Menangi Race 1, Andi Gilang Berpeluang Besar Juara SS600 ARRC

20 November 2022, 00:34 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Andi Gilang, Astra Honda Racing, harus bersaing ketat untuk memimpin Race 1 kelas SS600 Asia Road Racing Championship di Sirkuit Buriram, Thailand.
Andi Gilang, Astra Honda Racing, harus bersaing ketat untuk memimpin Race 1 kelas SS600 Asia Road Racing Championship di Sirkuit Buriram, Thailand. /Asia Road Racing Championship

  • Pembalap Indonesia Andi Farid Izdihar alias Andi Gilang berhasil memenangi Race 1 kelas SuperSports 600cc (SS600) pada putaran kelima Asia Road Racing Championship (ARRC).
  • Tambahan 25 poin di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Sabtu (19/11/2022)  membuatnya mendekati puncak klasemen.
  • Menjelang balapan terakhir, Minggu (20/11/2022), Md  Helmi Azman, Andi Gilang, dan Nakarin Atiratphuvapat masih berpeluang merebut gelar SS600 ARRC musim ini.  

SKOR.id - Pembalap Astra Honda Racing Andi Gilang berhasil memenangi Race 1 kelas SS600 putaran kelima atau terakhir ARRC. Pada balapan berdurasi 12 lap tersebut, Honda CBR600RR geberan Andi Gilang mencatat total waktu 20:04,379 menit.

Andi Gilang unggul 1,050 detik atas pembalap Thailand Nakarin Atiratphuvapat (Honda Racing Thailand) yang finis di posisi kedua dan 1,204 detik dari rider Malaysia Azroy Hakeem Anuar (Boon Siew Honda Racing Team) di peringkat ketiga.

Kemenangan tersebut membuat Andi Gilang mengoleksi 133 poin di posisi kedua. Dengan ia tertinggal hanya 14 poin dari Md Helmi Azman, rekan setim Hakeem Anuar, yang hanya mampu merebut 7 poin karena finis P9 pada Race 1.

Hasil Race 1 juga membuat persaingan perebutan gelar SS600 ARRC 2022 tetap melibatkan tiga pembalap. Atiratphuvapat yang berada di peringkat ketiga klasemen hanya terpaut 23 poin dari Azman.

Race 1 dimulai dengan Kritchaporn Kaewsonthi (Honda Racing Thailand) menempati pole position sedangkan Andi Gilang start dari grid kedua diikuti Ratthapong Wilairot (Yamaha Thailand Racing Team) menggenapi tiga pembalap baris terdepan.

Begitu lampu start padam, Kaewsonthi langsung melesat diikuti Wilairot yang mampu merebut P2. Rekan setim Andi Gilang, Irfan Ardiansyah, merangsek ke P3. Andi Gilang yang turun dua tingkat berhasil naik ke P3 seusai lap 1.

 

Helmi Azman yang start dari grid ke-10 mampu naik ke P7 seusai lap 3. Saat Kaewsonthi terus berada di depan, Andi Gilang mampu mendekati Wilairot pada akhir lap 4.

Pada pertengahan lap 5, Andi Gilang berhasil melibas Kaewsonthi yang mulai kehilangan momentum. Wilairot lalu mengambil P2 dan mulai menekan Andi Gilang. Kemudian, beberapa kali saling balap, bertukar posisi hingga pembalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu mampu melibas Wilairot pada akhir lap 6.

Atiratphuvapat yang berada di P3 kemudian berhasil memperkecil gap dengan Wilairot dan Andi Gilang di depan. Nakarin sempat ke P1 pada akhir lap 8. Tetapi, Andi Gilang dan Wilairot tidak diam begitu saja sehingga ketiganya silih berganti berada di P1.

Pada lap terakhir, Andi Gilang berhasil memimpin atas Nakarin Atiratphuvapat dan Ratthapong Wilairot. Ia berhasil mempertahankan kecepatan dan posisinya hingga finis perdana.

“Balapan ini sangat berat. Saya lihat gap antarpembalap sangatlah dekat di semua lap. Saya berusaha menekan ke depan di tiga lap akhir dan berhasil mengunci P1 hingga finis,” ucap Andi Gilang seperti dikutip asiaroadracing.com.

