KTM Siap Sabet Gelar Ke-19 pada Reli Dakar 2023

5 Desember 2022, 23:00 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Tiga pereli tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing: Toby Price, Matthias Walkner, dan Kevin Benavides (ki-ka) siap turun di Reli Dakar 2023 sekaligus mengejar trofi ke-19 buat KTM di kategori sepeda motor.
Tiga pereli tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing: Toby Price, Matthias Walkner, dan Kevin Benavides (ki-ka) siap turun di Reli Dakar 2023 sekaligus mengejar trofi ke-19 buat KTM di kategori sepeda motor. /KTM Press Center

SKOR.idKTM mencatat sejarah di Reli Dakar dengan merebut 18 kemenangan secaara beruntun di kategori sepeda motor sejak 2001. Tetapi sejak 2019, mereka selalu takluk.

Tahun lalu, KTM tunduk dari pabrikan “saudara” mereka, GasGas lewat performa impresif Sam Sunderland. Dua tahun beruntun sebelumnya, KTM harus mengakui kehebatan Honda melibas padang gurun di Arab Saudi.

Untuk Reli Dakar edisi ke-45, tahun depan, tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing akan menurunkan tiga pereli motor top: Matthias Walkner asal Austria, Toby Price dari Australia, dan Kevin Benavides asal Argentina. 

Ketiga pereli yang akan menggeber KTM 450 Rally tersebut minimal sudah pernah memenangi satu gelar di Reli Dakar.

Matthias Walkner dari Red Bull KTM Factory Racing saat berlatih untuk menghadapi Reli Dakar 2023.
Matthias Walkner dari Red Bull KTM Factory Racing saat berlatih untuk menghadapi Reli Dakar 2023. KTM Press Center

Seusai mengalami cedera panjang, Walkner mengaku sudah hampir 100% fit. Pemenang Reli Dakar 2018, juga bersama KTM, tersebut siap untuk merebut gelar keduanya di reli paling berat di dunia itu.

Bagi Walkner, Reli Dakar 2023 akan menjadi lomba pertamanya sejak finis P3 pada Abu Dhabi Desert Challenge, akhir Februari sampai awal Maret 2022 lalu. Hasil finis Walkner itu sama seperti raihannya di Reli Dakar 2022 lalu.

“Senang bisa kembali ambil bagian di Reli Dakar. Saya dengar, penyelenggara sudah menyiapkan sejumlah rute berat untuk musim 2023. Saya kehilangan banyak lomba karena operasi bahu. Saya harap itu tidak menjadi masalah di Reli Dakar nanti,” ucap Walkner seperti dikutip dari laman ktm.com.

“Tentu saja target saya (di Reli Dakar 2023) adalah merebut kemenangan. Saya sadar dikelilingi tim yang hebat dan motor yang mampu bekerja baik. Semua tes dan pengembangan dilakukan bersama dan hasilnya bagus.

“Dakar selalu memunculkan kejutan. Tetapi saya merasa sudah sangat siap dan sudah tidak sabar untuk start,” tutur pereli berusia 36 tahun itu.

Pereli motor Tim Red Bull KTM Factory Racing Toby Price masih percaya memiliki kecepatan untuk bersaing memperebutkan gelar di Reli Dakar 2023.
Pereli motor Tim Red Bull KTM Factory Racing Toby Price masih percaya memiliki kecepatan untuk bersaing memperebutkan gelar di Reli Dakar 2023. KTM Press Center

Toby Price juga mengalami musim yang berat pada 2022 lalu. Ia tersingkir di Reli Dakar karena problm dengan road book. Selanjutnya, Price mengalami kecelakaan di Maroko yang memaksanya mundur dari Rally du Maroc, saat tengah bersaing memperebutkan kemenangan.

Pemnang Reli Dakar 2016 dan 2019 itu tahu benar segalanya bisa terjadi di reli. Ia pun sudah melupakan pengalaman buruk musim 2022 dan fokus ke Reli Dakar 2023. Price juga mengaku senang dengan pengembangan yang sudah dilakukan pada KTM 450 Rally.

“Di Dakar 2022, saya mengalami masalah dengan satu tanda di road book pada hari pertama. Kondisi tersebut menyulitkan saya untuk kembali bersaing dengan para pereli terdepan. Saya masih memiliki kecepatan tetapi kadang situasi berjalan tidak sesuai keinginan Anda,” ujar Price.

“Kami masih akan melakukan tes pada Desember ini sebelum libur sebentar untuk Natal. Saya lima kali finis podium di Dakar dan tahu memiliki kecepatan untuk menang. Semuanya harus berjalan seiring agar kami mampu bersaing untuk merebut gelar lagi.”   

Kevin Benavides (Red Bull KTM Factory Racing) optimistis dengan peluangnya untuk merebut gelar kedua di Reli Dakar pada 2023.
Kevin Benavides (Red Bull KTM Factory Racing) optimistis dengan peluangnya untuk merebut gelar kedua di Reli Dakar pada 2023. KTM Press Center
 

Kevin Benavides memenangi Reli Dakar 2021 bersama Honda. Tiga bulan setelah itu, KTM merekrut pereli berusia 33 tahun tersebut.

