Skor 5: Pemain Kunci Bintang Timur Surabaya Menjuarai Piala AFF Futsal Antarklub 2022

11 September 2022, 20:00 WIB
Penulis: Taufani Rahmanda
Editor: Taufani Rahmanda
Cover Bintang Timur Surabaya Juara
Cover Bintang Timur Surabaya Juara /(Grafis Yusuf/Skor.id)

SKOR.id - Tim asal Indonesia, Bintang Timur Surabaya, memastikan diri jadi juara Piala AFF Futsal Klub 2022, Sabtu (10/9/2022).

Keberhasilan yang dicatatkan Bintang Timur di Thailand itu tidak lepas dari kontribusi semua elemen, utamanya seluruh pemain.

Meski begitu, terdapat lima pemain yang dinilai Skor.id memiliki kontribusi besar sehingga akhirnya tim bisa keluar sebagai kampiun.

Berikut ini uraian dari pemain-pemain yang menjadi kunci keberhasilan Bintang Timur menjuarai Piala AFF Futsal Antarklub 2022:

Edison Machado

Edison Machado atau Neguinho (11 putih) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022.
Edison Machado atau Neguinho (11 putih) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Pemilik nama lengkap Edison Machado Coelho ini tampil luar biasa, melanjutkan performa impresifnya di Pro Futsal League 2021.

Ia tampil solid saat bertahan, menjadi benteng yang sulit dilewati, dan mengatur serangan dengan cerdas yang memanjakan rekan-rekannya.

Anchor yang punya nama lain Neguinho ini juga tak jarang terlibat pada serangan yang dibangun dengan memberikan tusukan.

Ia juga kerap melepas sepakan keras yang memecah kebuntuan. Lima gol dicetaknya, termasuk dua di antaranya saat laga final.

Samuel Eko

Samuel Eko (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022.
Samuel Eko (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Walau di awal Piala AFF Futsal Antarklub 2022 harus puas "digeser" menjadi bagian paketan tim ketiga, ia tetap tak kehilangan taring.

Samuel Eko terus menunjukkan ketajamannya dan tampil baik menahan bola saat memerankan peran sebagai target man di depan.

Pemain berposisi pivot ini pun akhirnya kembali menjadi salah satu pemain yang paling sering diandalkan pelatih Hector Souto.

Ia akhirnya keluar sebagai top skor turnamen, meski berstatus bersama, sebab ada dua pemain yang mencetak sembilan gol.

Andri Kustiawan

Andri Kustiawan (depan) merayakan golnya bersama Ardiansyah Runtuboy saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022.
Andri Kustiawan (depan) merayakan golnya bersama Ardiansyah Runtuboy saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Pemain lain yang dimaksud, yang juga meraih gelar top skor Piala AFF Futsal Antarklub 2022 adalah rekan setimnya yakni Andri Kustiawan.

Kesuburan yang diperlihatkan di Pro Futsal League 2021 meski jarang dapat kesempatan main membuatnya lebih dipercaya di turnamen itu.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh Andrew, sapaan akrabnya, untuk terus mendulang gol demi gol dan membantu timnya menang.

Pemain yang memiliki julukan The Tractor ini tampil sangat baik sebagai pivot yang kerap melebar membuka ruang dan memperkaya warna permainan.

Nazil Purnama

Nazil Purnama (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022.
Nazil Purnama (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Nazil Purnama sempat salah mengambil keputusan di awal bergulirnya Piala AFF Futsal Antarklub 2022 yakni kerap maju dan berujung kebobolan.

Namun setelahnya ia terus belajar dan membuktikan masih layak menjadi kiper utama Bintang Timur dan bahkan dipanggil ke timnas futsal Indonesia.

Penjaga gawang berusia 30 tahun ini tampil sangat baik dalam melindungi gawangnya dan melakukan berbagai saves sepanjang turnamen.

Hingga pada akhirnya, tak hanya membantu Bintang Timur juara, ia pun mendapat penghargaan Kiper Terbaik Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

Alfajri Zikri

Alfajri Zikri (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022.
Alfajri Zikri (hijau) saat membela Bintang Timur Surabaya pada Piala AFF Futsal Antarklub 2022 di Thailand, September 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Namanya memang tak semenonjol empat pemain lainnya, namun Alfajri Zikri dinilai Skor.id memiliki peran yang sangat besar.

Meski awalnya ia dikembalikan ke posisi aslinya, flank, Hector Souto kemudian kembali menggesernya untuk memainkan peran pivot.

Itu tidak lepas dari belum maksimalnya adaptasi Vahid Shafiei dan pemain asing pinjaman dari Cosmo JNE FC itu pun mengalami cedera.

