Prediksi Pertandingan Liga 1 2020: Persiraja vs Bhayangkara FC

29 Februari 2020, 07:52 WIB
Ilustrasi pertandingan antara Persiraja kontra Bhayangkara FC dalam laga pekan pertama Liga 1 2020 di Stadion Harapan Bangsa, Minggu, 1 Maret 2020. /Grafis/Yusuf/Skor.id
Penulis: Abdul Susila
Editor: Abdul Susila

  • Laga Persiraja Banda Aceh versus Bhayangkara FC ibarat duel Daud lawan Goliat. 
  • Persiraja hanya melakoni satu laga uji coba menjelang laga perdana Liga 1 2020. 
  • Bhayangkara FC bertabur bintang namun masih bermasalah dengan kolektivitas.

SKOR.id – Duel Daud versus Goliat. Begitu kiranya gambaran laga Persiraja Banda Aceh menjamu Bhayangkara FC, Sabtu (1/3/2020) malam.

Pertandingan pekan pertama Liga 1 2020 ini akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, mulai pukul 20.30 WIB.

Dalam legenda Daud versus Goliat, pada akhirnya Daud menang. Daud, tim yang dianggap lebih lemah, memenangkan pertempuran.

Daud yang adalah artileri, prajurit dengan proyektil atau pelontar, dengan mudah taklukkan Goliat yang adalah infanteri, prajurit berjalan dengan zirah.  

Apakah Persiraja akan demikian? Bukan hal yang mustahil. Semua itu akan ditentukan akurasi tembakan jarak jauh atau permainan pendek dalam dua kali 45 menit.

Baca Juga: Persiraja Menang di Laga Uji Coba, Hendri Susilo Belum Puas

Meski belanja Laskar Rencong, julukan Persiraja, biasa saja dan persiapan ala kadarnya, semangat juang Fery Komul dan kawan-kawan berlipat ganda.

Dengan dominasi pemain lokal asal Aceh, harkat sepak bola Aceh akan coba dipertahankan. Semangat “lantak laju” jadi pemicunya.

Musim lalu, dalam Liga 2 2019, Persiraja Banda Aceh juga tak terkalahkan dalam laga kandang. Namun, laga tersebut berlangsung di Stadion Dimurthala.

Torehan manis tersebut ingin diulangi Hendri Susilo, pelatih Persiraja. Ia sadar itu bukan perkara mudah, tetapi optimismenya cukup tinggi.

Baca Juga: Profil Klub Liga 1 2020: Persiraja Banda Aceh, Kuda Hitam Enggan Degradasi

Modalnya, kemenangan 1-0 atas PSMS Medan dalam laga uji coba, 20 Februari 2020 lalu. Satu-satunya gol tersebut dilesakkan Miftahul Hamdi.

Bukan kemenengan tersebut yang jadi modal, tetapi evaluasi dari pertandingan tersebut yang jadi modal untuk laga menghadapi Bhayangkara FC.

“Banyak sekali yg harus kami perbaiki (dari laga uji coba). Dari kualitas dan materi pemain sampai persiapan yang kurang maksimal,” kata Hendri kepada Skor.id.

“Tapi, dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Kami sudah siapakan tim untuk lawan Bhayangkara FC,” Hendri menambahkan.

Baca Juga: Kolaborasi Menpora dan Kapolri Jadi Tanda Sukses Bhayangkara FC

Mantan asisten pelatih Persija itu pun merendah. Menurutnya, bisa meraih satu poin dari The Guardian, julukan Bhayangkara FC, sudah sebuah pencapaian.

“Kami tidak berharap banyak. Bisa mengimbangi saja sudah bagus. Sambil berproses tim untuk laga-laga selanjutnya. Butuh kesabaran dan kerja keras,” ujarnya.

Adapun tim tamu sangat bertabur bintang. Bhayangkara FC dikabarkan habiskan dana lebih dari Rp20 miliar untuk belanja pemain menjelang Liga 1 2020.

Nama-nama seperti Renan da Silva, pemain terbaik Liga 1 2019, Andik Vermansah dan Saddil Ramdani, juga Ezechiels N’Douassel, cukup jadi gambaran.

Baca Juga: Herman Dzumafo, Usia 40 Tahun, dan Pemain Muda Bhayangkara FC

Namun, kekalahan Bhayangkara FC dari Persik Kediri, dalam laga ketiga babak grup Piala Gubernur Jatim 2020, isyaratkan tim asuhan Paul Munster belum matang.

Kematangan permainan inilah yang jadi persoalan Bhayangkara FC. Bila persoalan kolektivitas tak bisa diatasi, hasil minor bisa didapat.

Namun, Paul Munster percaya diri Alsan Sanda dan kawan-kawan akan meraih poin penuh dalam laga perdana. Modalnya, evalusi permainan di Piala Gubernur Jatim 2020.

Perkiraan Susunan Pemain

Persiraja (4-5-1)

Starter: Fakhrurrazzi Quba (PG); Eriyanto, Adam Mitter, Tri Rahmad, Kassim Slamat; Defri Rizky, Bruno Dybal, Fery Komul, Miftahul Hamdi; Vanderlei Francisco, Assanur Rijal.

Pelatih: Hendri Susilo

Bhayangkara FC (4-3-3)

Starter: Wahyu Tri (PG); Putu Gede, Lee Won-jae, Achmad Jufriyanto, Ruben Sanadi; Adam Alis, Teuku Ichsan, Renan da Silva; Andik Vermansah, Ezechiel N’Douassel, Saddil Ramdani.

Pelatih: Paul Munster

Lima Laga Terakhir Persiraja

20/2/2020 Persiraja 1-0 PSMS

13/11/2019  Persewar 2-2 Persiraja

16/11/2019  Persiraja 0-0 Sriwijaya FC

22/11/2019  Persik 0-0 Persiraja

25/11/2019  Sriwijaya FC 0-1 Persiraja

Lima Laga Terakhir Bhayangkara FC

14/2/2020 Bhayangkara FC 0-3 Persik Kediri

12/2/2020 Persebaya 0-1 Bhayangkara FC

10/2/2020 Madura United 1-1 Bhayangkara FC

5/2/2020 Bhayangkara FC 1-0 PSM

26/1/2020 Petaling Jaya City 1-2 Bhayankara FC

Prediksi Skor.id

Persiraja 53-47 Bhayangkara FC 

 

Tag

Berita Terkait

Latest