QZF Sport Apparel, Pelopor Apparel asal Cianjur yang Eksis di Tingkat Nasional

12 Juni 2021, 19:00 WIB
Penulis: Hanputro Widyono
Editor: Taufan Bara Mukti
QZF Sport mendukung tim Perkesit Cianjur dengan menjadi apparel resmi klub untuk Liga 3 2020 yang gagal bergulir.
QZF Sport mendukung tim Perkesit Cianjur dengan menjadi apparel resmi klub untuk Liga 3 2020 yang gagal bergulir. /Dok QZF Sport

  • QZF Sport Apparel menjadi pelopor bermunculannnya brand-brand apparel di Cianjur.
  • QZF Sport menunjukkan eksistensinya dengan menjadi official apparel tim kontestan Liga 3, Persitara Jakarta Utara dan Perkesit Cianjur, pada 2020.
  • QZF Sport mengandalkan kekuatan silaturahmi dalam mencapai kesepakatan untuk menjadi apparel resmi tim-tim sepak bola di Indonesia.

SKOR.id - Apparel lokal asal Cianjur, QZF (Quality Zero Five) Sport Apparel mulai menunjukkan eksistensinya dengan menjadi official apparel tim kontestan Liga 3, Persitara Jakarta Utara dan Perkesit Cianjur, pada 2020.

Langkah tersebut diambil owner QZF Sport Apparel, Ceceng Hidayatulloh, untuk membuat brand apparelnya semakin dikenal masyarakat. Padahal QZF Sport sudah ia dirikan pada 5 Mei 2015.

Butuh waktu lima tahun bagi Ceceng untuk memberanikan diri mengambil kesempatan untuk menjadi apparel penyedia seragam tempur tim-tim sepak bola di kompetisi nasional.

Sebelumnya, QZF Sport lebih banyak melayani pesanan pembuatan jersey maupun menjadi penyedia seragam tim-tim di tingkat kota atau kabupaten.

"Kami 2020 mulai berani support-support tim liga. Sebelumnya kami cuma berani support-support buat tim kabupaten," kata Ceceng Hidayatulloh, saat dihubungi Skor.id, Sabtu (12/6/2021) siang.

Ceceng mengungkapkan, pada awal mula dirinya memutuskan untuk membuat brand apparel QZF Sport, di Cianjur belum ada apparel lokal yang khusus menyediakan baju-baju olahraga.

Maka QZF pun dapat dikatakan menjadi pelopor kemunculan apparel-apparel di Cianjur. Menurut Ceceng, saat ini di Cianjur sudah ada beberapa brand apparel yang berdiri.

"Dulu di Cianjur belum ada brand lokal khusus olahraga. Kebanyakan ke Bandung, termasuk saya kalau mau bikin jersey ke Bandung," kata Ceceng.

"Bisa dibilang kami pelopor buat apparel olahraga di Cianjur. Sekarang sudah ada beberapa," ujarnya menambahkan.

Dalam perjalanannya, QZF Sport percaya bahwa kekuatan silaturahmi dapat membuatnya berkembang dan bertahan di tengah persaingan industri apparel di Indonesia.

Silaturahmi yang terjalin baik tak hanya berguna untuk menambah teman atau kenalan baru, tapi ternyata juga dapat mengantarkan QZF Sport pada pintu rezeki.

Sejumlah pemain, artis, dan legenda sepak bola Indonesia berfoto bersama mengenakan jersey buatan QZF Sport.
Sejumlah pemain, artis, dan legenda sepak bola Indonesia berfoto bersama mengenakan jersey buatan QZF Sport. Bolatography

Situasi semacam itulah yang sering dialami QZF Sport, termasuk ketika apparel milik Ceceng itu bekerja sama dengan Persitara, Perkesit, Jakarta 69 FC, hingga timnas pelajar U-14 dan U-16.

Ceceng masih dapat mengingat orang-orang yang mengenalkannya dengan para pemilik klub, sehingga QZF Sport dapat menjadi apparel resmi tim-tim tersebut.

Saat QZF Sport menjalin kesepakatan dengan Persitara, Ceceng menyebut ada seorang temannya yang menjadi jembatan dengan pemilik klub berjulukan Laskar Si Pitung.

