Tampil di TopSkor Cup Nasional 2022, Legenda Persipura Jayapura Ingin Pemerintah Papua Buka Mata

7 Juli 2022, 22:12 WIB
Penulis: Nizar Galang
Editor: Nizar Galang
Aksi Chris Yarangga ketika melatih SSB Nafri di TopSkor Cup Nasional U-16 2022
Aksi Chris Yarangga ketika melatih SSB Nafri di TopSkor Cup Nasional U-16 2022 /Dok. Liga Topskor/Nizar Galang

SKOR.id - Sososk Chris Leo Yarangga tentu tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola Papua. Legenda Persipura Jayapura itu kini menjadi pelatih SSB Nafri.

Jebolan skuat Primavera tahap kedua tahun 1994 itu ingin sepak bola Papua terus berkembang dan kembali menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk Timnas Indonesia.

"Saya terjun menjadi pelatih SSB berawal dari keinginan saya memberikan bibit pesepak bola yang handal untuk Indonesia, juga memberikan ilmu sepak bola kepada anak-anak Papua agar mereka bisa berkembang dengan permainan dan mental yang bagus," ucap Chris kepada redaksi Liga TopSkor.

Diketahui, Chris berhasil membawa SSB Nafri juara di Liga TopSkor U-16 2022, zona Papua.

Sebagai tim juara, SSB Nafri menjadi perwakilan tim untuk berlaga di TopSkor Cup Nasional U-16 musim 2022.

Namun perjuangan SSB Nafri harus terhenti di babak perempat final, usai dikalahkan Diklat ISA dengan skor 1-4 di Lapangan ATG, Sentul, Bogor, 23 Juni 2022 lalu.

Chris mengungkapkan kualitas SSB yang berlaga di TopSkor Cup Nasional musim ini sangat baik. Bahkan ia menilai dari segi permainan, kualitas timnya masih jauh di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan tim lainnya.

Kondisi itu dinilai Chris karena pembinaan sepak bola di Papua jauh tertinggal ketimbang di kota-kota besar di pulau Jawa.

Pemain Nafri (kanan) berusaha untuk menguasai bola dari hadangan pemain WTW TC (kanan) pada TopSkor Cup Nasional U-16 2022
Pemain Nafri (kanan) berusaha untuk menguasai bola dari hadangan pemain WTW TC (kanan) pada TopSkor Cup Nasional U-16 2022

"Tentu tim-tim disini (TopSkor Cup Nasional) mempunyai permainan sangat bagus, terlihat dari persiapan mereka yang sangat matang. Kalau ingin membedakan dengan di Papua tentu sangat jauh sekali," kata Chris.

"Perkembangan sepak bola muda di Papua sangat kurang. Pertama tidak banyak SSB disana, lalu tidak ada kompetisi juga untuk menampung para pemain muda ini mengasah skill mereka," ucapnya.

Adapun lelaki yang berhasil membawa Persipura promosi ke kasta tertingi pada 1993-1994 itu sangat bersyukur bahwa kompetisi Liga TopSkor kini bisa masuk ke Papua. 

"Saya bersyukur kompetisi Liga TopSkor sudah bisa masuk ke Papua. Maka dari itu setiap musim kini pesepak bola muda sudah mempunyai tujuan untuk terus mengembangkan kemampuannya, yaitu berlaga di Liga TopSkor Papua hingga Nasional nantinya," ungkapnya.

Chris percaya jika pembinaan sepak bola usia dini di Papua dapat perhatian khusus tentu talenta pemain muda disini akan terus menyumbangkan bibit yang unggul untuk Timnas Indonesia.

Diketahui, SSB Nafri kini sudah menyumbangkan dua pemain terbaiknya untuk berlaga di sepak bola profesional Indoneisa, yakni Israel Wamiau bersama Persipura dan Arjuna Agung dengan tim Persis Solo.

