Hasil Semifinal French Open 2021: Barbora Krejcikova Melaju ke Final usai Menangi Duel Alot 198 Menit

11 Juni 2021, 01:51 WIB
Penulis: Doddy Wiratama
Editor: Doddy Wiratama
Barbora Krejcikova sukses memenangi duel sengit kontra Maria Sakkari pada semifinal French Open 2021 yang digelar di Lapangan Philippe-Chartier, Paris, Prancis pada Kamis (11/6/2021).
Barbora Krejcikova sukses memenangi duel sengit kontra Maria Sakkari pada semifinal French Open 2021 yang digelar di Lapangan Philippe-Chartier, Paris, Prancis pada Kamis (11/6/2021). /(twitter.com/rolandgarros)

SKOR.id - Duel alot tersaji di Lapangan Philippe-Chatrier, Paris, Prancis saat Maria Sakkari bersua Barbora Krejcikova pada semifinal French Open 2021, Kamis (10/6/2021).

Bagi Maria Sakkari maupun Barbora Krejcikova, menembus semifinal tunggal putri French Open 2021 jadi pencapaian tertinggi selama mengikuti turnamen tenis grand slam.

Sayangnya, hanya ada satu orang yang bisa melanjutkan mimpinya dengan melangkah lebih jauh di Roland Garros dan sosok itu adalah Barbora Krejcikova.

Petenis kelahiran Republik Ceko itu melaju ke final French Open 2021 setelah mengalahkan Maria Sakkari dengan skor 7-5, 4-6, 9-7 dalam waktu tiga jam 18 menit.

Set pertama dibuka dengan persaingan alot. Menariknya, kedua petenis mampu memenangi gim justru lewat break atau saat lawan memegang jatah servis.

Tren ini berlangsung hingga gim ketiga sebelum akhirnya Maria Sakkari melakukan hold yang membuatnya unggul dalam kedudukan 3-1.

Momentum pertandingan mendadak berubah saat Barbora Krejcikova mampu merebut empat gim berikutnya dan balik unggul dengan gap dua gim.

Sakkari yang lebih diunggulkan dari sang lawan lantas bereaksi. Ranking 17 WTA itu balik menekan hingga akhirnya kedudukan kembali sama kuat menjadi 5-5.

Memasuki masa kritis, momentum sekali lagi berubah haluan. Krejcikova kembali menguasai laga sebelum menutup set pertama dengan skor 7-5 lewat break keempatnya.

Pemandangan berbeda tersaji pada awal set kedua. Sakkari langsung tampil menggebrak dengan memenangi empat gim beruntun.

Ketinggalan 0-4 tak membuat Krejcikova menyerah begitu saja. Petenis peringkat ke-33 dunia itu sukses merebut tiga gim setelahnya dan membuat gap yang ada langsung terkikis.

Meski berjarak satu gim, Sakkari yang sudah dua kali melakukan break lebih diuntungkan dibanding Krejcikova yang baru sekali mematahkan servis lawan pada set kedua.

 

Pasalnya, Sakkari "tinggal" memanfaatkan jatah servis yang dimiliki dalam dua gim untuk mengunci set tersebut. Skenario itu pun terjadi.

Sakkari lebih dulu melakukan hold pada gim kedelapan untuk unggul 5-3. Lalu, Krejcikova memaksimalkan servis pada gim berikutnya yang membuat jarak menipis lagi.

Pada gim ke-10, Sakkari yang mendapat jatah memukul bola pertama akhirnya sukses menutup set kedua dengan skor 6-4 sekaligus memaksakan terjadinya gim ketiga.

Memasuki set penentuan, kedua petenis membuka set ketiga dengan memaksimalkan kesempatan servis masing-masing yang dimulai dari Barbora Krejcikova.

Maria Sakkari sukses menciptakan momentum lewat break pada gim ketiga yang dilanjutkan hold pada gim berikutnya. Petenis 25 tahun itu pun unggul 3-1.

Krejcikova pun terus berupaya mengejar. Masalahnya ia tampak masih kesulitan mematahkan servis lawan, tak seperti yang terjadi pada set pertama.

Momen yang dinanti Krejcikova akhirnya datang pada masa kritis. Ia melakukan break pada gim ke-10 untuk membawa kedudukan menjadi imbang 5-5.

Setelah itu, kedua petenis terus bersaing ketat dengan memaksimalkan kesempatan servis masing-masing untuk merebut gim.

Momen menarik sempat terjadi pada gim ke-16, Krejcikova yang sudah meraih match point pada kedudukan 40-30 sejatinya bisa mengakhiri laga lebih cepat.

Akan tetapi, pukulan Sakkari yang dalam tayangan ulang terlihat jatuh di area permainan justru dinyatakan masuk oleh umpire. Laga pun terus berlanjut.