Setelah itu, hubungan Ceceng dan pemilik Persitara pun berjalan baik. Kedua belah pihak merasa nyaman meskipun pada 2020 Liga 3 gagal bergulir akibat pandemi Covid-19.

"Yang pasti karena kami menjadi apparel resmi tim liga, kami persiapkan segala rupa. Alhamdulillahnya, yang punya Persitara baik banget," ucap Ceceng.

"Dia enggak membebani QZF harus bagaimana-bagaimana, enggak minta ini minta itu juga. Santai begitu, jadi enak juga buat kami untuk mengurus masalah royalti dan lain-lain," katanya menambahkan.

Poster peresmian kerja sama antara QZF Sport dengan Persitara Jakarta Utara.
Poster peresmian kerja sama antara QZF Sport dengan Persitara Jakarta Utara. Dok QZF Sport

Saat ini, mereka tengah bersiap untuk menyambut gelaran Liga 3 2021 yang akan dimulai setelah Liga 1 dan Liga 2 resmi digulirkan.

QZF Sport mengaku telah menyiapkan desain jersey Persitara musim 2021. Bahkan, Ceceng telah menyerahkan contoh-contoh jersey Persitara musim 2021 kepada pihak manajemen.

"Sampel-sampel jersey 2021 sudah kami berikan ke pemilik Persitara, baik untuk jersey latihan, jersey tanding, kaus kaki, dan segala rupa," kata Ceceng.

Ceceng menjelaskan, alasannya tertarik mendukung Persitara yang bermain di Liga 3 yakni karena sejarah panjang klub kebanggaan NJ Mania di kompetisi sepak bola nasional.

Seperti yang diketahui, Persitara pernah berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia selama beberapa musim.

"Meskipun Persitara sekarang bermain di Liga 3, tapi tim ini punya sejarah di kompetisi sepak bola Indonesia," ucap Ceceng.

"Terus basis suporternya, North Jack itu lumayan banyak. Mungkin itu daya tarik saya untuk support Persitara," katanya menambahkan.

Jersey anyar Persib Legend 1994-1995 yang diproduksi QZF Sport.
Jersey anyar Persib Legend 1994-1995 yang diproduksi QZF Sport. Dok QZF Sport

Lebih lanjut, pekan lalu QZF Sport baru saja merilis jersey Persib Legend 1994-1995. Kesempatan QZF Sport menjadi penyedia jersey Persib Legend 1994-1995 sangat menyenangkan hati Ceceng.

Hal itu tak terlepas karena Ceceng merupakan seorang Bobotoh. Sejak kecil, ia sudah sering menyaksikan pertandingan-pertandingan Persib di stadion.

"Suatu kebanggaan buat saya bisa support Persib Legend. Soalnya saya bobotoh yang sering nonton ke stadion. Senang sekali," kata Ceceng.

Keberhasilan QZF Sport ditunjuk menjadi apparel resmi tim Persib Legend 1994-1995 diakui Ceceng juga tak lepas dari kebiasaannya bersilaturahmi.

Kerja sama QZF Sport dengan Persib Legend 1994-1995 diakui Ceceng memberi dampak signifikan terhadap eksistensi brand apparel miliknya.

"Berdampak banget. Sampai teman-teman apparel di Bandung juga bertanya-tanya kenapa QZF yang dapat. Mungkin ya kembali lagi faktor silaturahminya itu," kata Ceceng.

"Kalau saya jejaring-jejaringnya itu dari the power of silaturahmi. Alhamdulillah banyak yang percaya," ucapnya menambahkan.

Memasuki tahun ke tujuh tahun perjalanannya di industri apparel, QZF Sport terus berupaya berkembang dan terus menjajaki kemungkinan menjadi apparel resmi tim-tim sepak bola di Indonesia.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Jersey Lainnya:

5 Jersey Unik dalam Sejarah Piala Eropa: Dari Panah Belanda hingga Kombat 2000 Italia

Takut Sial, Chelsea Putuskan Pakai Jersey Musim Ini di Final Liga Champions

Jersey Tandang Arema FC Mengusung Tema Tanah para Kesatria

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Liga 1

    Kamis, 22 April 2021

    Rayakan HUT ke-54, Bupati Ajak Masyarakat Lamongan Pakai Jersey Persela

    Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi pun punya cara khusus dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-54 Persela.