Alhasil Alfajri Zikri mendapatkan kesempatan yang lebih besar dan dimaksimalkan dengan baik dengan "gaya petarung" yang dimilikinya.

Baca Juga Berita Futsal Lainnya:

Piala AFF Futsal Antarklub 2022: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

Piala Asia Futsal 2022: Jadwal, Hasil, dan Klasemen Lengkap

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Nusantara

    Minggu, 11 September 2022

    Piala AFF Futsal Antarklub 2022: Jadwal, Hasil dan Klasemen Lengkap

    Berikut ini jadwal, hasil, dan klasemen lengkap Piala AFF Futsal Antarklub 2022 yang terus diperbaharui seiring jalannya turnamen.

    Nusantara

    Jumat, 9 September 2022

    Skor 5: Debutan di Timnas Futsal Indonesia yang Mencuri Perhatian di MNC Cup 2022

    Berikut ini pemain debutan di timnas futsal Indonesia yang mencuri perhatian di MNC International Futsal Cup 2022 versi Skor.id.

    Nusantara

    Sabtu, 10 September 2022

    Skor 5: Pemain Timnas Futsal Indonesia yang Menonjol di MNC International Futsal Cup 2022

    Berikut ini lima pemain timnas futsal Indonesia yang dinilai tampil menonjol di MNC International Futsal Cup 2022 versi Skor.id.

    Nusantara

    Sabtu, 10 September 2022

    Bintang Timur Surabaya Juara Piala AFF Futsal Antarklub 2022, Bungkam Tuan Rumah

    Inilah hasil dan jalannya laga Hongyen Thakam vs Bintang Timur Surabaya di final Piala AFF Futsal Antarklub 2022.

    Terbaru

    Nusantara

    Rabu, 30 November 2022

    KSN ke-2 Piala Mochammad Yana Aditya Sukses Digelar, Empat Tim Keluar sebagai Juara

    Kejuaraan Sepak Bola Nasional (KSN) ke-2 Piala Mochammad Yana Aditya sukses digelar pada Selasa-Rabu (29-30/11/2022).

    Nusantara

    Selasa, 29 November 2022

    Witan Sulaeman Cetak Gol, AS Trencin Menang Telak dan Puncaki Grup B Tipsport Cup 2022

    Pemain timnas Indonesia, Witan Sulaeman, kembali menambah pundi-pundi golnya bersama AS Trencin.

    Nusantara

    Selasa, 29 November 2022

    Update Bursa Transfer Liga Futsal Indonesia Musim 2022 Lengkap

    Berikut ini Skor.id menyajikan update aktivitas klub Pro Futsal League 2022 di bursa transfer Liga Futsal Indonesia yang akan terus diupdate.

    Nusantara

    Senin, 28 November 2022

    Jadwal Lengkap KSN Ke-2 Piala Mochammad Yana Aditya

    Berikut ini Skor.id menyajikan jadwal lengkap turnamen KSN Ke-2 Piala Mochammad Yana Aditya.

    Nusantara

    Senin, 28 November 2022

    Egy Maulana Vikri Bermain Empat Menit, Pelatih ViOn Zlatemoravce Puas

    Egy Maulana Vikri bermain 4 menit dalam pertandingan tandang FC ViOn Zlate Moravce melawan MFK Ruzomberok.

    Nusantara

    Sabtu, 26 November 2022

    Presiden Jokowi Minta FFI Hadirkan Event Internasional Futsal di Indonesia

    Presiden RI Joko Widodo meminta FFI bisa menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah event internasional futsal.

    Nusantara

    Jumat, 25 November 2022

    Hary Tanoesoedibjo Umumkan FFI Segera Gelar Piala Presiden untuk Futsal

    Setelah kembali terpilih menjadi Ketua Umum FFI, Hary Tanoesoedibjo mengumumkan pihaknya akan menggelar Presiden Futsal Cup.

    Nusantara

    Kamis, 24 November 2022

    Butuh Pengalaman, Akedemi RCD Espanyol Ikut Turnamen Usia Muda di Jakarta

    Akademi RCD Espanyol ikut berpartisipasi dalam turnamen usia muda Asiana Cup 2022, yang digelar di Indonesia.

    Nusantara

    Kamis, 24 November 2022

    Resmi, Hary Tanoesoedibjo Jabat Ketua Umum FFI untuk Kali Ketiga

    Hary Tanoesoedibjo dipercaya menjadi Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia untuk kali ketiga atau sejak 2014.

    Nusantara

    Rabu, 23 November 2022

    Apparel Resmi Timnas Indonesia Siap Gebrak Pasar Internasional

    Apparel resmi timnas Indonesia, Mills sedang bersiap membuat kejutan untuk menggebrak pasar international.
    X