Juara Piala Menpora 2021, Bukti Regenerasi Persija Mulai Berjalan Optimal

14 Mei 2021, 09:00 WIB
Penulis: Furqon Al Fauzi
Editor: Taufani Rahmanda
Suka cita pemain Persija seusai mengalahkan Persib dalam leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion maguwoharjo, Kabupaten Sleman, 22 April 2021.
Suka cita pemain Persija seusai mengalahkan Persib dalam leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion maguwoharjo, Kabupaten Sleman, 22 April 2021. /Media Persija

  • Persija Jakarta menunjukkan regenerasi pemain di tim sudah berjalan optimal.
  • Setelah dibuktikan di Piala Menpora 2021, Persija bisa kian mengangkat para pemain mudanya pada Liga 1 2021-2022.
  • Namun berbagai langkah Persija masih tergantung pada format past dari Liga 1 2021-2022.

SKOR.id - Belum jelasnya format dan sistem kompetisi Liga 1 2021-2022 membuat sejumlah tim sedikit menahan pedal gas dalam mempersiapkan diri.

Terlebih, wacana kompetisi tanpa degradasi kian menguat dan menimbulkan pro dan kontra dari beberapa klub. Meskipun, mayoritas mendukung rencana tersebut.

Persija Jakarta menjadi salah satu tim yang belum secara resmi bersuara antara mendukung atau menolak rencana Liga 1 2021-2022 tanpa degradasi.

Meskipun, pembina Persija, Ardhi Tjahjoko dalam akun media sosial pribadinya telah menyuarakan penolakan Liga 1 digelar tanpa degradasi.

Menurutnya, jika liga digulirkan tanpa adanya degradasi, itu tak ubahnya seperti turnamen.

Kendati demikian, ada atau tidaknya degradasi pada Liga 1 mendatang, sudah seyogyanya Persija tetap memiliki target tinggi yakni juara.

Apalagi, dengan menyandang status juara Piala Menpora 2021, membuat Persija menjadi salah satu tim yang diunggulkan dalam perebutan makhota juara Liga 1 2021-2022.

Menyangkut komposi tim, tampaknya manajemen klub berjulukan Macan Kemayoran ini masih menunggu soal kepastian format dan sistem Liga 1 nanti.

Jika benar pada akhirnya Liga 1 tak menerapkan degradasi musim ini, besar kemungkinan Persija tak akan jorjoran dalam mendatangkan pemain.

Skuad di Piala Menpora 2021 dirasa cukup untuk bisa bersaing di papan atas. Sudah begitu, mereka juga akan memanfaatkan Liga 1 tanpa degradasi ini untuk mempercepat regenerasi di dalam tim.

Sejumlah pemain binaan mengantre untuk mendapatkan jam terbang lebih banyak. Nico Alfrianto, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, mulai mendapatkan kepercayaan di tim utama.

Persija juga masih memiliki sejumlah pemain muda potensial seperti Muhammad Ferarri, Salman Alfarid dan beberapa pemain muda yang turut didaftarkan pada Piala Menpora lalu.

Mereka di antaranya adalah kiper Cahya Supriadi, Raka Cahya, Reza Fauzan, Fajar Firdaus. dan alumni timnas U-16 dan U-19 Indonesia, Sutan Diego Zico.

Pemain Persija Braif Fatari (merah) yang coba dihadang pilar PSM Makassar, Hasim Kipuw dalam laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 22 Maret 2021.
Pemain Persija Braif Fatari (merah) yang coba dihadang pilar PSM Makassar, Hasim Kipuw dalam laga Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 22 Maret 2021. Media Persija

Rencana mengorbitkan banyak pemain muda di tim utama bisa berjalan jika pada akhirnya PSSI ketuk palu dan memutuskan Liga 1 musim ini tanpa degradasi.

Persija juga tampaknya tak perlu mengontrak pelatih bintang lima yang memiliki gaji selangit.

Salah satu alasan degradasi dihapus musim ini juga lantaran mayoritas tim mengaku masih kesulitan dalam hal finansial akibat pandemi Covid-19.

Meskipun kabarnya, Persija tengah melancarkan operasi senyap dalam membidik pelatih asing untuk menangani tim musim ini.

Sebab, melihat standar dalam regulasi bahwa pelatih tim Liga 1 harus mengantongi lisensi AFC Pro, Sudirman harus legowo kembali ke posisi aslinya sebagai pendamping atau asisten pelatih.

Atau Persija bisa saja merekrut pelatih lokal yang telah memiliki lisensi AFC Pro dan berkolaborasi dengan Sudirman dalam meracik tim.

Seperti diketahui ada beberapa pelatih yang telah mengantongi lisensi AFC Pro, namun belum memiliki tim, contohnya Iwan Setiawan.

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman pada konferensi pers usai menjuarai Piala Menpora 2021, di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa 27 April 2021.
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman pada konferensi pers usai menjuarai Piala Menpora 2021, di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa 27 April 2021. Media Persija

Pelatih yang dikenal kerap melontarkan komentar keras itu juga tak asing bagi Persija yang bermarkas di Kompleks Nirwana Park, Sawangan, Bojongsari, Depok.