    Nusantara

    Sabtu, 8 Mei 2021

    Cerita Reds Wearmerch di Balik Pembuatan Jersey Bersejarah Klub Lawas di Indonesia

    Reds! dikenal sebagai apparel lokal yang suka memproduksi jersey seremonial peringatan ulang tahun klub-klub lawas di Indonesia.

    Liga Inggris

    Jumat, 21 Mei 2021

    Liverpool Luncurkan Jersey Kandang 2021-2022, Terinspirasi Bill Shanky

    Desain jersey baru Liverpool terinspirasi skuat The Reds musim 1964, saat masih ditukangi Bill Shankly.

    Terbaru

    Nusantara

    Kamis, 5 Agustus 2021

    Rapor Pemain Indonesia di Liga Malaysia, Tengah Pekan Pertama Agustus 2021

    Liga Malaysia menggelar pertandingan pada tengah pekan pertama Agustus 2021, pemain dari Indonesia pun turut ambil bagian.

    Nusantara

    Rabu, 4 Agustus 2021

    5 Manfaat Bermain Futsal untuk Anak-anak, Tidak Hanya Menyehatkan

    Berikut ini Skor.id menguraikan manfaat bermain futsal untuk anak-anak.

    Nusantara

    Senin, 2 Agustus 2021

    Rapor Pemain Indonesia di Liga Malaysia 2021: Klub Saddil Ramdani Tahan Imbang Tim Peringkat Kedua

    Hasil berbeda diraih oleh tim yang dihuni oleh tiga pemain Indonesia di Liga Malaysia, Saddil Ramdani, Ryuji Utomo, dan Syahrian Abimanyu.

    Nusantara

    Senin, 2 Agustus 2021

    Pelatih Ansan Greeners Beberkan Alasan Mencadangkan Asnawi Mangkualam

    Pelatih Ansan Greeners, Ansan Greeners, punya pertimbangan untuk mencadangkan Asnawi Mangkualam Bahar.

    Nusantara

    Senin, 2 Agustus 2021

    Tanpa Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners Gagal Petik Kemenangan

    Pemain asal Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, tak bermain kala Ansan Greeners menjalani laga terbaru.

    Nusantara

    Minggu, 1 Agustus 2021

    Bambang Pamungkas Pernah Bobol Dua Kali Gawang Roda JC di Belanda saat Berusia 19 Tahun

    Bambang Pamungkas adalah salah satu striker potensial Indonesia dan sempat menjalani trial untuk klub Liga Belanda, Roda JC Kerkrade.

    Nusantara

    Minggu, 1 Agustus 2021

    Ryuji Utomo dan Natanael Siringoringo Bernasib Sama di Laga Terbaru Liga Malaysia

    Trio pemain Indonesia di Liga Malaysia 2021 dan dua di antaranya Ryuji Utomo serta Natanael Siringoringo bernasib kurang baik

    Nusantara

    Sabtu, 31 Juli 2021

    Total Sports, Apparel asli Klaten yang Punya Misi Khusus Bersama Sejumlah Klub Liga 3

    Pertumbuhan industri apparel lokal Indonesia cukup signifikan dan Total Sports asal Klaten salah satu "pemain" yang punya konsep menarik

    Nusantara

    Sabtu, 31 Juli 2021

    Bagus Kahfi Pascadebut dengan Jong Utrecht Ungkapkan Satu Hal Penting

    Pemain Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi telah merasakan tampil bermain dengan seragam Jong Utrecht dari kasta kedua Liga Belanda

    Nusantara

    Sabtu, 31 Juli 2021

    Pasoepati Football Academy Beri Beasiswa Bocah Yatim Piatu Korban Covid-19

    Pasoepati Football Academy yang berkedudukan di Sukoharjo, Jawa Tengah peduli pada Ananda Azhar Al Ghifari Putra.

    Terpopuler

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X