Jika Timnas Futsal Indonesia Ditangani Pelatih Tim Tiga Besar Pro Futsal League 2021

10 Maret 2022, 20:00 WIB
Penulis: Taufani Rahmanda
Editor: Taufani Rahmanda
Cover liputan khusus futsal.
Cover liputan khusus futsal. /Grafis Joevi/Skor.id

SKOR.id - Berikut ini uraian soal apa yang terjadi jika timnas futsal Indonesia ditangani pelatih dari tim di tiga besar Pro Futsal League 2021.

Pro Futsal League 2021 memang baru akan menyelesaikan paruh musim di akhir pekan ini. Tapi, siapa saja tim yang masuk big three sudah bisa ditentukan.

Para peserta yang masuk zona persaingan juara Pro Futsal League 2021 itu yakni Black Steel Manokwari, Bintang Timur Surabaya, dan Cosmo JNE FC Jakarta.

Bicara juru taktiknya, dua tim pertama ditangani pelatih asing. Black Steel ada Rakhpol Sainetngam (Thailand) dan Hector Souto (Spanyol) di Bintang Timur.

Sementara itu, Cosmo JNE jadi satu-satunya tim di tiga besar Pro Futsal League 2021 yang ditangani oleh juru taktik lokal yakni ada sosok Deny Handoyo.

Adapun hingga kini timnas futsal Indonesia masih belum punya pelatih kepala setelah berpisah dengan Kensuke Takahashi, meski sudah ditunggu berbagai agenda.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) kabarnya akan mengumumkan pelatih baru timnas futsal Indonesia saat Pro Futsal League 2021 menyelesaikan paruh pertama.

Dengan adanya jeda kompetisi, kian menguatkan rumor timnas futsal Indonesia akan ditangani oleh pelatih dari tim peserta Pro Futsal League 2021.

Karena itu, pada kesempatan ini, Skor.id coba mengulas perihal apa yang terjadi jika timnas futsal Indonesia ditangani pelatih dari tim-tim tiga besar.

Rakhpol Sainetngam

Rakhpol Sainetngam berpose dengan trofi Pro Futsal League 2020 usai membawa Black Steel juara
Rakhpol Sainetngam berpose dengan trofi Pro Futsal League 2020 usai membawa Black Steel juara

Pelatih yang akrab disapa Hamee ini merupakan kandidat kuat yang juga banyak disuarakan oleh suporter untuk bisa menangani timnas futsal Indonesia.

Harapan itu wajar terjadi, sebab ia terbukti bisa membawa Black Steel juara Pro Futsal League musim lalu dan di edisi kali ini terus tampil tangguh.

Timnas futsal Indonesia diprediksi bakal bermain "klasik" di bawah arahan layaknya Black Steel, namun tentu tetap bisa menuai hasil yang maksimal.

Seorang pivot akan benar-benar berada di depan saat tim menguasai bola, menjadi target man, sementara tiga pemain lainnya melakukan rotasi posisi.

Satu yang jadi kekuatan utama, pasukan Garuda bakal memiliki motivator ulung yang bisa memompa semangat juang pemain, terutama dalam kondisi terdesak.

Seperti diketahui, Rakhpol Sainetngam punya kemampuan untuk melecut semangat dan motivasi para pemainnya, seperti yang ditunjukkan di Black Steel.

Hector Souto

Pelatih Bintang Timur Surabaya, Hector Souto (kanan), sedang memberikan instruksi soal strategi dalam latihan tim dalam menghadapi Pro Futsal League 2021, Januari 2022.
Pelatih Bintang Timur Surabaya, Hector Souto (kanan), sedang memberikan instruksi soal strategi dalam latihan tim dalam menghadapi Pro Futsal League 2021, Januari 2022. Instagram Bintang Timur Surabaya/@bintangtimur_surabaya

Pelatih asal Spanyol ini baru menjalani musim debutnya di kompetisi Indonesia, namun sudah menunjukkan bahwa tidak ada masalah dalam hal adaptasi.

Apa yang diperlihatkan di Bintang Timur itu bisa jadi gambaran ia pun tak akan kesulitan jika dipercaya membangun kekuatan di timnas futsal Indonesia.

Di bawah arahan Hector Souto, pasukan Merah Putih diprediksi bakal lebih mengandalkan permainan kolektif ketimbang kemampuan individu pemainnya.

Itu telah ditunjukkannya di Bintang Timur, bahkan tak segan mencadangkan pemain dengan nama besar seraya Ardiansyah Runtuboy dan Andri Kustiawan.

Punya sudut pandang yang objektif membuat timnas futsal Indonesia asuhannya bisa jadi bakal diperkuat nama-nama baru yang kini sedang naik daun.

Deny Handoyo

Deny Handoyo, pelatih Cosmo FC pada musim 2020-2021, dan ini saat menangani SKN FC Kebumen dalam Pro Futsal League 2019.
Deny Handoyo, pelatih Cosmo FC pada musim 2020-2021, dan ini saat menangani SKN FC Kebumen dalam Pro Futsal League 2019. (Sumargo Pangestu/Skor.id)

Meski berstatus pelatih lokal, juru taktik yang akrab dikenal DH ini telah terbukti tajinya dan punya kapasitas untuk melatih timnas futsal Indonesia.

Seraya yang diperlihatkannya di Cosmo JNE, tim asuhan Deny Handoyo bakal bermain dengan tekanan tinggi atau high pressing sejak awal pertandingan.

