Pele: Ronaldo Lebih Baik dari Messi

26 Maret 2020, 07:45 WIB
Cristiano Ronaldo, penyerang Juventus asal Portugal bersama sang kekasih, Georgina Rodriguez, ketika menghadiri MTV Europe Music Awards di Sevilla, Spanyol, 3 November 2019. /Cristina Quicler/AFP
Penulis: Hedi Novianto
Editor: Hedi Novianto

  • Legenda Brasil, Pele, menyebut Cristiano Ronaldo lebih baik dari Lionel Messi.
  • Namun, Pele tetap menganggap dirinya pemain terbaik sepanjang masa dan Ronaldo ada di bawahnya.
  • Ronaldo lebih konsisten dari Messi.

SKOR.id - Legenda sepak bola Brasil, Pele, menyebut Cristiano Ronaldo lebih dari Lionel Messi.

Ronaldo dan Messi terus dijadikan bahan perdebatan. Namun menurut Pele, Ronaldo yang kini memperkuat Juventus masih lebih konsisten dibanding "rivalnya" dari Barcelona itu.

Baca Juga: Pemain Berpendapatan Tertinggi di Eropa: Messi Mendominasi, Ronaldo Naik Gaji

Dua pemain yang dijadikan perdebatan itu memang penguasa panggung sepak bola dalam satu dekade terakhir. Ronaldo dan Messi berbagi status "pemain terbaik" dalam 11 edisi Ballon d'Or (Bola Emas).

Ronaldo, pemain gaek asal Portugal, mengoleksi lima trofi Ballon d'Or. Sementara Messi, orang Argentina, merebut satu trofi lebih banyak --termasuk edisi 2019.

"Pemain terbaik di dunia saat ini Cristiano Ronaldo. Menurut saya, dia lebih konsisten," kata Pele kepada kanal Youtube asal Brasil, Pilhado.

"Namun, jangan melupakan Messi, tentu saja. Tapi dia bukan striker," Pele menambahkan.

Meski begitu, Pele tetap menganggap dirinya masih lebih baik dibanding Ronaldo dan Messi ketika ditanyakan siapa pemain masa lalu yang setara dua bintang itu.

"Pertanyaan yang sulit dijawab. Kita tak boleh melupakan Zico, Ronaldinho, dan Ronaldo (Da Lima). Di Eropa ada pula Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff.

"Namun, bukan salah saya, Pele lebih baik dari mereka semua," katanya.

Pele menjadi sosok legendaris setelah turut menjuarai Piala Dunia tiga kali bersama timnas Brasil. Masing-masing pada 1958 ketika masih berusia 18 tahun, 1962, dan 1970.

Sekarang, lelaki 79 tahun ini sedang mengalami penurunan kesehatan. Dia belum lama ini menjalani operasi pinggul sehingga mengalami kesulitan berjalan.

Sang putra, Edinho, mengatakan kepada TV Globo bulan lalu bahwa Pele "malu" harus meninggalkan rumah dengan masalah pinggul sehingga sedikit depresi.

Baca Juga: Pele, Sang Raja yang Kini Sulit Berjalan

Meski begitu, Pele yang disebut sebagai salah satu dewa sepak bola mengaku baik-baik saja walau memang sedikit depresi.

"Soal depresi, saya tak tahu apakah ada yang salah karena paha saya memar dan dioperasi. Lantas ketiga saya mulai latihan untuk iklan, saya harus berhenti," katanya kepada CNN.

Tag

Berita Terkait

Latest