Menpora Zainudin Amali Dukung Peningkatan Sport Science untuk Membangkitkan Olahraga Nasional

Menpora RI Zainudin Amali menjadi Keynote Speaker 6th International Conference of Physical Education and Sport Science (ICPESS) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta, Kamis (10/6) pagi.
Menpora RI Zainudin Amali menjadi Keynote Speaker 6th International Conference of Physical Education and Sport Science (ICPESS) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta, Kamis (10/6) pagi. /(DOK. KEMENPORA)

  • Menpora RI, Zainudin Amali, menjadi keynote speaker 6th International Conference of Physical Education and Sport Science (ICPESS) 2021.
  • Dalam orasinya, Menpora menyatakan dukungan terhadap penerapan sport science dalam pengembangan olahraga nasional.
  • Sport science juga diharapkan dapat mengembangkan kejujuran dan rasa kebersamaan antarsesama manusia.

SKOR.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, hadir dalam International Conference of Physical Education and Sport Science (ICPESS) 2021.

Acara bertajuk 'Active living through Exercise and Sport Science: Future Trend for Global Creativity and Sustainability' itu dihelat Universitas Negeri Jakarta pada Kamis (10/6/2021).

Zainudin Amali yang hadir sebagai keynote speaker menilai acara ini sebagai bentuk dukungan pada proses menuju tataran kehidupan baru (new normal), khususnya olahraga.

Dalam penyampaian materinya, Menpora mengingatkan kembali arti penting olahraga dalam kehidupan bermasyarakat.

Olahraga dinilai merupakan produk sosial dan budaya yang memiliki makna nyata bagi individu, komunitas, dan masyarakat.

"Melalui olahraga kita dapat membentuk masyarakat yang sehat, sportivitas individu, komunitas dan masyarakat, serta meningkatkan produktivitas suatu bangsa," ucapnya.

Pada era sekarang, olahraga tidak bisa dilepaskan dengan dukungan penuh sport science yang secara universal dapat diterapkan oleh semua negara.

Sport science dapat mengukur secara teknologi tentang pengembangan jiwa kejujuran dan rasa kebersamaan antarsesama.

"Kejujuran sangat diperlukan dalam perkembangan bangsa Indonesia sebagai negara berkembang," Menpora menambahkan.

"Pendidikan Jasmani mengajarkan tentang kesadaran lingkungan hidup dan melestarikan nilai-nilai kehidupan yang selalu dibutuhkan manusia."

"Pendidikan Jasmani juga berperan dalam membentuk jiwa nasionalisme dan kepribadian bangsa dengan falsafah Pancasila yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda," ujarnya.

Menpora Zainudin Amali/
Menpora Zainudin Amali/ Media Zainuddin Amali

Pada akhirnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga pun menyambut baik dan menyatakan dukungan sepenuhnya penyelenggaran konferensi ini.

"Saya berharap kegiatan besar ini tidak hanya merupakan pelaksanaan konferensi tetapi juga akan menghasilkan beberapa pemikiran," ujarnya.

"Semoga kebijakan yang akan diambil dan diimplentasikan oleh Kemenpora ke depan sudah berdasarkan hasil kajian para ahli Pendidikan Jasmani."

Adapun konferensi yang dihelat dari tanggal 10-13 Juni ini diikuti dari berbagai negara dan diisi oleh paparan para narasumber yang sangat berkompeten dibidang sport science.

Acara ini juga dihadiri ICPEES Founder and President, The Foundation for Global Community Health, Mr. Ming-kai Chin.

Para pejabat pemerintahan turut hadir dalam acara ini, seperti Nadiem Makarim (Mendikbud-Ristek), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Komarudin (Rektor Universitas Negeri Jakarta), serta Nadiroh (Direktur Pascasarjana UNJ).

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Skor.id (@skorindonesia)

Berita Kemenpora lainnya:

Menpora dan KONI Jamin Keamanan dan Kesehatan selama PON Papua 2021

Gelar Pelatihan Tenaga Keolahragaan, Kemenpora Berharap Peningkatan SDM

Ambil Bagian dalam Piala Wali Kota Solo, Persib Ingin Lampiaskan Kegagalan di Piala Menpora

  • Sumber: Kemenpora
  • X