Rotasi pemain terus dilakukan dan tentu itu bakal menjadi kekuatan yang besar untuk timnas futsal Indonesia jika nantinya ia yang dipilih oleh FFI.

Bersama Deny Handoyo, skuad timnas futsal Indonesia diprediksi akan mengalami "peremajaan", sebab ia tak segan mengandalkan pemain-pemain muda.

Artinya, para jebolan timnas futsal U-20 Indonesia punya kesempatan besar menjadi andalan. Apalagi banyak dari mereka mamang kini sudah kian matang.

Kekuatan lain yang tak bisa disepelekan adalah, di bawah arahan Deny Handoyo, timnas futsal Indonesia bakal punya skema power play yang mengerikan.

Pada Pro Futsal League 2021 telah dibuktikan bahwa skema power play "racikan" DH terus berkhasiat, Cosmo JNE kerap merasakan hasil manisnya.

Baca Juga Berita Futsal Lainnya:

Women Pro Futsal League 2021: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

Pro Futsal League 2021: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Tim Peserta

Hasil Drawing Piala AFF Futsal 2022: Timnas Futsal Indonesia Segrup Thailand dan Malaysia

 

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Nusantara

    Kamis, 10 Maret 2022

    Pro Futsal League 2021: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Tim Peserta

    Berikut ini Skor.id menyajikan jadwal, hasil, klasemen, dan profil klub peserta Pro Futsal League 2021.

    Nusantara

    Kamis, 10 Maret 2022

    Women Pro Futsal League 2021: Jadwal, Hasil, dan Klasemen

    Berikut ini Skor.id menyajikan jadwal, hasil, dan klasemen Women Pro Futsal League 2021.

    Nusantara

    Senin, 7 Maret 2022

    Update Top Skor Pro Futsal League 2021: Ardiansyah Runtuboy Ikut Bersaing

    Berikut ini Skor.id menyajikan persaingan yang tersaji pada daftar top skor sementara Pro Futsal League 2021 seusai pekan kesembilan.

    Nusantara

    Senin, 7 Maret 2022

    Update Top Skor Women Pro Futsal League 2021: Ikeu Rosita Pepet Insyafadya Salsabillah

    Berikut ini Skor.id menyajikan persaingan yang tersaji di daftar top skor sementara Women Pro Futsal League 2021.

    Terbaru

    Nusantara

    Rabu, 17 Agustus 2022

    PSAI Rencanakan Gelar Kompetisi Sepak Bola Amputasi di Indonesia agar Menjadi Industri

    Jika dibandingkan dengan ranah sepak bola umum, PSAI adalah PSSI di ranah sepak bola amputasi yang juga memiliki Asprov hingga Askab.

    Nusantara

    Selasa, 16 Agustus 2022

    Pro Futsal League 2021: Jadwal, Hasil, Klasemen, dan Profil Tim Peserta

    Berikut ini Skor.id menyajikan jadwal, hasil, klasemen, dan profil klub peserta Pro Futsal League 2021.

    Nusantara

    Selasa, 16 Agustus 2022

    Skor 7: Pelatih Lokal yang Mampu Membawa Timnya Juara Liga Futsal Indonesia

    Berikut ini Skor.id menyajikan para pelatih lokal yang sukses mengantarkan timnya meraih gelar juara di kasta tertinggi kompetisi futsal Indonesia:

    Nusantara

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skor 6: Pemain Kunci Bintang Timur Surabaya Menjuarai Pro Futsal League 2021

    Berikut ini Skor.id menyajikan lima pemain kunci di Bintang Timur Surabaya hingga berhasil menjadi kampiun Liga Futsal Indonesia musim ini.

    Nusantara

    Senin, 15 Agustus 2022

    Update Top Skor Pro Futsal League 2021: Diego Rodrigo Berpeluang Besar Raih Sepatu Emas

    Berikut ini update daftar pencetak gol terbanyak Pro Futsal League 2021 hingga selesai pekan ke-19, Minggu (14/8/2022) malam.

    Nusantara

    Senin, 15 Agustus 2022

    Buka Kompetisi Elite Pro Academy, Ketum PSSI Singgung Pemain Titipan

    Kompetisi usia muda, Elite Pro Academy (EPA), kategori U-18 2022 telah resmi mulai bergulir pada Senin (15/8/2022).

    Nusantara

    Senin, 15 Agustus 2022

    VIDEO: Debut Egy Maulana Vikri bersama Zlate Moravce di Liga Slovakia

    Cuplikan video penampilan Egy Maulana Vikri bersama tim barunya.

    Nusantara

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Jakarta Jadi Tempat Perhelatan Kompetisi Elite Pro Academy U-16 dan U-18

    Kompetisi usia muda, Elite Pro Academy U-16 dan U-18 akan kembali digelar PSSI.

    Nusantara

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Rekap Hasil Pro Futsal League 2021: Bintang Timur Surabaya Juara, Safin FC Degradasi

    Berikut ini rekap hasil dari empat pertandingan Pro Futsal League 2021 pada hari kedua pekan ke-19, Minggu (14/8/2022).

    Nusantara

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Turun ke Liga 3, KS Tiga Naga Lakukan TC di Medan dan Manajer Beri Penjelasan

    Tim asal Riau, KS Tiga Naga, telah melakukan persiapan mengarungi Liga 3 2022 dengan menggelar pemusatan latihan di Medan.
    X