Kejadian itu tampaknya sempat membuat Krejcikova kehilangan konsentrasi. Sakkari pun berhasil membalik keadaan dan meraih advantage.

Namun, pertandingan akhirnya benar-benar tuntas pada gim ke-16 setelah Barbora Krejcikova memenangi tiga poin beruntun untuk menutup set ketiga dengan skor 9-7.

"Ketika masih muda, saya selalu ingin berlaga dalam duel yang sangat menantang dengan dua pemain yang sama-sama punya peluang menang dan bermain sangat baik," ujarnya.

"Meskipun saya kalah hari ini, saya akan sangat bangga dengan diri sendiri karena telah berjuang. Itu adalah hal yang terpenting, baik di dalam lapangan dan kehidupan kita."

Berkat kemenangan ini, Barbora Krejcikova pun berhak melaju ke final tunggal putri French Open 2021 yang menjadi partai puncak turnamen tenis grand slam perdananya.

Pada laga final yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (12/6/2021), Barbora Krejcikova bakal berhadapan dengan Anastasia Pavlyuchenkova (Rusia).

Sama seperti Maria Sakkari, Anastasia Pavlyuchenkova juga baru pertama kali menjejakkan kaki ke partai final grand slam.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Tenis Lainnya:

Hasil Semifinal French Open 2021: Menang, Anastasia Pavlyuchenkova Cicip Final Grand Slam Perdana

Jadwal Semifinal French Open 2021, Sajikan Laga Klasik

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Tenis

Rabu, 9 Juni 2021

Lolos ke Semifinal French Open 2021, Stefanos Tsitsipas Incar Hasil Lebih Tinggi

Stefanos Tsitsipas akan bertemu Alexander Zverev di semifinal French Open 2021, Kamis (9/6/2021).

Tenis

Kamis, 10 Juni 2021

Semifinal French Open 2021: Hadapi Novak Djokovic, Rafael Nadal Enggan Jemawa

Rafael Nadal enggan memandang remeh lawannya di semifinal French Open 2021, Novak Djokovic.

Terbaru

Tenis

Senin, 21 Juni 2021

Cedera Betis, Milos Raonic Mundur dari Wimbledon 2021

Milos Raonic membuat keputusan besar untuk mundur dari Wimbledon 2021 karena cedera.

Tenis

Senin, 21 Juni 2021

Mengenal Ons Jabeur, Petenis Arab Pertama yang Memenangi Gelar WTA

Petenis asal Tunisia, Ons Jabeur mencetak sejarah usai berhasil keluar sebagai juara Birmingham Classis, Inggris, Minggu (20/6/2021).

Tenis

Senin, 21 Juni 2021

5 Favorit Juara Tunggal Putri di Wimbledon Open 2021

Simona Halep hingga Barbora Krejcikova masuk dalam daftar favorit juara di Wimbledon Open 2021.

Tenis

Sabtu, 19 Juni 2021

IOC Izinkan Naomi Osaka dan Atlet Lain Absen dari Konferensi Pers Selama Olimpiade Tokyo 2020

IOC tidak akan mendenda siapa pun atlet yang absen dari konferensi pers selama Olimpiade Tokyo 2020.

Tenis

Sabtu, 19 Juni 2021

Usai Juara French Open 2021, Novak Djokovic Jual Kondominium Mewah di Miami Beach

Novak Djokovic menjual kondominiumnya di area Eighty Seven hanya beberapa hari setelah kemenangan kedua di French Open 2021, Minggu (13/6/2021).

Tenis

Jumat, 18 Juni 2021

Dominic Thiem Putuskan Mundur dari Olimpiade Tokyo 2020

Petenis Austria, Dominic Thiem, menyatakan mundur dari Olimpiade Tokyo 2020.

Tenis

Jumat, 18 Juni 2021

Resmi Mundur dari Wimbledon 2021, Naomi Osaka Comeback di Olimpiade Tokyo

Naomi Osaka ingin tampil di depan penggemar Jepang saat Olimpiade Tokyo.

Tenis

Kamis, 17 Juni 2021

Perusahaan Apparel Jepang Luncurkan Seragam Tanding Wimbledon untuk Roger Federer dan Kei Nishikori

Roger federer dan Kei Nishikori akan mengenakan pakaian baru dari UNIQLO pada Wimbledon 2021 dan beberapa turnamen ke depan

Tenis

Kamis, 17 Juni 2021

Alasan Rafael Nadal Absen dari Wimbledon 2021 dan Olimpiade 2020

Rafael Nadal akhirnya memutuskan untuk absen dari turnamen tenis grand slam Wimbledon 2021 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Tenis

Kamis, 17 Juni 2021

Keikutsertaan Naomi Osaka di Wimbledon 2021 Masih Tanda Tanya

Panitia Wimbledon 2021 mengatakan bahwa Naomi Osaka masih terdaftar sebagai peserta turnamen.
X