.

Meski berposisi sebagai bek, ia memiliki kelihaian dalam mengeksekusi penalti. Aris Budi Prasetyo pun mencetak gol pembuka Arema ke gawang Persipura melalui titik penalti.

Arema akhirnya menahbiskan kembali menjadi juara Piala Indonesia 2006 setelah menang 2-0 atas Persipura. Gol kedua Arema dicetak Anthony Jomah Ballah.

Arema menyempurnakan trofi juaranya karena Aris Budi Prasetyo terpilih menjadi pemain terbaik dan Emaleu Serge menjadi top skor Piala Indonesia 2006.

3. Bambang Pamungkas

Penyerang Persija. Pedro Velazquez (nomor 25), mengangkat Bambang Pamungkas (kanan) saat merayakan gol dalam ISL 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.
Penyerang Persija. Pedro Velazquez (nomor 25), mengangkat Bambang Pamungkas (kanan) saat merayakan gol dalam ISL 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. (Media Persija)

Jika dua musim sebelumnya gelar pemain terbaik selalu diraih oleh pemain dari tim juara, anomali terjadi pada gelaran Piala Indonesia 2007.

Bambang Pamungkas yang membela Persija Jakarta justru terpilih menjadi pemain terbaik ketimbang pilar Sriwijaya FC yang menjadi juara.

Waktu itu, perjuangan Bambang Pamungkas dan kolega harus terhenti di semifinal karena kalah dari Persipura dengan skor 2-3.

Terlepas dari itu, Bambang Pamungkas menciptakan empat gol di Piala Indonesia 2007, termasuk golnya ke gawang Persipura di semifinal.

4. Anoure Obiora

Striker asal Nigeria, Anoure Obiora, menjadi pesepak bola asing pertama yang mendapat gelar sebagai pemain terbaik Piala Indonesia, yakni untuk musim 2008-2009.

Musim itu merupakan musim kedua Anoure Obiora bersama Sriwijaya FC. Ia merupakan bagian dari Sriwijaya FC ketika menjuarai Piala Indonesia 2007.

Jika dihitung dari jumlah gol, koleksi Anoure Obiora tidak kalah dibandingkan striker Sriwijaya FC lain, Keith Kayamba Gumbs, yakni sama-sama membukukan enam gol.

Namun Anoure Obiora konsisten menyumbangkan gol bagi Sriwijaya FC mulai perempat final hingga babak final.

Ia merupakan satu-satunya pencetak gol Sriwijaya FC ke gawang Persipura dalam laga final.

Dalam laga final yang berlangsung pada 28 Juni 2009, Sriwijaya akhirnya dinyatakan menang 4-0 atas Persipura karena tim berjulukan Mutiara Hitam itu melakukan aksi walkout pada menit ke-60.

5. Keith Kayamba Gumbs

Mantan pemain Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs.
Mantan pemain Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs. Dok. Keith Kayamba Gumbs/Instagram

Sriwijaya FC kembali menjadi juara Piala Indonesia 2010 dan menjadi tim pertama yang meraih tiga gelar secara beruntun.

Keith Kayamba Gumbs yang berasal dari negara Kepulauan Karibia, Saint Kitts dan Nevis ini dianugerahi gelar pemain terbaik Piala Indonesia 2010.

Di laga final Piala Indonesia 2010 yang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Keith Kayamba mencetak gol pembuka ke gawang Arema FC.

Sriwijaya FC memastikan kemenangan dengan skor 2-1 setelah Pavel Solomin mencetak gol penentu pada menit ke-80.

6. Dian Irawan

Gelandang asal Bogor ini mendapat predikat sebagai pemain terbaik Piala Indonesia 2012 setelah mengantarkan Persibo Bojonegoro menjadi kampiun.

Persibo mengalahkan Arema di perempat final, lalu menaklukkan PPSM Magelang saat semifinal, dan menumbangkan Semen Padang di final.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, gol semata wayang Persibo ke gawang Semen Padang dicetak oleh Dian Irawan.

7. Zulham Zamrun

Zulham Zamrun berpose dengan sejumlah alat olahraga yang menemaninya latihan mandiri selama jeda Liga 1 2020.
Zulham Zamrun berpose dengan sejumlah alat olahraga yang menemaninya latihan mandiri selama jeda Liga 1 2020. Dok. Zulham Zamrun

Pemain asal Ternate ini merasakan kegembiraan berlipat ketika membawa PSM Makassar menjadi juara Piala Indonesia 2018 yang selesai pada 2019.

Gelar PSM semakin lengkap karena Zulham Zamrun meraih gelar individual sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak Piala Indonesia 2018.

Deretan gol Zulham Zamrun mewarnai perjalanan PSM dari babak 64 besar hingga laga final. Tiga gol dia cetak ke gawang Persiter Ternate dan satu kali membobol Kalteng Putra.