"Mungkin jika bisa tersampaikan, saya sendiri menghimbau untuk pemerintah Papua membuka mata agar kedepan lebih peduli dengan perkembangan sepak bola Papua," ujar Chris.

"Karena menurut saya Papua terus berkembang dan dikenal salah satunya melalui bakat hebat di dunia sepak bola."

Baca juga berita Liga TopSkor lainnya:

Liga TopSkor U-13 Pasuruan: Langsung Sengit di Pekan Pertama

PFA Sukoharjo, Tim Juara TopSkor Cup Nasional U-14 Ikut Sumbang Pemain untuk Timnas Indonesia dan Garuda Select

 

Tag

Video

Berita Terkait

Liga Top Skor

Selasa, 5 Juli 2022

Poborozsky Kureyp, Adik David dan Ramai Rumakiek Punya Cita-cita Bermain di Persija

Gelandang serang SSB Nafri U-16, Poborozsky Kureyp adalah salah satu pemain yang menjadi pusat perhatian di TopSkor Cup Nasional U-16 musim 2022.

Liga Top Skor

Selasa, 5 Juli 2022

Kuota Peserta Liga TopSkor Surakarta U-13 2022 Tinggal Sisa Tiga Tim

Liga TopSkor makin menjamur di banyak daerah. Terbaru ada Surakarta yang segera menggelar kompetisi usia dini dan usia muda ini.

Terbaru

Liga Top Skor

Rabu, 5 Oktober 2022

POTW Liga TopSkor U-13 2022-2023: Farid Agra Berharap Nasibnya seperti Ronaldo Kwateh

Pemain Tunas Gunung Putri, Farid Agra Al Hafiz terpilih jadi player of the week (POTW) pada pekan ketiga Grup Liga Olahbola Ellevate Liga TopSkor U-13 2022-2023.

Liga Top Skor

Rabu, 5 Oktober 2022

Liga TopSkor Karawang: Persaingan U-12 Tampak Sengit

Persaingan papan atas Liga TopSkor U-12 Karawang mulai ketat. Dua besar papan atas ditempati tim dengan nilai sama, 12.

Liga Top Skor

Selasa, 4 Oktober 2022

Timnas U-17 Indonesia: Lima Alumni Liga TopSkor Bobol Gawang Guam U-17, Arkhan Kaka Cetak Quatrick

Para pemain timnas U-17 Indonesia tak melakukan selebrasi yang berlebihan.

Liga Top Skor

Senin, 3 Oktober 2022

Sambut Maulid Nabi, Liga TopSkor Karawang Gelar Lomba Selawat

Setiap tim peserta Liga TopSkor Karawang musim ini diwajibkan mengirim pemain untuk mengikuti lomba.

Liga Top Skor

Minggu, 2 Oktober 2022

Hasil Liga TopSkor U-15 2022-2023: Diklat ISA Berbagi Poin dengan Fifa Farmel

Pelatih Diklat ISA, Kinan Putra mengaku kurang puas dengan hasil yang di dapat timnya pada lanjutan laga grup Skor Olahbola Ellevate Liga TopSkor U-15 2022-2023.

Liga Top Skor

Minggu, 2 Oktober 2022

Hasil Liga TopSkor U-15 2022-2023: Pelatih Cipta Gemilang Beberkan Faktor Kekalahan Timnya dari Erlangga

Dibawah hujan lebat, Cipta Gemilang gagal merebut kemenangan dari Erlangga pada lanjutan laga Olahbola Ellevate Liga TopSkor U-15 2022-2023.

Liga Top Skor

Minggu, 2 Oktober 2022

Hasil Liga TopSkor U-15 2022-2023: Bawa Pulang Satu Poin, Pelatih Telesandi Ungkap Permainan Timnya Sudah Maksimal

Telesandi harus puas berbagi angka setelah bermain imbang dengan MMJ Tangguh pada lanjutan laga Olahbola Ellevate Liga TopSkor U-15 2022-2023.
X