“Saya ucapkan terima kasih pada anggota kru dan tim yang sudah bekerja sangat keras untuk kemenangan ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh teman dan keluarga yang sudah mendukung penuh saya. Saya akan berusaha menjadi tercepat lagi pada Race 2.”

Berita ARRC Lainnya:

Jelang Seri Terakhir, Para Pembalap AHM Asal Indonesia Siap Perebutkan Gelar ARRC 2022   

Pembalap Astra Honda Racing Team Raih Podium di Asia Road Racing Championship 2022

Tag

Video

Berita Terkait

Otomotif

Rabu, 26 Januari 2022

Diundang Deddy Corbuzier, Andi Gilang Cerita Perjalanan Jadi Pembalap Internasional

Bagi penggemar balapan Tanah Air, nama Andi Gilang tentu tidak asing.

Motor

Sabtu, 5 November 2022

Pembalap Binaan Astra Honda Kibarkan Merah Putih di Podium Thailand Talent Cup

Pembalap belia Tanah Air mencetak prestasi pada ajang Thailand Talent Cup 2022.

Motor

Kamis, 10 November 2022

Tampil di Seri Penutup ATC Mandalika, Pembalap Astra Honda Siap Raih Podium

Para pembalap Indonesia binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) memasang target tinggi pada seri balapan pamungkas Asia Talent Cup 2022.

Terbaru

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Kembali ke Indonesia, ARRC Harapkan Kemitraan Jangka Panjang

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Sirkuit Mandalika, 11-13 Agustus 2023.

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Tiket WSBK 2023 Indonesia Sudah Mulai Dijual, Ada Promo Diskon hingga 75 Persen

MGPA menawarkan promo diskon mencapai 75% untuk penjualan tiket pre-sale WSBK 2023 mulai 12-30 Januari.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Bos Yamaha: WSBK adalah Alternatif Menarik bagi Sponsor

Bos tim Yamaha Paul Denning menjelaskan apa saja yang membuat WSBK bisa menjadi opsi menarik dari MotoGP untuk para sponsor.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Kevin Benavides Persiapkan Mental di Reli Dakar 2023, Julian Alvarez Menjadi Penambah Semangat

Kakak beradik Kevin dan Luciano Benavides harus berjuang ekstra-keras untuk bisa berpartisipasi dalam balapan Reli Dakar edisi ke-45 yang dimulai awal Januari lalu. Dalam wawancara dengan Infobae, kedua pembalap motor asal Argentina itu mengisahkan perjuangan mereka tahun ini, termasuk ketika mereka tidak sengaja berjumpa bintang sepak bola Argentina yang baru…

Motor

Minggu, 1 Januari 2023

Jonathan Rea Tak Mau Terlibat Polemik Batas Bobot Pembalap

Jonathan Rea tidak mau lagi lebih dalam bicara soal berat badan pembalap di World Superbike (WSBK) meskipun mengakui kondisi itu sangat menguntungkan.

Motor

Minggu, 25 Desember 2022

Pindahan dari MotoGP, Peluang Darryn Binder Juara Dunia Moto2 2023 Setara Rookie

Menurut Jurgen Lingg pekerjaan rumah utama Darryn Binder adalah beradaptasi dengan motor Moto2 2023.

Motor

Rabu, 21 Desember 2022

Jonathan Rea Ungkap Keinginan Gantung Helm dalam Waktu Dekat

Dengan usia yang tak lagi muda, pembalap WSBK Jonathan Rea mengungkap keinginannya pensiun dalam waktu dekat.

Motor

Jumat, 16 Desember 2022

Somkiat Chantra Sebut Kemenangan di GP Indonesia Membuatnya Berlinang Air Mata

Pembalap Thailand, Somkiat Chantra, melakoni musim yang cukup bagus di Moto2 2022.

Motor

Kamis, 15 Desember 2022

Tampil Lebih Konsisten Jadi Target Mario Suryo Aji Musim Depan

Mario Suryo Aji masih akan mengisi line up pembalap Honda Team Asia pada Moto3 2023.

Motor

Senin, 5 Desember 2022

KTM Siap Sabet Gelar Ke-19 pada Reli Dakar 2023

Red Bull KTM Factory Racing Team akan turun di Reli Dakar 2023 dengan tiga pereli top: Matthias Walkner, Toby Price, dan Kevin Benavides.
X