5 Manfaat Berendam di Air Panas, Salah Satunya Bisa ''Gantikan'' Olahraga!

13 Mei 2021, 07:30 WIB
Penulis: Any Hidayati
Editor: Aditya Fahmi Nurwahid
Ilustrasi berendam di air panas.
Ilustrasi berendam di air panas. /Photo by Peter Schulz on Unsplash

  • Berendam di air panas ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh.
  • Selain membakar lemak lebih banyak, berendam air panas juga bisa mengurangi insomnia.
  • Juga mengurangi risiko berbagai penyakit kronis seperti pernapasan, jantung, stroke, dan gula darah.

SKOR.id - Ketika penat setelah seharian bekerja, berendam di air hangat atau panas adalah salah satu solusi untuk relaksasi.

Namun, di balik kenyamanan berendam air panas ini ternyata ada manfaat tersembunyi yang bahkan bisa menggantikan olahraga.

Rutin berendam di air panas ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh dan sangat dianjurkan oleh para ahli yang telah menelitinya.

Berikut ini lima manfaat berendam air panas merujuk pada artikel yang dirilis oleh Eat This, Not That:

1. Bakar Lemak Lebih Banyak

Ilustrasi olahraga berjalan kaki dan bersepeda.
Ilustrasi olahraga berjalan kaki dan bersepeda. Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Berendam di air panas ternyata mampu membakar kalori lebih banyak ketimbang dengan air biasa.

Berendam satu jam di dalam kulah air yang diisi dengan air bersuhu 100 derajat Fahrenheit atau 37 derajat Celsius mampu membakar 130 kalori, yaitu jumlah yang sama dengan jalan kali setengah jam.

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti mengapa berendam air panas mampu membantu membakar lemak lebih banyak.

2. Tidur 10 Menit Lebih Awal

Tidur yang cukup juga efektif untuk menjaga kesehatan kita.
Tidur yang cukup juga efektif untuk menjaga kesehatan kita. (pixabay.com)

Berendam air hangat juga membantu mengurangi insomnia jika melakukannya 90 menit sebelum waktu jam normal untuk tidur.

Rutin berendam di dalam bak berisi air dengan suhu 40-42 derajat Celcius akan meningkatkan kualitas tidur, mempercepat rasa kantuk, dan tertidur pulas. 

Menurut para ilmuwan berendam air hangat sebelum tidur akan melancarkan peredaran darah serta menjadi stimulan untuk menurunkan suhu tubuh.

3. Pernapasan Membaik

Ilustrasi Yoga, olahraga yang dapat dilakukan di rumah dengan alat sederhana seperti matras.
Ilustrasi Yoga, olahraga yang dapat dilakukan di rumah dengan alat sederhana seperti matras. (Grafis: Hendy Andika/Skor.id)

Pernapasan juga diklaim menjadi lebih baik jika berendam di air panas karena tekanan di dada akan meningkatkan kapasitas oksigen di dalam paru-paru.

Terapi berendam air panas ini cukup manjur untuk proses penyembuhan pasca menderita sakit seperti flu, Covid-19, maupun hidung mampet.

4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

British Medical Journal menulis bahwa rutin berendam di air panas akan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung, hipertensi maupun stroke.

Studi lain menyebutkan bahwa rutin berendam di jadwal tertentu akan mempermudah dalam mendeteksi risiko diabetes.

5. Menurunkan Gula Darah dan Risiko Radang

Olahraga adalah salah satu cara terampuh untuk rilis stres dan mengurangi risiko radang serta gula darah tetapi banyak orang yang ternyata tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Nah, berendam di air panas bisa menjadi solusi selain olahraga untuk membantu tubuh jauh dari peradangan.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Kebugaran Lainnya:

Tips Olahraga Mager tanpa Beranjak dari Kursi Kerja

5 Manfaat Minum Air Lemon, Punya Efek Samping ke Ginjal hingga Kulit

Tag

Video

Komentar

Berita Terkait

Bugar

Selasa, 11 Mei 2021

Banjir Tawaran Makanan, Ini 5 Tips Ahli Gizi di Tengah Perayaan Lebaran

Skor Indonesia merangkum lima tips dari ahli gizi, dikutip dari situs NDTV, agar perayaan idul fitri tetap menjadi momen sehat di tengah keluarga.

Bugar

Selasa, 11 Mei 2021

3 Pilihan Olahraga Bagi Anda yang Memilih Staycation saat Lebaran

Larangan mudik membuat banyak masyarakat memilih untuk staycation sekaligus menghabiskan waktu libur hari raya Idulfitri.

Terbaru

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

Olahraga saat Positif Covid-19? Ini yang Disarankan Dokter

Olahraga tertentu yang bisa dilakukan mereka yang positif Covid-19.

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

7 Kegiatan Ringan untuk Melatih Fisik yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selama masa pandemi Covid-19, aktivitas di luar ruangan menjadi sangat terbatas untuk dilakukan.

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

Cara Mengurangi Efek Radiasi HP karena Terlalu Lama Bermain Game Bagian 1

Ada sejumlah tips untuk mengurangi risiko bahaya radiasi dari penggunaan handphone atau HP.

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

7 Efek Samping yang Wajib Diketahui Sebelum Putuskan Operasi Plastik

Setidaknya ada tujuh efek samping yang mungkin terjadi jika menjalani operasi plastik.

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

Tetap Sehat saat Isoman, 4 Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah saat isolasi mandiri (Isoman).

Bugar

Selasa, 22 Juni 2021

6 Manfaat Buah Plum untuk Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Osteoporosis

Buah plum memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh dan mengandung banyak vitamin didalamnya.

Bugar

Senin, 21 Juni 2021

Ini Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

Mengigit kuku merupakan kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan luka dan penyakit.

Bugar

Senin, 21 Juni 2021

5 Asupan agar Otot Tetap Kuat walau Vegetarian

Berikut adalah cara untuk tetap memiliki otot yang baik meski tengah diet sebagai vegetarian.

Bugar

Senin, 21 Juni 2021

Tips Menghindari Gaya Hidup Mager

Berikut adalah cara agar kita keluar dari situasi gaya hidup tanpa olahraga.

Bugar

Senin, 21 Juni 2021

Jurus Jitu Jaga Usia Tetap Awet Muda: Salah Satunya Bermain Game

Berikut ini adalah tips menjaga tubuh untuk mencegah penuaan lebih awal.
X