Prediksi Liga Spanyol: Barcelona vs Atletico Madrid

30 Juni 2020, 10:30 WIB
Cover Barcelona vs Atletico /Grafis Yusuf/Skor.id
Penulis: Dini Wulandari
Editor: Dini Wulandari

  • Barcelona menjamu Atletico pada Rabu (1/7/2020) pukul 03.00 WIB dalam laga yang berpotensi menjadi penentu gelar Liga Spanyol.
  • Ambisi Blaugrana mempertahankan gelar liga mendapat pukulan telak setelah ditahan 2-2 Celta Vigo.
  • Tim tamu dalam kondisi terbaik dan siap menghentikan rapor tak pernah menang di Camp Nou dalam tiga kunjungan terakhir.

SKOR.id - Duel big match Barcelona versus Atletico Madrid di pekan ke-33 disebut-sebut bisa menjadi penentu gelar juara Liga Spanyol 2019-2020.

Barcelona akan menjamu Los Rojiblancos di Stadion Camp Nou, Selasa (30/6/2020) atau Rabu pukul 03.00 WIB dalam upaya menekan Real Madrid di puncak klasemen.

Blaugrana baru saja mendapat pukulan telak dalam ambisi mereka mempertahankan gelar juara liga setelah ditahan 2-2 Celta Vigo, akhir pekan lalu.

Akibat hasil minim tersebut, Lionel Messi dan kawan-kawan kini tertinggal dua poin dari seteru abadi mereka, Real Madrid.

Saat prestasi Barca sedang melorot, mereka harus kedatangan Atletico yang performanya justru tengah menanjak.

Diego Simeone dan anak buahnya kembali memperlihatkan mereka tim yang sulit dikalahkan musim ini dan bisa menjadi ancaman terbesar Barca di trek juara.

Pertahanan kokoh masih menjadi senjata klub berbasis di Wanda Metropolitano itu. Gawang Jan Oblak baru kebobolan 23 gol, sekaligus menjadikan Atletico tim dengan rapor pertahanan terbaik kedua di La Liga.

Catatan tersebut hanya dikalahkan tetangga mereka, Real Madrid yang hanya kemasukan 21 gol dari 32 pertandingan.

 

Sejak restart La Liga, Los Rojiblancos berhasil merangsek naik ke peringkat ketiga usai meraup 13 poin dari lima pertandingan terakhir.

Setelah ditahan Athletic Bilbao (1-1), Atletico merangkai empat kemenangan yang merupakan perdana musim ini.

Mereka juga tak terkalahkan dalam 12 rentetan pertandingan terakhir di semua ajang (8 menang dan 4 seri). Los Blancos menjadi tim terakhir yang berhasil mengalahkan Atletico pada 1 Februari 2020.

Sementara Barcelona dua kali gagal memetik poin maksimal dari lima laga terakhir. Selain ditahan Celta, mereka juga hanya bermain 0-0 melawan Sevilla (pekan ke-30).

Tekanan pun mengarah ke Quique Setien. Bahkan isu pemecatan makin santer terdengar. Mantan pelatih Real Betis ini pun dituntut menang dalam enam sisa laga Barca sambil berharap Zinedine Zidane dan pasukannya terpeleset.

Situasi internal tim belakangan ini juga sedang tidak kondusif. Ruang ganti memanas lantaran pertengkaran Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Teranyar sang megabintang Argentina itu kedapatan mengacuhkan asisten pelatih, Eder Sarabia.

Rumor kurang sedap itu pun langsung dibantah Setien dan menegaskan dirinya hanya akan fokus pada duel melawan Atletico.

"Pertandingan melawan Atletico akan sulit. Mereka tim hebat yang punya identitas dan gaya permainan yang kuat. Mereka akan mempersulit kami, itu pasti," tutur pelatih 61 tahun tersebut seperti dilansir dari Marca.

Atletico memang akan menyulitkan Barcelona seperti ketika pertemuan terakhir mereka di semifinal Super Copa del Rey, 10 Januari lalu.

Permainan defensif dengan serangan balik berhasil membuat Joao Felix dan koleganya menang, 3-2, dan menyingkirkan Barcelona yang berujung pemecatan Ernesto Valverde.

