Tuah Mikel Arteta, Cetak Rekor Unik bersama Arsenal di Piala FA

2 Agustus 2020, 03:35 WIB
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengangkat trofi Piala FA usai membawa timnya menang di final atas Chelsea, Sabtu 1 Agustus 2020. /(Twitter/Squawka News)
Penulis: Teguh Kurniawan
Editor: Teguh Kurniawan

  • Arsenal sukses menjuarai Piala FA 2019-2020 usai menaklukkan Chelsea 2-1 di partai final.
  • Mikel Arteta mencetak sejarah sebagai sosok pertama yang sukses memenangi trofi tersebut sebagai pemain, kapten, dan pelatih The Gunners.
  • Sekarang, pria asal Spanyol itu butuh dukungan penuh dari klub untuk melanjutkan sukses.

SKOR.idMikel Arteta sukses membawa Arsenal juara Piala FA pada Sabtu (1/8/2020). Bersamaan dengan itu, pria asal Spanyol tersebut juga mencatat rekor unik bersama The Gunners.

Arsenal asuhan Mikel Arteta berhasil mengalahkan rival sekota, Chelsea, 2-1 dalam laga final di Stadion Wembley.

Hasil tersebut merupakan kesuksesan ke-14 tim berjuluk Meriam London sepanjang partisipasi mereka di kompetisi tertua Inggris tersebut.

Tiga di antaranya, melibatkan sentuhan Arteta. Ya, dia adalah sosok pertama yang mampu menjuarai Piala FA sebagai pemain, kapten, dan pelatih Arsenal.

 

Mikel Arteta meraih dua gelar Piala FA perdananya sebagai pemain The Gunners pada 2013-2014 dan 2014-2015. Yang kedua lebih istimewa karena juga berperan sebagai kapten tim.

Kini, pria asal Spanyol itu kembali mencicipi sukses di kompetisi tersebut sebagai juru taktik.

Dia sempat menimba ilmu sebagai asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City pasca gantung sepatu pada 2016.

Kemudian, tiga tahun berselang, tepatnya Desember 2019, Mikel Arteta tak ragu mengambil tanggung jawab sebagai pelatih Arsenal menggantikan Unai Emery.

Meski tak terlalu mulus di Liga Inggris--hanya finis di peringkat kedelapan--petualangan awalnya di Stadion Emirates terbilang sukses dengan raihan trofi.

Para pemain dan staf Arsenal merayakan keberhasilan menjuarai Piala FA usai mengalahkan Chelsea di Stadion Wembley, Sabtu 1 Agustus 2020. (Twitter/Arsenal FC)

Mikel Arteta juga menjadi pelatih pertama Arsenal yang mampu mempersembahkan gelar pada musim debutnya, sejak George Graham pada 1986-1987.

Bahkan sosok legendaris macam Arsene Wenger butuh satu tahun adaptasi sebelum memberikan trofi kepada The Gunners.

Ini artinya, kepercayaan petinggi Arsenal kepada Mikel Arteta sama sekali tidak salah. Yang dibutuhkan sang pelatih kini adalah dukungan penuh untuk menyempurnakan visi di London Utara.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Arsenal Lainnya:

Hasil Final Piala FA: Taklukkan Chelsea, Arsenal Juara!

Arteta: Final Piala FA Bukan Pertandingan Terakhir Aubameyang di Arsenal

Tag

Berita Terkait

Latest