Sayang, pada Reli Dakar pertamanya di atas KTM Rally 450, Benavides tidak mampu menyelesaikan lomba. Kini, ia merasa sangat siap untuk turun pada Reli Dakar keduanya bersama KTM.

“Kami banyak melakukan perubahan pada motor sepanjang tes musim panas lalu. Hasilnya adalah podium di Atacama Rally dan torehan bagus di Maroko,” kata Benavides.

“Posisi kedua pada putaran terakhir tahun 2022 sungguh bagus dan benar-benar mendongkrak kepercayaan diri saya untuk menghadapi musim 2023.

“Saya sudah bekerja keras dengan pelatih sepanjang tahun mempersiapkan fisik dan mental untuk reli seberat dan sepanjang Dakar.”

Reli Dakar 2023 akan start pada 31 Desember nanti dengan etape Prolog yang pendek. Setelah itu, 14 etape berat harus dilibas para pereli sebelum finis pada 15 Januari 2023.  

Berita Reli Dakar Lainnya:

Reli Dakar 2022: Menangi Etape Kelima, Danilo Petrucci Ukir Sejarah 

Reli Dakar Makan Korban, Ledakan di Kolong Mobil Memicu Penyelidikan Terorisme 

 

 

 

 

Tag

Video

Berita Terkait

Otomotif

Kamis, 16 Desember 2021

Reli Dakar 2022: Sejarah Tercipta, 2 Pereli Wanita Arab Saudi Jadi Peserta

Sejarah tercipta pada ajang reli paling ganas, Dakar. Tepatnya edisi 2022 yang akan digelar 2-14 Januari mendatang.

Otomotif

Sabtu, 15 Januari 2022

Reli Dakar Kembali Makan Korban, Kepala Mekanik PH Sport Tewas akibat Kecelakaan

Reli Dakar 2022 menelan korban jiwa, yakni kepala mekanik PH Sport lantaran mengalami kecelakaan.

Otomotif

Jumat, 1 Juli 2022

Danilo Petrucci Pilih Istirahat di Reli Dakar 2023

Danilo Petrucci pastikan absen di Reli Dakar 2023 karena merasa butuh istirahat

Terbaru

Motor

Selasa, 31 Januari 2023

Luncurkan Motor Baru, Duo Pata Yamaha Optimistis Tatap WSBK 2023

Dua pembalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK, Toprak Razgatliogu dan Andrea Locatelli, tak sabar mengarungi WSBK 2023 dengan senjata anyar.

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Kembali ke Indonesia, ARRC Harapkan Kemitraan Jangka Panjang

Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 di Sirkuit Mandalika, 11-13 Agustus 2023.

Motor

Kamis, 12 Januari 2023

Tiket WSBK 2023 Indonesia Sudah Mulai Dijual, Ada Promo Diskon hingga 75 Persen

MGPA menawarkan promo diskon mencapai 75% untuk penjualan tiket pre-sale WSBK 2023 mulai 12-30 Januari.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Bos Yamaha: WSBK adalah Alternatif Menarik bagi Sponsor

Bos tim Yamaha Paul Denning menjelaskan apa saja yang membuat WSBK bisa menjadi opsi menarik dari MotoGP untuk para sponsor.

Motor

Rabu, 4 Januari 2023

Kevin Benavides Persiapkan Mental di Reli Dakar 2023, Julian Alvarez Menjadi Penambah Semangat

Kakak beradik Kevin dan Luciano Benavides harus berjuang ekstra-keras untuk bisa berpartisipasi dalam balapan Reli Dakar edisi ke-45 yang dimulai awal Januari lalu. Dalam wawancara dengan Infobae, kedua pembalap motor asal Argentina itu mengisahkan perjuangan mereka tahun ini, termasuk ketika mereka tidak sengaja berjumpa bintang sepak bola Argentina yang baru…

Motor

Minggu, 1 Januari 2023

Jonathan Rea Tak Mau Terlibat Polemik Batas Bobot Pembalap

Jonathan Rea tidak mau lagi lebih dalam bicara soal berat badan pembalap di World Superbike (WSBK) meskipun mengakui kondisi itu sangat menguntungkan.

Motor

Minggu, 25 Desember 2022

Pindahan dari MotoGP, Peluang Darryn Binder Juara Dunia Moto2 2023 Setara Rookie

Menurut Jurgen Lingg pekerjaan rumah utama Darryn Binder adalah beradaptasi dengan motor Moto2 2023.

Motor

Rabu, 21 Desember 2022

Jonathan Rea Ungkap Keinginan Gantung Helm dalam Waktu Dekat

Dengan usia yang tak lagi muda, pembalap WSBK Jonathan Rea mengungkap keinginannya pensiun dalam waktu dekat.

Motor

Jumat, 16 Desember 2022

Somkiat Chantra Sebut Kemenangan di GP Indonesia Membuatnya Berlinang Air Mata

Pembalap Thailand, Somkiat Chantra, melakoni musim yang cukup bagus di Moto2 2022.

Motor

Kamis, 15 Desember 2022

Tampil Lebih Konsisten Jadi Target Mario Suryo Aji Musim Depan

Mario Suryo Aji masih akan mengisi line up pembalap Honda Team Asia pada Moto3 2023.

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X