Iwan Setiawan memulai karier kepelatihannya usai pensiun sebagai pemain dengan melatih Persija Junior pada 1997. Sedangkan tim senior, pada 2011-2012.

Akan tetapi jika kompetisi tetap digulirkan normal dengan adanya sistem degradasi, Macan Kemayoran diyakini bakal mendatangkan pelatih asing bertaraf internasional.

Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus mengatakan sejauh ini pihaknya masih menimbang sejumlah nama pelatih asing yang ditawarkan beberapa agen yang dikenal dengan manajemen Persija.

Rohit Chand Takuri (Persija)
Rohit Chand Takuri (Persija) Ady Sesotya/Skor.id

Regulasi pasti musim 2021-2022 menyangkut kuota pemain asing juga bakal memengaruhi komposisi skuad Macan Kemayoran.

Beredar wacana pula, kuota pemain asing di Liga 1 musim ini dipangkas menjadi 2 plus 1 Asia, dari sebelumnya 3 plus 1 Asia.

Itu artinya, jika itu diberlakukan, satu di antara Marco Motta, Yann Motta dan Marko Simic harus dikorbankan.

Satu-satunya pemain asing yang sudah aman hanya Rohit Chand, karena gelandang timnas Nepal ini memakai jatah pemain asing Asia.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Persija Lainnya:

Eksklusif Ezra Walian: Rivalitas Persib dan Persija Dianggapnya Normal

Sambangi Balai Kota, Persija Rayakan Juara Piala Menpora Bareng Anies Baswedan

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Komentar

    Berita Terkait

    Liga 1

    Kamis, 29 April 2021

    Sempat Tangisi Kesalahan, Sudirman Bocorkan Kunci Yann Motta Gacor Jaga Pertahanan Persija

    Bek anyar Persija Jakarta, Yann Motta turut membawa Persija menjuarai Piala Menpora 2021 dan rahasia suksesnya dibocorkan Sudirman

    Liga 1

    Rabu, 28 April 2021

    Presiden Persija Izinkan Para Pemain Asing Pulang ke Negaranya

    Seusai membawa Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021, para pemain asing dizinkan meninggalkan tim kembali ke negeri asal mereka

    Liga 1

    Jumat, 30 April 2021

    Persija Jakarta Akan Menarik Diri dari Liga 1 2021 jika Suporter Tak Taat Protokol Kesehatan

    Presiden Persija Jakarta, Mohammad Prapanca, mengingatkan seluruh pendukung tim untuk taat Prokes Covid-19.

    Liga 2

    Jumat, 30 April 2021

    Eks Gelandang Persija Ceritakan Awal Mula Bergabung ke Rans Cilegon FC

    Eks gelandang Persija Jakarta dan Persita Tengerang, Asri Akbar, masuk dalam skuad Rans Cilegon FC untuk mengarungi Liga 2 2021.

    Terbaru

    Liga 1

    Minggu, 13 Juni 2021

    Persib vs Persikabo: Ciro Alves Komentari Tidak Hadirnya Wander Luiz

    Striker Tira Persikabo, Ciro Alves berbicara soal absennya penyerang Persib, Wander Luiz.

    Liga 1

    Minggu, 13 Juni 2021

    Persib vs Persikabo: I Made Wirawan Akui Kebobolan Karena Adanya Kekuarangan

    Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan berbicara soal hasil laga uji coba lawan Tira Persikabo.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Tahan Persib di Latihan Bersama, Pelatih Persikabo Masih Belum Puas

    Persikabo 1973 menahan Persib Bandung pada latihan bersama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (12/6/2021).

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Perubahan Nama Klub Berpotensi Cederai Sporting Merit dan Integritas Kompetisi

    Fenomena perubahan nama klub yang belakangan kian marak terjadi di Indonesia harus diikuti dengan lahirnya regulasi khusus.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Persib Ditahan Imbang Persikabo, Robert Alberts Catat Sejumlah Hal Positif

    Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mendapat sejumlah catatan positif dari hasil laga uji coba melawan Persikabo 1973.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Presiden Persija Bicara Fasilitas untuk Angelo Alessio

    Persija Jakarta buka suara soal fasilitas yang akan diberikan kepada pelatih baru mereka, Angelo Alessio.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Dejan Antonic Rahasiakan Strategi PS Sleman dalam Laga Uji Coba

    Dejan Antonic tak ingin membocorkan strategi PS Sleman saat menjalani laga uji coba melawan klub-klub Liga 1.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Dejan Antonic Sebut 2 Target Utama PS Sleman Saat Jalani Laga Uji Coba di Cikarang

    Pelatih PS Sleman, Dejan Antonic, memiliki target khusus saat anak asuhnya menjalani dua laga uji coba di Cikarang, Jawa Barat.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Aji Santoso Buat ''Resep'' Khusus Agar Pemain Asing Persebaya Cepat Menyatu

    menuju Liga 1 musim baru, pelatih Persebaya Aji Santoso terus mengebut persiapan tim terutama soal memacu kekompakan pemain asing.

    Liga 1

    Sabtu, 12 Juni 2021

    Bepe dan Presiden Persija Satu Rasa Soal Angelo Alessio

    Presiden Persija Jakarta, Mohammad Prapanca, mengungkapkan rasa yang sama dengan Bambang Pamungkas soal Angelo Alessio.
    X