Saat PSM menang atas Badak Lampung FC, dia membuat hat-trick. Kemudian, masing-masing satu gol dicetak ke gawang Bhayangkara FC, Madura United, dan Persija.

Berita Piala Indonesia Lainnya:

Skor 8: Top Skor Piala Indonesia Sejak 2005 hingga 2018-2019, Ada Pesepak Bola Lokal

Ketua Umum PSSI Beber Tujuan Penyelenggaraan Piala Indonesia 2022-2023

PSSI akan Gelar Piala Indonesia 2022 mulai Agustus, Arema FC Bersuara

 

  • Sumber: Wikipedia, rsssf.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga 1

    Minggu, 18 Juli 2021

    Bambang Pamungkas Membuat Trigol di Piala Indonesia Hari Ini, 11 Tahun Silam

    Pada 11 tahun lalu dan tepat hari ini, Minggu (18/7/2021), Bambang Pamungkas mencetak trigol atau hat-trick di laga Piala Indonesia 2010.

    Liga 1

    Rabu, 21 Juli 2021

    Eks Bek PSM Makassar Lelang Medali Emas Piala Indonesia 2018

    Mantan bek PSM Makassar, Munhar, melelang medali emas Piala Indonesia 2018 yang dimilikinya melalui Instagram.

    Nusantara

    Selasa, 31 Mei 2022

    Piala Indonesia Punya Peluang Besar Dilaksanakan pada 2022

    Pelaksanaan Piala Indonesia yang inkonsisten tampaknya akan dipupus pada musim 2022.

    Bola Nasional

    Selasa, 31 Mei 2022

    Ketua Umum PSSI Segera Kaji Peluang Penyelenggaraan Piala Indonesia Musim Ini

    Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan bahwa pihaknya akan terus mengkaji penyelenggaraan ajang Piala Indonesia pada musim ini.

    Terbaru

    Nusantara

    Jumat, 9 Desember 2022

    FFI U-20 Championship 2022: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

    Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen FFI U-20 Championship U-20 2022 yang terus diperbaharui seiring berjalannya turnamen.

    Nusantara

    Jumat, 9 Desember 2022

    Update Bursa Transfer Liga Futsal Indonesia Musim 2022 Lengkap

    Berikut ini Skor.id menyajikan update aktivitas klub Pro Futsal League 2022 di bursa transfer Liga Futsal Indonesia yang akan terus diupdate.

    Nusantara

    Rabu, 7 Desember 2022

    Mantan Wasit FIFA Resmi Jadi Kepala Desa Damarwulan di Kediri

    Mantan wasit FIFA, Purwanto, terpilih menjadi Kepala Desa Damarwulan, di Kabupaten Kediri.

    Nusantara

    Rabu, 7 Desember 2022

    Sederet Penjaga Gawang Legendaris Timnas Indonesia Ikut Kursus Pelatih Kiper AFC B

    PSSI menggelar kursus pelatih kiper AFC B 2022 di Sleman, Yogyakarta, yang diikuti oleh beberapa nama legendaris.

    Nusantara

    Rabu, 7 Desember 2022

    Lord Rangga Wafat, Petinggi Sunda Empire yang Sempat Jadi Manajer Klub Liga 3

    Lord Rangga meninggal dunia, pria yang dikenal sebagai petinggi Sunda Empire dan sempat jadi manajer klub Liga 3

    Nusantara

    Senin, 5 Desember 2022

    Skor 5: Klub yang Berganti Nama untuk Menghadapi Pro Futsal League 2022

    Berikut ini Skor.id menyajikan lima klub yang berganti nama pada persiapannya untuk menghadapi Pro Futsal League 2022.

    Nusantara

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Elkan Baggott Cedera, Gillingham FC Tumbang di Kandang Sendiri

    Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott, mengalami cedera saat memperkuat Gillingham FC dalam laga League Two versus Salford City, Sabtu (3/12/2022).

    Nusantara

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Erick Thohir Bicara Kans Maju Bursa Calon Ketum PSSI

    Erick Thohir akan mempertimbangkan maju sebagai calon Ketum PSSI jika mendapat banyak dukungan.

    Nusantara

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Persiapan Pro Futsal League 2022, Pelindo FC Resmi Merger dengan Mutiara FC

    ´╗┐Pelindo FC resmi melakukan merger dengan Mutiara FC untuk Pro Futsal League 2022 pada Sabtu (3/12/2022).

    Nusantara

    Sabtu, 3 Desember 2022

    Gelar Workshop Career & Coaching Clinic, ASBWI Perkenalkan Peluang Karier di Sepak Bola

    ASBWI menggelar Workshop Career & Coaching Clinic di SMA Budi Cendekia Islamic School untuk mengenalkan ke siswi soal peluang karier.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X