Bintang Muda Atletico Madrid, Joao Felix, yang didatangkan dari Benfica. (Twitter Atletico Madrid)

Strategi serupa kemungkinan akan kembali diterapkan Simeone di Camp Nou demi menghentikan rapor buruk di sana. Dalam tiga kunjungan terakhir ke kandang tim Katalunya itu, mereka selalu kalah.

Simeone ingin Diego Costa cs bisa menghentikan rapor buruk tersebut. Jika berhasil, Atletico juga bisa mencatatkan namanya sebagai tim pertama yang mengalahkan Barca di Camp Nou musim ini.

Bersama Madrid, Barcelona memang tak terkalahkan di kandangnya sepanjang 2019-2020. Blaugrana bahkan mampu meraup 15 kemenangan dari 16 laga di Camp Nou, dan sekali seri.

"Kami sudah sering bertemu Barcelona dan kami tidak akan berubah sebagai tim kuat, defensif, dan memainkan banyak gelandang," kata Simeone jelang laga.

Satu-satunya masalah Simeone adalah bakal absennya Koke Resurreccion yang terkena larangan tampil akibat akumulasi kartu kuning.

Posisi gelandang tengah itu kemungkinan akan ditempati Marcos Llorente, pahlawan kemenangan Atletico di Anfield, saat menyingkirkan Liverpool dari Liga Champions 2019-2020.

Di kubu Barcelona, Setien masih belum bisa memainkan Frenkie De Jong karena cedera. Sergio Busquets yang absen kontra Celta bisa kembali diturunkan sebagai jangkar di lini tengah.

Arthur Melo yang baru melakukan perjalanan ke Turin untuk menyelesaikan transfernya ke Juventus, kemungkinan akan berada di bangku cadangan.

Sementara Antoine Griezmann bisa kembali menjadi starter melawan bekas klubnya meski penampilan striker Prancis itu belakangan tidak mengesankan.

Mengingat vitalnya duel ini, Barcelona bakal mati-matian menaklukan Atletico Madrid yang dalam lima laga terakhirnya baru kebobolan dua gol, serupa Blaugrana. Hasil imbang diprediksi jadi akhir laga nanti.

Perkiraan susunan pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann
Pelatih: Quique Setien

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Felipe, Jose Maria Gimenez, Renan Lodi; Angel Correa, Thomas Partey, Saul Niguez, Marcos Llorente; Joao Felix, Diego Costa
Pelatih: Diego Simeone

Head to Head

  • 10/01/2020 - Barcelona 2-3 Atletico Madrid (Super Copa del Rey)
  • 02/12/2019 - Atletico Madrid 0- 1 Barcelona (Liga Spanyol)
  • 07/04/2019 - Barcelona 2-0 Atletico Madrid (Liga Spanyol)
  • 25/11/2018 - Atletico Madrid 1-1 Barcelona (Liga Spanyol)
  • 04/03/2018 - Barcelona 1-0 Atletico Madrid (Liga Spanyol)

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona

  • 27/6/2020 - Celta Vigo 2-2 Barcelona (Liga Spanyol)
  • 23/6/2020 - Barcelona 1-0 Bilbao (Liga Spanyol)
  • 19/6/2020 - Sevilla 0-0 Barcelona (Liga Spanyol)
  • 16/6/2020 - Barcelona 2-0 Leganes (Liga Spanyol)
  • 13/6/2020 - Mallorca 0-4 Barcelona (Liga Spanyol)

Lima Pertandingan Terakhir Atletico

  • 28/06/2020 - Atletico Madrid 2-1 Deportivo Alaves (Liga Spanyol)
  • 24/06/2020 - Levante 0-1 Atletico Madrid (Liga Spanyol)
  • 21/06/2020 - Atletico Madrid 1-0 Real Valladolid (Liga Spanyol)
  • 18/06/2020 - Osasuna 0-5 Atletico Madrid (Liga Spanyol)
  • 14/06/2020 - Athletic Bilbao 1-1 Atletico Madrid (Liga Spanyol)

Prediksi Skor.id
Barcelona 50-50 Atletico Madrid

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

 Berita Barcelona vs Atletico Madrid lainnya:

Barcelona vs Atletico Madrid: Los Rojiblancos Minta Skors Koke Dibatalkan

5 Laga Tak Terlupakan Barcelona vs Atletico Madrid

Tag

Berita Terkait

Latest